Tutorial Belajar OOP C++ Part 7: Pengertian Constructor dan Destructor Object

Melanjutkan tutorial belajar Object Oriented Programming (OOP) C++, kali ini kita akan bahas Pengertian Constructor dan Destructor dalam bahasa pemrograman C++.


Pengertian Constructor OOP C++

Constructor adalah member function khusus yang dijalankan secara otomatis pada saat sebuah object dibuat, yakni saat proses instansiasi.

Constructor biasa dipakai untuk membuat proses awal dalam persiapan object, seperti memberi nilai kepada data member, memanggil member function internal serta beberapa proses lain yang dirasa perlu.

Dalam bahasa C++, constructor dibuat dengan cara menulis sebuah member function yang namanya sama dengan nama class. Sebagai contoh jika kita memiliki class Laptop, maka function constructor juga harus bernama Laptop().

Sebuah constructor tidak mengembalikan nilai sehingga tidak perlu menulis tipe data sebelum nama function. Constuctor juga harus di set sebagai public, jika tidak kita tidak bisa men-instansiasi class tersebut.

Ciri lain dari constructor adalah, hanya boleh ada satu constuctor di setiap class.


Contoh Kode Program Pembuatan Constructor OOP C++

Berikut contoh kode program cara membuat Constructor dalam bahasa C++:

#include <iostream>

using namespace std;

class Laptop {

  public:
    Laptop() {
      cout << "Satu object Laptop sudah di buat" << endl;
    }

};

int main()
{
  Laptop laptopAndi;
  Laptop laptopLisa;
  Laptop laptopRudi;

  return 0;
}

Dalam kode program di atas saya kembali membuat class Laptop. Class Laptop memiliki 1 constructor Laptop() seperti di baris 8 – 10 yang hanya berisi satu perintah cout.

Kemudian di dalam kode program main() saya membuat 3 buah object class Laptop, yakni object laptopAndi, laptopLisa dan laptopRudi.

Pada saat ketiga object di instansiasi oleh compiler C++, secara otomatis constructor akan dijalankan. Hasilnya akan tampil 3 baris teks berikut di jendela cmd:

Satu object Laptop sudah di buat
Satu object Laptop sudah di buat
Satu object Laptop sudah di buat

Semua teks ini berasal dari perintah cout di dalam member function Laptop().


Constructor Sebagai Tempat Inisialisasi Data member

Salah satu fungsi utama dari constructor adalah untuk inisialisasi data member, yakni proses pemberian nilai awal kepada data member yang ada di dalam object:

#include <iostream>

using namespace std;

class Laptop {

  private:
    string pemilik;
    string merk;

  public:
    Laptop(string var1, string var2) {
      pemilik = var1;
      merk = var2;

      cout << "Object Laptop "<< merk << " punya " << pemilik
           << " sudah dibuat" << endl;
    }

};

int main()
{
  Laptop laptopAndi("Andi","Asus");
  Laptop laptopLisa("Lisa","Acer");
  Laptop laptopRudi("Rudi","Lenovo");

  return 0;
}

Hasil kode program:

Object Laptop Asus punya Andi sudah dibuat
Object Laptop Acer punya Lisa sudah dibuat
Object Laptop Lenovo punya Rudi sudah dibuat

Sekarang class Laptop saya tambah dengan 2 buah data member: pemilik dan merk. Seperti yang pernah kita bahas dalam tutorial tentang setter dan getter, idealnya data member ini di set sebagai private.

Proses pemberian nilai awal ke dalam kedua data member dilakukan dari constructor. Constructor Laptop() sekarang menerima 2 buah parameter: var1 dan var2. Nilai inilah yang kemudian di isi ke dalam data member pemilik dan merk.

Untuk membuktikaan proses inisialisasi variabel sudah berhasil, saya langsung menampilkannya dengan perintah cout dari dalam constructor.

Sewaktu pembuatan object di baris 24 – 26, kita juga harus menulis 2 buah argument pada saat proses instansiasi object, sesuai dengan jumlah parameter yang dibutuhkan constructor.


Pengertian Destructor OOP C++

Destructor adalah member function khusus yang dijalankan secara otomatis pada saat sebuah objek dihapus.

Di dalam C++, seluruh objek sebenarnya sudah otomatis dihapus ketika kode selesai diproses. Dengan demikian dalam penggunaan umum, destructor ini relatif jarang dipakai.

Salah satu kasus dimana perlu destructor adalah jika kode program kita mengakses memory komputer secara langsung (menggunakan pointer), maka destructor bisa dipakai untuk "melepaskan" ruang memory tersebut agar tidak terjadi memory leak.

Memory leak adalah istilah programming dimana sebuah aplikasi menggunakan memory RAM terlalu besar dan terus membesar sepanjang program berjalan. Memory leak merupakan bug yang harus dihindari, tapi selama kita tidak menggunakan pointer, seharusnya tidak ada masalah.

Dalam C++, destructor dibuat menggunakan nama member function yang sama dengan nama class, tapi diawali dengan karakter tilde " ~ ". Karakter tilde ini biasa berada di sebelah kiri angka 1 keybord dan ditekan dengan tombol SHIFT.

Sebagai contoh jika kita memiliki class Laptop, maka function desctructor akan bernama ~Laptop().

Mirip seperti constructor, destructor juga tidak butuh tipe data kembalian. Dan dalam sebuah class hanya bisa terdapat satu member function destructor. Berbeda dengan constructor, destructor tidak bisa menerima parameter / argumen.


Contoh Kode Program Pembuatan Destructor OOP C++

Berikut contoh kode program cara membuat Destructor dalam bahasa C++:

#include <iostream>

using namespace std;

class Laptop {

  public:
    ~Laptop() {
      cout << "Satu object Laptop sudah di hapus" << endl;
    }
};

int main()
{
  Laptop laptopAndi;
  Laptop laptopLisa;
  Laptop laptopRudi;

  return 0;
}

Hasil kode program:

Satu object Laptop sudah di hapus
Satu object Laptop sudah di hapus
Satu object Laptop sudah di hapus

Pendefinisian member function destructor ada di baris 8 – 10, yakni dari function ~Laptop(). Isi desctuctor hanya berupa perintah cout "Satu object Laptop sudah di hapus".

Di dalam function main() saya kembali membuat 3 buah object dari class Laptop. Tepat ketika kode program selesai di proses, destructor dari ketiga object akan dipanggil dan tampil 3 kali teks "Satu object Laptop sudah di hapus".


Contoh Kode Program Constructor dan Destructor C++

Sebagai contoh penutup, berikut kode program lengkap dengan menggabungkan constructor dan destructor C++:

#include <iostream>

using namespace std;

class Laptop {

  private:
    string pemilik;
    string merk;

  public:
    Laptop(string var1, string var2) {
      pemilik = var1;
      merk = var2;

      cout << "Object Laptop " << pemilik << " sudah dibuat" << endl;
    }

    ~Laptop() {
      cout << "Object Laptop " << pemilik << " sudah dihapus" << endl;
    }

    string hidupkanLaptop() {
      return "Hidupkan Laptop " + merk + " Milik " + pemilik;
    }

};

int main()
{
  Laptop laptopAndi("Andi","Asus");
  Laptop laptopLisa("Lisa","Acer");
  Laptop laptopRudi("Rudi","Lenovo");

  cout << "     ====================     "<< endl;
  cout << laptopAndi.hidupkanLaptop() << endl;
  cout << laptopLisa.hidupkanLaptop() << endl;
  cout << laptopRudi.hidupkanLaptop() << endl;
  cout << "     ====================     "<< endl;

  return 0;
}

Hasil kode program:

Contoh Kode Program Cara Membuat Constructor dan Destructor OOP C++

Silahkan pelajari sejenak kode program di atas dan sesuaikan dengan materi yang sudah kita pelajari. Dalam kode ini saya membuat constuctor, destructor dan juga member function biasa bernama hidupkanLaptop().

Alur yang akan di proses adalah dari constructor Laptop() terlebih dahulu, lalu member function hidupkanLaptop(), dan terakhir baru destructor ~Laptop().


Dalam tutorial belajar OOP C++ kali ini kita telah membahas pengertian constructor dan juga destructor. Kedua konsep ini sangat penting dipahami, terutama constructor yang akan sering di pakai. Sedangkan penggunaan destructor sendiri relatif jarang.

Berikutnya dalam lanjutan OOP C++ akan dibahas tentang Pengertian Inheritance (Pewarisan Class).

7 Comments

  1. Aqil Aziz
    06 Nov 20
    • Andre
      06 Nov 20
      • Aqil Aziz
        06 Nov 20
  2. chanks
    18 Dec 20
  3. ashitaka
    27 Dec 20
  4. otong
    17 Feb 22
  5. Anonymous
    20 Jun 23

Add Comment