Bahasa pemrograman Java bisa jadi merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan saat ini. Cakupan bahasa Java sangat luas, mulai dari bidang web (terutama di server), aplikasi desktop, dan yang sedang booming saat ini adalah aplikasi mobile (android).

Java adalah bahasa “native” atau bahasa asli untuk membuat aplikasi android. Dan saat ini jumlah perangkat mobile sudah jauh melampaui perangkat komputer / laptop.

Selain itu, bahasa Java juga menjadi bahasa pemrograman wajib untuk setiap kampus atau institusi pendidikan komputer, terutama ketika membahas materi pemrograman berbasis object (PBO) atau yang dalam bahasa inggris disebut object oriented programming (OOP).

Karena bahasa pemrograman ini terbilang sangat populer dan penggunaannya terus meningkat, Duniailkom akan menyajikan seri tutorial belajar bahasa pemrograman Java. Semoga sedikit banyak bisa bermanfaat bagi teman-teman semua.

Dalam halaman ini kami meng-index seluruh tutorial dan artikel Java di duniailkom:


Pengertian Bahasa Java

Untuk tutorial awal belajar Java, kita akan berkenalan dengan bahasa pemrograman Java, mulai dari pengertian bahasa Java, Pengertian JVM, JRE dan SKD. Semua istilah ini cukup penting untuk dipahami karena menjadi pondasi dasar dari bahasa Java


Menjalankan Kode Program Java

Dalam sesi ini akan dibahas tentang persiapan untuk menjalankan kode program bahasa Java. Mulai dari menginstall Java JDK, pengaturan path, proses compile bahasa Java hingga instalasi teks editor Notepad++.


Tipe Data Bahasa Pemrograman Java

Dalam bagian ini akan dibahas tentang apa saja jenis-jenis tipe data di dalam bahasa Java, termasuk pembagian tipe data yang disertai contoh cara penggunaannya.


Operator Bahasa Pemrograman Java

Dalam bagian ini akan dibahas tentang apa saja jenis-jenis operator dalam bahasa Java. Kita akan membahas operator aritmatika, operator increment & decrement, operator perbandingan, operator logika, operator bitwise, operator assignment, operator type comparison  dan operator ternary.


Struktur Kondisi dan Perulangan

Pada bagian ini akan dibahas perintah bahasa pemrograman Java untuk membuat percabangan kode program atau dikenal juga dengan struktur kondisi / struktur logika. Di dalam bahasa Java terdapat kondisi IF, IF ELSE, IF ELSE IF, Nested IF ELSE (if bersarang), dan struktur SWITCH / CASE.

Setelah itu kita akan masuk ke perulangan. Perulangan (atau dalam bahasa inggris dikenal dengan istilah loop) merupakan konsep pemrograman yang berguna untuk mengulang baris perintah. Disini akan dibahas cara membuat perulangan dalam bahasa Java menggunakan perintah FOR, WHILE dan DO WHILE.


Function / Static Method

Secara sederhana, function adalah kode program yang dirancang untuk menyelesaikan sebuah tugas tertentu, dan merupakan bagian dari program utama. Ketika di sadur ke dalam bahasa indonesia, function ini di sebut juga sebagai fungsi.

Bahasa Java sebenarnya tidak dikenal istilah function, akan tetapi diganti dengan sebutan method. Ini karena secara internal Java sudah menerapkan paradigma object oriented programming (OOP) atau pemrograman berbasis object.

Untuk memudahkan pembahasan, saya akan tetap memakai istilah function untuk sementara. Pada dasarnya cara kerja function nyaris tidak berbeda dengan method. Materi tentang method akan kita bahas ketika masuk ke tutorial tentang pemrograman object Java.

Dalam beberapa tutorial ini kita akan bahas dengan lebih dalam apa itu function dan bagaimana cara penggunaannya. Termasuk juga pengertian parameter, argument, pengembalian nilai (return) hingga variable scope.