Laravel 10 In Depth #1 – Panduan Belajar Laravel 10 Lanjutan

Laravel 9 In Depth #1 - Panduan Belajar Laravel Lanjutan

Maret 2023: Update ke Laravel 10 in Depth #1, dengan perubahan:

  • Harus menggunakan minimal PHP 8.1.
  • Menulis ulang bab accessor dan mutator.
  • Penambahan type hint dan return type di semua kode bawaan.
  • Bundling assets default berganti dari Laravel Mix ke Laravel Vite.
  • Ketebalan buku menjadi 659 halaman A4.
  • Perbaikan typo dan salah ketik.

Tersedia juga untuk versi Laravel 7, 8 dan 9 (mohon diinfokan saat pembelian).

Sejak dirilis hingga sekarang (Oktober 2023) eBook Laravel in Depth #1 telah dibaca oleh 832 rekan-rekan Duniailkom. Terimakasih banyak atas dukungannya…

eBook Laravel in Depth #1 bisa didapat dengan harga Rp 70.000 melalui transfer Bank Mandiri, BCA, BRI, BNI, GoPay, OVO, Dana, LinkAja, dan PayPal.

Untuk pemesanan bisa ikuti panduannya di: Cara Pembelian eBook & Buku Duniailkom atau boleh email saya langsung ke [email protected] / WA ke 083180285808 (andre).


Ini adalah buku pertama dari seri Laravel In Depth Duniailkom. Kata in depth bermakna "secara mendalam", yang berarti buku ini akan mengupas secara mendalam materi lanjutan Framework Laravel.

Luasnya materi Laravel nyaris mustahil bisa dibahas dalam 1 buku saja. Buku Laravel Uncover yang sudah ada di Duniailkom saat ini saya tujukan untuk perkenalan dasar framework Laravel. Sedangkan materi lanjutan yang lebih advanced akan menjadi jatah seri Laravel In Depth. Di sebut sebagai "seri" karena rencananya akan ada beberapa buku Laravel In Depth dengan penekanan materi berbeda.

Buku Laravel 10 In Depth #1 kali ini lebih banyak membahas materi yang berhubungan dengan database. Fokus utama ada pada eloquent relationship, yakni materi Laravel yang berhubungan dengan pengaksesan banyak tabel (lebih dari satu).

Eloquent relationship akan kita bahas dengan cukup detail dan mencakup 8 bab, yakni one to one, one to many, many to many, has one trough, has many trough, one to one polymorphic, one to many polymorphic, serta many to many polymorphic.

Selain itu juga ada materi Laravel lain yang masih berhubungan dengan pengolahan data. Diantaranya: tinker, accessor, mutator, carbon, scope, faker, seeder, factory, pagination, hingga library tambahan sweetalert.

Di akhir buku terdapat studi kasus yang cukup besar, yakni sebuah aplikasi CRUD yang melibatkan gabungan 4 tabel.

Harapan saya, buku Laravel In Depth #1 ini bisa menjadi salah satu buku terbaik berbahasa Indonesia untuk mempelajari framework Laravel.

Setiap bahasan dilengkapi dengan contoh kode program. Jika mengalami kendala, anda bisa buka file kode program yang disertakan (berisi seluruh kode program yang ada di buku ini).

Buku Laravel 10 In Depth #1 terdiri dari 659 halaman yang mencakup 26 bab, dengan rincian sebagai berikut:

  1. Pembuka Laravel In Depth
  2. Tinker
  3. Accessor dan Mutator
  4. Carbon
  5. Scope
  6. Faker
  7. Seeder
  8. Factory
  9. Case Study: Generating Data
  10. Pagination
  11. Eloquent Lanjutan
  12. Eloquent Relationship: One to One
  13. Eloquent Relationship: One to Many
  14. Eloquent Relationship: Many to Many
  15. Eloquent Relationship: Has One Through
  16. Eloquent Relationship: Has Many Through
  17. Eloquent Relationship: One to One Polymorphic
  18. Eloquent Relationship: One to Many Polymorphic
  19. Eloquent Relationship: Many to Many Polymorphic
  20. Sistem Informasi Universitas ILKOOM: Seed
  21. Sistem Informasi Universitas ILKOOM: Read
  22. SweetAlert
  23. Sistem Informasi Universitas ILKOOM: Create
  24. Sistem Informasi Universitas ILKOOM: Update
  25. Sistem Informasi Universitas ILKOOM: Delete
  26. Sistem Informasi Universitas ILKOOM: Final

Daftar isi bisa di download dari link berikut:

Contoh (sample) eBook bisa di download dari link berikut:

Tampilan eBook Laravel 10 In Depth #1Sama seperti eBook Duniailkom yang lain, fitur yang bisa didapat adalah:

  • Pembahasan materi yang mendalam. Buku Laravel 10 In Depth #1 fokus membahas konsep eloquent relationship Laravel dengan detail. Total terdiri dari 659 halaman A4 yang meliputi 26 Bab. Jika disetarakan dengan ukuran buku komputer biasa yang berukuran A5, jumlah halamannya menjadi 1318 halaman!
  • Bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami. Buku ini ditulis dengan gaya penulisan yang sederhana seperti tutorial di duniailkom, dimana pembahasan materi selalu disertai dengan contoh dan tampilan hasil kode program.
  • Kode program dapat di download. Seluruh contoh kode program yang ada di buku bisa di download, sehingga sangat mudah untuk langsung melihat hasilnya.
  • Layout halaman yang professional. Tampilan buku disusun secara rapi sesuai standar buku / eBook luar negeri.
  • Tersedia dalam format PDF dan ePub. File pdf boleh di print selama untuk dibaca sendiri.
  • Support konsultasi melalui email [email protected] atau WA ke 083180285808. Jika ada materi atau bahasan yang kurang jelas, bisa tanya-tanya via email / WA (mohon maaf, berhubung kesibukan tidak melayani pertanyaan di luar materi buku seperti tugas kuliah / skripsi).

Mohon kerjasama rekan-rekan untuk tidak meng-upload, memperbanyak atau menjual ulang eBook ini. Lisensi eBook hanya untuk 1 orang saja (tidak diperkenankan beli 1 untuk dibaca rame2).

Jika memiliki blog, situs pribadi, atau channel youtube, mohon juga untuk tidak memposting materi apapun yang ada dibuku. Semua materi di eBook/buku Duniailkom sudah terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual RI dan dilindungi oleh Undang-undang Hak Cipta.

Apabila terpaksa, pelanggaran terkait hal ini akan di tuntut dengan peraturan yang berlaku.


FAQ – Frequently Asked Question


Apakah buku ini bisa untuk pemula di Laravel?

Tidak, buku ini berisi materi lanjutan Laravel, sehingga saya berasumsi rekan-rekan sudah paham konsep dasar Laravel seperti cara instalasi, route, view, blade, controller, eloquent, hingga RESTfull CRUD. Atau lebih tepatnya ini adalah buku lanjutan dari Laravel Uncover.

Namun tidak menutup kemungkinan buku ini juga bisa dipelajari tanpa harus dari Laravel Uncover, selama sudah cukup familiar dengan penggunaan dasar Laravel.

Materi utama buku ini sangat berkaitan dengan database, sehingga pemahaman query MySQL sangat dibutuhkan, terutama konsep dasar seperti primary key, foreign key, referential integrity hingga efek perintah ON DELETE CASCADE.

Jika diperlukan, di Duniailkom juga tersedia buku MySQL Uncover yang membahas mendalam tentang penggunaan aplikasi MySQL.


Apa versi Laravel yang digunakan?

Sesuai dengan judul buku, pembahasan dalam buku Laravel In Depth #1 sudah menggunakan Laravel 10. Namun tersedia juga untuk versi Laravel 7, 8 dan 9.


Ada Studi Kasusnya?

Ada, sepanjang buku ada beberapa mini project sebagai latihan dan implementasi dari materi yang sudah dipelajari. Khusus di bab terakhir, terdapat sebuah studi kasus Sistem Informasi Universitas ILKOOM, yang berisi pembuatan CRUD yang melibatkan 4 tabel yang saling terhubung. Ini adalah penerapan dari eloquent relationship yang dibahas sepanjang buku nanti.

Berikut tampilan screen shot dari studi kasus tersebut (klik untuk memperbesar):

Studi Kasus Laravel - eBook Laravel In Depth (1)

Studi Kasus Laravel - eBook Laravel In Depth (2)

Studi Kasus Laravel - eBook Laravel In Depth (3)

Studi Kasus Laravel - eBook Laravel In Depth (4)

Studi Kasus Laravel - eBook Laravel In Depth (5)

 


Apa saja aplikasi yang diperlukan?

Aplikasi yang diperlukan berupa teks editor, web browser, XAMPP, dan Composer. Beberapa materi juga mengharuskan komputer / laptop untuk terkoneksi langsung ke internet.

Untuk text editor tidak ada syarat khusus, anda bebas ingin menggunakan text editor apapun seperti Notepad++ atau Sublime Text. Namun dalam buku ini saya akan menggunakan Visual Studio Code atau VS Code. Aplikasi text editor ini gratis dan bisa di download dari web resminya di code.visualstudio.com.

Untuk web browser juga tidak ada syarat khusus, yang direkomendasikan adalah Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Microsoft Edge versi terbaru.

Untuk XAMPP, dalam buku ini saya memakai XAMPP 8.2 yang berisi PHP 8.2. Laravel 10 mewajibkan minimal PHP 8.1, sehingga anda juga harus memakai XAMPP 8.1 ke atas.

Koneksi internet juga diperlukan karena banyak fitur Laravel yang harus diinstall online via composer.


Apakah nanti dapat update juga?

Framework Laravel memiliki jadwal update yang sangat singkat, dimana setiap 1 tahun sekali akan rilis versi baru. Butuh usaha ekstra untuk terus mengupdate materi yang selalu berubah seperti ini. Sehingga dengan berat hati saya putuskan update eBook terpaksa sedikit berbayar (sekedar upah lelah memeriksa 600 halaman buku dan ribuan baris kode yang ada).

Khusus yang sudah beli eBook Laravel in Depth #1 versi sebelumnya, tidak perlu bayar penuh:

  • Update dari Laravel 9 in Depth #1 ke Laravel 10 in Depth #1: Rp. 25.000 (diskon 65%)
  • Update dari Laravel 7, Laravel 8 in Depth #1 ke Laravel 10 in Depth #1 : Rp. 35.000 (diskon 50%)

Diskon berlaku hanya untuk versi eBook, tidak termasuk buku cetak. Semoga bisa dimaklumi…


Saya ada tugas / skripsi / project nih, kalau beli bukunya bisa dibantu g?

Mohon maaf sekali, berhubung kesibukan mengelola duniailkom dan kegiatan lain, saya belum bisa membantu jika ada pertanyaan diluar materi buku.

Saya sangat ingin menolong, namun pertanyaan seputar tugas / aplikasi bisa sangat kompleks. Tidak akan cukup 1 atau 2 jawaban saja karena harus dianalisis dulu seperti apa aplikasi yang sedang dirancang (bisa makan waktu berhari-hari).

Oleh karena itu pertanyaan melalui email atau WA, saya batasi hanya seputar materi yang dibahas di buku ini saja. Jika kode tersebut di dapat dari orang lain / situs lain, silahkan bertanya pada programmer yang merancangnya. Memahami coding orang lain jauh lebih sulit daripada kita yang buat sendiri.


Ada versi cetaknya ga?

Ada. Versi buku cetak Laravel 10 In Depth #1 bisa didapat dengan harga Rp. 230.000. Harganya memang cukup mahal mengingat ketebalan buku ini (659 halaman A4). Buku di cetak dengan kualitas tinggi dan menggunakan hardcover agar lebih awet.

Harga tersebut belum termasuk ongkos kirim dari Bandung 2kg (berat buku ini 1,8 kg sehingga terhitung 2kg). Pengiriman bisa via JNE, POS atau Wahana. Saya tidak menyediakan stock, setiap pemesanan akan dicetak dulu sekitar 5 – 7 hari kerja (maksimal 10 hari kalau order lagi banyak).

Jika ingin buku cetak + eBook, bisa ditambah dengan 1/2 harga eBook (Rp. 35.000). Sehingga untuk buku cetak + eBook Laravel Uncover totalnya = 230rb + 35rb = Rp. 265.000 (belum termasuk ongkos kirim).

Jika berminat silahkan menghubungi [email protected] / WA ke 083180285808, atau langsung ke Official Store Duniailkom di Tokopedia: tokopedia.com/duniailkom. Isi buku di cetak hitam putih (bukan full color).

Cover Laravel 10 In Depth #1 - Full


## TESTIMONI ##

Sedikit testimoni dari pembaca eBook / Buku Duniailkom

Testimoni eBook DuniailkomTestimoni eBook DuniailkomTestimoni eBook DuniailkomReview eBook DuniailkomReview eBook DuniailkomReview eBook DuniailkomTestimoni eBook DuniailkomReview eBook DuniailkomTestimoni eBook DuniailkomTestimoni eBook DuniailkomTestimoni eBook DuniailkomReview eBook Duniailkom


Cara belinya bagaimana?

eBook Laravel in Depth #1 bisa didapat dengan harga Rp 70.000 melalui transfer Bank Mandiri, BCA, BRI, BNI, GoPay, OVO, Dana, LinkAja, dan PayPal.

Untuk pemesanan bisa ikuti panduannya di: Cara Pembelian eBook & Buku Duniailkom atau boleh email saya langsung ke [email protected] / WA ke 083180285808 (andre).

Semoga Laravel 10 In Depth ini bisa menjadi buku pengantar terbaik untuk memandu anda untuk menjadi seorang back-end developer :)

78 Comments

    • Andre
      27 Sep 20
      • Vote For Vue
        28 Sep 20
      • Rusman
        28 Sep 20
      • Rahasia Juga
        30 Sep 20
        • Andre
          30 Sep 20
      • Dhani Trianggara
        17 Dec 21
        • Andre
          20 Dec 21
    • Azhar
      13 Nov 20
      • Andre
        13 Nov 20
        • FirMan
          24 Jan 21
  1. Devis
    28 Sep 20
    • Andre
      28 Sep 20
      • Devis
        28 Sep 20
        • Andre
          28 Sep 20
  2. localhost
    28 Sep 20
    • Andre
      28 Sep 20
  3. localhost
    28 Sep 20
  4. Rikky Yoelanda Putra
    01 Oct 20
    • Andre
      01 Oct 20
      • candra dwi kusuma
        31 Mar 21
  5. bang boy
    07 Oct 20
    • Andre
      31 Oct 20
  6. Falif
    08 Oct 20
    • Andre
      31 Oct 20
  7. Xhiki
    14 Oct 20
    • Andre
      31 Oct 20
  8. Hafidh pradipta
    30 Oct 20
    • Andre
      30 Oct 20
      • Hafidh
        30 Oct 20
        • Andre
          31 Oct 20
  9. Adit Tyo
    07 Nov 20
    • Andre
      09 Nov 20
  10. M Saeful Anwar
    17 Dec 20
    • Andre
      18 Dec 20
  11. RF
    29 Dec 20
    • Andre
      30 Dec 20
  12. Khibar Pranoto
    12 Jan 21
    • Andre
      13 Jan 21
  13. Aldy R
    18 Jan 21
    • Andre
      19 Jan 21
      • Safrul
        19 Jan 21
      • Anon
        22 Feb 21
        • Andre
          22 Feb 21
  14. Fikri Fauzi
    21 May 21
  15. Programmer Laravel
    16 Sep 21
    • Andre
      16 Sep 21
  16. Beni Dinarto
    30 Oct 21
    • Beni Dinarto
      30 Oct 21
    • Andre
      30 Oct 21
        • Andre
          15 Nov 21
  17. Dafa khoiri
    18 Dec 21
    • Andre
      20 Dec 21
  18. Rudy Darwis
    22 Dec 21
    • Andre
      23 Dec 21
      • Anonim
        22 Mar 22
        • Andre
          25 Mar 22
  19. Anonim
    01 Aug 22
  20. akmelia
    04 Jun 23
    • Andre
      05 Jun 23
      • Akmelia
        14 Jun 23
        • Andre
          22 Jun 23
  21. Anon
    02 Aug 23
    • Andre
      03 Aug 23
      • Anon
        16 Aug 23
        • Andre
          30 Aug 23
  22. Anon
    15 Sep 23
    • Andre
      16 Sep 23
  23. Indonesia Emas
    13 Dec 23
    • Andre
      21 Dec 23
  24. Ekidna
    19 Dec 23
    • Andre
      21 Dec 23
      • Ekidna
        14 May 24
    • shou
      29 May 24

Add Comment