Bahasa Pemrograman C++ menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan hingga saat ini. Sejak di rilis pertama kali tahun 1985 oleh Bjarne Stroustrup, C++ berkembang menjadi multi purpose programming language yang bisa dipakai untuk membuat berbagai aplikasi, terutama aplikasi desktop.

Bahasa C++ sendiri adalah pengembangan dari bahasa C yang sudah lebih dulu populer. Salah satu perbedaan mendasar antara bahasa C dan C++ ada di dukungan ke pemrograman berbasis object (object oriented programming). Bahasa C++ sudah mendukung pemrograman berbasis object yang diperlukan untuk membuat aplikasi kompleks.

Bahasa C++ juga menginspirasi banyak bahasa pemrograman lain, terutama C#, Java, PHP dan JavaScript. Jika anda sudah mempelajari bahasa C++, akan sangat mudah beralih ke bahasa pemrograman tersebut.

Bersama Pascal dan C, C++ menjadi salah satu bahasa favorit untuk belajar dasar pemrograman dan algoritma. Hampir bisa dipastikan bahasa C++ selalu dipelajari pada kampus-kampus IT, terutama di semester awal.

Di luar fungsinya untuk belajar pemrograman dasar, penerapan bahasa C++ yang paling menonjol ada di game programming, yakni bahasa pemrograman yang dipakai untuk membuat game.

Game engine seperti Unreal Engine, Unity, CryEngine, atau Construct. menggunakan bahasa C++ sebagai bahasa pengantar. Maka jika anda berniat menjadi seorang game programmer, C++ menjadi awal yang paling pas.

Selain itu C++ juga cocok dipakai untuk membuat aplikasi yang perlu banyak mengakses hardware seperti di perangkat IoT (Internet of Things), embedded system, hingga membuat aplikasi desktop berbasis grafis, terutama saat digabung dengan Microsoft Visual Studio.

Dengan berbagai alasan di atas, Duniailkom ingin menyajikan seri tutorial belajar bahasa pemrograman C++. Semoga sedikit banyak bisa bermanfaat bagi teman-teman semua.

Dalam halaman ini kami akan mengindex seluruh tutorial dan artikel C++ di Duniailkom:


Pengertian Bahasa C++

Pada tutorial awal belajar C++ kita akan berkenalan dengan bahasa pemrograman yang satu ini, mulai dari pengertian bahasa C++, melihat sejarah singkat C++, serta mempelajari apa perbedaan bahasa C dengan C++.

Semua penjelasan ini sangat menarik untuk dibahas karena bisa menjawab pertanyaan “untuk apa saya belajar bahasa C++?”


Instalasi Bahasa C++

Dalam sesi ini akan dibahas tentang cara menginstall compiler bahasa C++. Kita akan download aplikasi IDE Code::Block dan mempelajari cara penggunaannya:


Struktur Dasar Bahasa C++

Bagian ini akan membahas struktur dasar bahasa C++, termasuk pengertian variabel, konstanta, hingga cara penggunaan perintah cout dan cin. Aturan penulisan sebuah bahasa pemrograman dikenal juga dengan istilah syntax.


Tipe Data Bahasa C++

Dalam bagian ini akan dibahas tentang apa saja jenis-jenis tipe data di dalam bahasa C++, termasuk pembagian tipe data yang disertai contoh cara penggunaannya.

Secara sederhana, tipe data adalah cara kita memberitahu komputer untuk mengelompokkan data berdasarkan apa yang dipahami oleh komputer.

Tipe data yang akan kita bahas adalah tipe data char, integer, float/double, boolean, string, array, struct, enum, dan pointer.


Jenis-Jenis Operator Bahasa C++

Dalam bagian ini akan dibahas tentang jenis-jenis operator dalam bahasa C++. Kita akan membahas aritmatika, operator increment & decrement, operator perbandingan, operator logika, operator bitwise, dan operator penugasan / assignment.


Struktur Kondisi dan Perulangan

Pada bagian ini akan dibahas perintah bahasa pemrograman C++ untuk membuat percabangan kode program atau dikenal juga dengan struktur kondisi / struktur logika. Di dalam bahasa C++ terdapat kondisi IF, IF ELSE, IF ELSE IF, dan struktur SWITCH / CASE.

Setelah itu kita akan masuk ke perulangan. Perulangan (atau dalam bahasa inggris dikenal dengan istilah loop) merupakan konsep pemrograman yang berguna untuk mengulang baris perintah. Disini akan dibahas cara membuat perulangan dalam bahasa C++ menggunakan perintah FOR, WHILE dan DO WHILE.


Cara Membuat Fungsi / Function

Dalam merancang kode program, kadang kita sering membuat kode yang melakukan tugas sama secara berulang-ulang, seperti membaca tabel dari database, menampilkan penjumlahan, dll.

Tugas yang sama ini akan lebih efektif jika dipisahkan dari program utama dan dirancang menjadi sebuah fungsi atau function.

Secara sederhana, fungsi atau function adalah kode program yang dirancang untuk menyelesaikan sebuah tugas tertentu, dan merupakan bagian dari program utama. Ketika di sadur ke dalam bahasa indonesia, function ini di sebut juga sebagai fungsi.

Pada bagian ini kita akan membahas cara membuat function di C++, termasuk juga mempelajari perbedaan parameter dengan argumen, mengembalikan nilai function, mengenal default parameter hingga function overloading di C++.


Object Oriented Programming (OOP) C++

Salah satu perbedaan mendasar antara bahasa C dan C++ ada di dukungan ke pemrograman berorientasi objek (object oriented programming). Bahasa C++ sudah mendukung pemrograman berorientasi objek yang diperlukan untuk membuat aplikasi kompleks.

Secara sederhana, pemrograman berorientasi objek adalah konsep pembuatan program dengan memecah permasalahan menjadi objek-objek yang saling terpisah.

Setiap objek seolah-olah punya dunianya sendiri, dimana sebuah objek bisa memiliki data member dan member function (istilah lain dari variabel dan function yang berada di dalam objek). Berbagai objek inilah yang saling bekerjasama untuk menjadi satu program akhir.

Dalam seri tutorial ini kita akan mencoba masuk ke dunia pemrograman objek di C++ dan membahas berbagai hal tentang OOP PHP, mulai dari pengertian object, class, data member (property), member function (method), constructor, hingga jenis-jenis penurunan class (inheritance).

Pemahaman tentang OOP akan sangat membantu dalam memperdalam skill C++.


Contoh Soal dan Latihan Algoritma C++

Sepanjang tutorial di atas, kita telah membahas banyak hal tentang bahasa pemrograman C++. Mulai dari cara instalasi, aturan penulisan dasar, variabel, konstanta, tipe data, operator, kondisi logika if else, perulangan, function, hingga konsep pemrograman object C++.

Ini semua barulah skill awal. Paham semua perintah C++ tidak otomatis membuat kita jadi programmer yang ahli. Bahkan belum banyak berguna jika tidak bisa menyelesaikan masalah.

Bahasa pemrograman C++ sering dipakai sebagai bahasa dasar dalam materi dasar programming dan algoritma di kampus IT. Karena itu pula Duniailkom ingin menyajikan berbagai contoh soal dan latihan algoritma dasar.

Berikut kumpulan contoh soal dan latihan algoritma menggunakan bahasa pemrograman C++ (akan dilengkapi bertahap):