Jika dalam tutorial yang ada di duniailkom ini kita membuat program secara offline (melalui localhost dengan aplikasi XAMPP), dalam seri tutorial kali ini saya akan bahas langkah-langkah yang diperlukan untuk membuat sebuah website online (bisa diakses di internet).

Kita akan mempelajari teori seputar web hosting dan web domain, kemudian praktek cara membeli hosting dan domain, setting server, mengenal CPanel, upload dengan FTP, menginstall CMS seperti wordpress, dll.

Semoga dari tutorial ini rekan-rekan duniailkom bisa mempraktekkan bagaimana cara membuat sebuah website ‘eksis’ di Internet. Dalam halaman ini, saya meng-index seluruh tutorial dan artikel cara membuat web online di duniailkom:


Mengenal Web Hosting dan Web Domain

Dalam sesi pertama dari tutorial membuat website atau situs online, kita akan membahas beberapa teori terkait web hosting dan web domain.

Cara Penggunaan cPanel

Setelah web hosting dan nama domain tersedia, selanjutnya adalah memindahkan file-file website serta mengatur konfigurasi website melalui cPanel. Dalam sesi ini kita akan banyak membahas cara penggunaan cPanel.