Selain Pascal, C dan C++, Bahasa pemrograman Python saat ini juga sering disarankan sebagai bahasa pemrograman dasar untuk pemula. Alasannya karena perintah bahasa python sederhana, rapi dan singkat.

Python juga sebuah bahasa yang sangat powerfull dengan banyak penerapan di bidang scientist. Jika anda ingin membuat aplikasi “kekinian” seperti big data, data mining, deep learning, data science hingga machine learning, bahasa Python bisa dipakai untuk keperluan tersebut.

Python juga mendukung multi-paradigma. Yakni bisa ditulis dengan kode program prosedural seperti di Pascal atau C dan juga mendukung pemrograman object (OOP) seperti Java. Singkat kata Python adalah bahasa yang “komplit” untuk era modern.

Jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain, perintah di bahasa Python cenderung mudah dipelajari, mudah di baca, dan memiliki perintah yang lebih singkat. Python juga bisa dipakai pada berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux dan Mac OS.

Dukungan library yang sangat banyak menjadi pertimbangan tersendiri untuk belajar Python, terutama untuk pembuatan kode program terkait data sains.

Atas dasar ini pula Duniailkom ingin menyajikan Tutorial Belajar Bahasa Pemrograman Python Bagi Pemula. Dalam halaman ini, kami meng-index seluruh tutorial dan artikel Python di duniailkom:


Pengertian dan Cara Instalasi Python

Pada tutorial awal belajar python ini kita akan berkenalan dengan bahasa pemrograman python, mulai dari pengertian bahasa python, keunggulan bahasa python dan cara instalasi Python itu sendiri.

Aplikasi Python sudah membawa teks editor sendiri bernama IDLE, sehingga kita tidak perlu menginstall teks editor / IDE terpisah.


Aturan Dasar Kode Program Python

Dalam sesi ini akan dibahas tentang aturan dasar penulisan kode program Python, diantaranya tentang statement terminator, case sensitivity, indentations perintah, membuat baris komentar serta cara pembuatan variabel dalam bahasa Python.


Tipe Data Bahasa Pemrograman Python

Dalam bagian ini akan dibahas tentang apa saja jenis-jenis tipe data di dalam bahasa Python, termasuk pembagian tipe data yang disertai contoh cara penggunaa.

Secara sederhana, tipe data adalah cara kita memberitahu komputer untuk mengelompokkan data berdasarkan apa yang dipahami oleh komputer. Tipe data yang akan di bahas diantaranya: tipe data string, number, boolean, list, tuple, set dan dictionary.


Operator Bahasa Pemrograman Python

Dalam bagian ini akan dibahas tentang apa saja jenis-jenis operator dalam bahasa Python. Kita akan membahas operator aritmatika, operator perbandingan, operator logika, operator bitwise, operator assignment (penugasan), operator identitas, dan operator keanggotaan (membership).


Struktur Kondisi dan Perulangan

Pada bagian ini akan dibahas perintah-perintah kode pemrograman Python untuk membuat percabangan kode program atau dikenal juga dengan struktur kondisi / struktur logika. Di dalam bahasa Python terdapat kondisi If, If Else, dan If Else If (elif)

Setelah itu kita akan masuk ke perulangan. Perulangan (atau dalam bahasa inggris dikenal dengan istilah loop) merupakan konsep pemrograman yang berguna untuk mengulang baris perintah. Disini akan dibahas cara membuat perulangan dalam bahasa Python menggunakan perintah while dan for.


Cara Membuat Fungsi / Function

Dalam merancang kode program, kadang kita sering membuat kode yang melakukan tugas sama secara berulang-ulang, seperti membaca tabel dari database, menampilkan penjumlahan, dll.

Tugas yang sama ini akan lebih efektif jika dipisahkan dari program utama dan dirancang menjadi sebuah fungsi atau function.

Secara sederhana, fungsi atau function adalah kode program yang dirancang untuk menyelesaikan sebuah tugas tertentu, dan merupakan bagian dari program utama. Ketika di sadur ke dalam bahasa indonesia, function ini di sebut juga sebagai fungsi.

Pada bagian ini kita akan membahas cara membuat function dalam bahasa Python, termasuk juga mempelajari perbedaan parameter dengan argumen, mengembalikan nilai function, mengenal default parameter hingga perintah *args dan **kwargs.