Bahasa pemrograman Java bisa jadi merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan saat ini. Cakupan bahasa Java sangat luas, mulai dari bidang web (terutama di server), aplikasi desktop, dan yang sedang booming saat ini adalah aplikasi mobile (android).

Java adalah bahasa “native” atau bahasa asli untuk membuat aplikasi android. Dan saat ini jumlah perangkat mobile sudah jauh melampaui perangkat komputer / laptop.

Selain itu, bahasa Java juga menjadi bahasa pemrograman wajib untuk setiap kampus atau institusi pendidikan komputer, terutama ketika membahas materi pemrograman berbasis object (PBO) atau yang dalam bahasa inggris disebut object oriented programming (OOP).

Karena bahasa pemrograman ini terbilang sangat populer dan penggunaannya terus meningkat, Duniailkom akan menyajikan seri tutorial belajar bahasa pemrograman Java. Semoga sedikit banyak bisa bermanfaat bagi teman-teman semua.

Dalam halaman ini kami meng-index seluruh tutorial dan artikel Java di duniailkom:


Pengertian Bahasa Java

Untuk tutorial awal belajar Java, kita akan berkenalan dengan bahasa pemrograman Java, mulai dari pengertian bahasa Java, Pengertian JVM, JRE dan SKD. Semua istilah ini cukup penting untuk dipahami karena menjadi pondasi dasar dari bahasa Java


Menjalankan Kode Program Java

Dalam sesi ini akan dibahas tentang persiapan untuk menjalankan kode program bahasa Java. Mulai dari menginstall Java JDK, pengaturan path, proses compile bahasa Java hingga instalasi teks editor Notepad++.


Tipe Data Bahasa Pemrograman Java

Dalam bagian ini akan dibahas tentang apa saja jenis-jenis tipe data di dalam bahasa Java, termasuk pembagian tipe data yang disertai contoh cara penggunaannya.