Selain Pascal, C dan C++, Bahasa pemrograman Python saat ini juga sering disarankan sebagai bahasa pemrograman dasar untuk pemula. Alasannya karena perintah bahasa python sederhana, rapi dan singkat.

Selain itu Python juga sebuah bahasa yang sangat powerful dengan banyak penerapan di bidang scientist. Jika anda ingin membuat aplikasi “kekinian” seperti big data, data mining, deep learning, data science hingga machine learning, bahasa Python bisa dipakai untuk keperluan tersebut.

Python juga mendukung multi-paradigma. Yakni bisa ditulis dengan kode program prosedural seperti di Pascal atau C dan juga mendukung pemrograman object (OOP) seperti Java. Singkat kata Python adalah bahasa yang “komplit” untuk era modern.

Atas dasar ini pula Duniailkom ingin menyajikan Tutorial Belajar Bahasa Pemrograman Python Bagi Pemula. Dalam halaman ini, kami meng-index seluruh tutorial dan artikel Python di duniailkom:


Pengertian dan Cara Instalasi Python

Untuk tutorial awal belajar python, kita akan berkenalan dengan bahasa pemrograman python, mulai dari pengertian bahasa python, keunggulan bahasa python dan cara instalasi Python:


Aturan Dasar Kode Program Python

Dalam sesi ini akan dibahas tentang aturan dasar penulisan kode program Python.


Tipe Data Bahasa Pemrograman Python

Dalam bagian ini akan dibahas tentang apa saja jenis-jenis tipe data di dalam bahasa Python, termasuk pembagian tipe data yang disertai contoh cara penggunaannya.


Operator Bahasa Pemrograman Python

Dalam bagian ini akan dibahas tentang apa saja jenis-jenis operator dalam bahasa Python. Kita akan membahas operator aritmatika, operator perbandingan, operator logika, operator bitwise, operator assignment (penugasan), operator Identitas, dan operator keanggotaan (membership).


Struktur Kondisi dan Perulangan

Pada bagian ini akan dibahas perintah-perintah kode pemrograman Python untuk membuat percabangan kode program atau dikenal juga dengan struktur kondisi / struktur logika. Di dalam bahasa Python terdapat kondisi If, If Else, dan If Else If (elif)

Setelah itu kita akan masuk ke perulangan. Perulangan (atau dalam bahasa inggris dikenal dengan istilah loop) merupakan konsep pemrograman yang berguna untuk mengulang baris perintah. Disini akan dibahas cara membuat perulangan dalam bahasa Python menggunakan perintah While dan For.