Tutorial Belajar Java Part 9: Struktur Dasar Kode Program Bahasa Pemrograman Java

Kode program yang ditulis dalam bahasa Java memiliki struktur dasar tersendiri, misalnya diawali dengan keyword class serta memiliki perintah public static void main(String args[]). Kita akan bahas sedikit terkait hal ini.


Struktur Dasar Bahasa Pemrograman Java

Kode program yang telah kita jalankan dalam beberapa tutorial sebelum ini masih sangat sederhana, tapi sudah mewakili struktur dasar dari kode program bahasa Java:

class HelloBelajar {
  public static void main(String args[]){
    System.out.println("Stt... sedang serius belajar bahasa Java");
  }
}

Proses compile file javac HelloBelajar


Penulisan Nama Class

Di baris paling awal terdapat perintah class HelloBelajar. Kode ini dipakai untuk menulis nama class ke dalam kode program kita. Nama class ini boleh ditulis bebas, tapi kebiasaan programmer java adalah menulisnya dalam format PascalCase, dimana setiap kata diawali dengan huruf besar (termasuk kata pertama) dan tanpa spasi.

Contoh penamaan class ini seperti class HitungSegitiga, class ProgramKalkulator, atau class BelajarBahasaJavaDiDuniailkom. Kebiasaan seperti ini juga berlaku di hampir semua bahasa pemrograman yang menggunakan konsep pemrograman object, tidak hanya bahasa Java saja.

Penulisan nama class sebaiknya juga harus sama dengan nama file. Sebagai contoh, dalam kode program di atas saya menggunakan nama class HelloBelajar, maka nama file yang dipakai adalah HelloBelajar.java. Jika saya menggunakan nama class HitungSegitiga, maka nama filenya juga ditulis sebagai HitungSegitiga.java.

Aturan penamaan file seperti ini sebenarnya juga tidak wajib, tapi untuk menghindari masalah yang mungkin terjadi, sebaiknya selalu tulis nama file dengan nama yang sama seperti nama class.

Blok kode program untuk sebuah class berada di dalam tanda kurung kurawal, yakni:

class HelloBelajar {
  ...
  ...
}

Seluruh kode program yang ada di dalam tanda kurung kurawal adalah ‘kepunyaan’ dari class HelloBelajar.


Perintah public static void main(String args[])

Setelah penulisan nama class, terdapat perintah public static void main(String args[]). Ini merupakan function atau method yang terdiri dari beberapa keyword yang sebenarnya agak kompleks jika kita bahas sekarang.

Untuk bisa memahaminya, harus menunggu sampai masuk ke materi tentang pemrograman object (OOP). Tapi sebagai gambaran dasar, saya akan jelaskan secara singkat:

  • public: Berfungsi sebagai access modifier, yakni batasan akses dari sebuah kode program. Jika ditulis public, maka kode tersebut bisa diakses dari luar class. Nantinya ada beberapa access modifier lain seperti private dan protected.
  • static: Menandakan bahwa ini adalah sebuah method yang bisa diakses langsung dari dalam class (tanpa harus membuat object).
  • void: Artinya method ini tidak mengembalikan nilai.
  • main: Ini merupakan nama dari method. Selain itu main adalah nama method khusus yang akan dibaca oleh Java compiler untuk memulai proses compile. Setiap aplikasi Java harus memiliki sebuah main method.
  • (String args[]): Merupakan argument dari main method, yang dipakai untuk ‘menangkap’ sebuah nilai ketika kode program dijalankan dari cmd.

Jika anda tidak paham dengan penjelasan ini juga tidak masalah, karena seperti yang di singgung sebelumnya, kode ini seharusnya baru dibahas ketika masuk ke konsep OOP dari bahasa Java.

Untuk sementara, bisa dibilang bahwa perintah public static void main(String args[]) harus ditulis di setiap file kode program Java. Dan di dalam method inilah kita menulis kode program utama.

Sama seperti class, tanda kurung kurawal juga dipakai untuk membatasi blok kode program:

class HelloBelajar {
  public static void main(String args[]){
    ...
    ...
  }
}

Semua kode yang ada di antara kurung kurawal ini adalah kode milik public static void main(String args[]).


Perintah System.out.println()

Perintah System.out.println() adalah sebuah kode program untuk proses output, yakni menampilkan teks di layar. Nantinya ada beberapa perintah lain yang bisa dipakai untuk proses output seperti ini, dan juga untuk proses input (menerima nilai).

Teks yang ingin kita tampilkan ditulis dengan tanda kutip di dalam tanda kurung. Jika kita ingin menampilkan teks lain, bisa dengan menulis beberapa kali method ini:

class HelloBelajar {
  public static void main(String args[]){
    System.out.println("Stt... sedang serius belajar bahasa Java");
    System.out.println("di Duniailkom");
    System.out.println("Semangaaat...");
  }
}

Hasil proses compile bahasa Java


Itulah struktur dasar dari sebuah kode program sederhana dalam bahasa Java. Berikutnya akan dibahas tentang aturan dasar penulisan kode program bahasa Java.

*** Artikel Terkait ***

Add Comment