Laravel Uncover – Panduan Belajar Framework Laravel

Laravel Uncover - Panduan Belajar Framework Laravel

Terimakasih atas dukungannya, pada 30 Oktober 2019 Duniailkom merilis eBook / Buku Laravel Uncover. Saat ini materi buku baru sekitar 60% (pre-release).

Untuk pemesanan bisa ikuti panduannya di: Cara Pembelian eBook & Buku Duniailkom atau boleh email saya langsung ke duniailkom@gmail.com / WA ke 083180285808 (andre).


Laravel merupakan framework PHP paling populer saat ini, setidaknya itulah yang saya dapat dari hasil Google Trends. Salah satu faktor yang membuat perkembangan Laravel sedemikian pesat adalah selalu update dengan kebutuhan programmer. Saking updatenya, setiap 6 bulan sekali akan selalu hadir Laravel versi terbaru.

Bagi programmer web yang ingin fokus ke back-end PHP (atau memilih jalur full stack), Laravel menjadi salah satu materi yang wajib dikuasai. Mayoritas lowongan kerja web programmer back-end di Indonesia mewajibkan paham sampai ke framework, yang biasanya salah satu dari Code Igniter atau Laravel.

Framework memang bukan hal wajib untuk bisa membuat web, tapi untuk aplikasi yang besar dan butuh kerjasama tim, framework seperti Laravel akan sangat membantu. Penerapan design arsitektur MVC (Model-View-Controller) dirancang sedemikian rupa agar tidak saling tercampur antara design tampilan (HTML, CSS, JavaScript) dengan logika program (PHP, MySQL).

Buku Laravel Uncover ini saya tujukan bagi rekan-rekan yang ingin mempelajari framework Laravel dari awal. Kita akan membahas berbagai fitur dasar yang disediakan Laravel.

Disebut ‘dasar’ karena ekosistem Laravel itu sendiri sangat luas dan mencakup tidak hanya PHP saja, tapi juga berbagai teknologi web lain yang saling bergabung. Karena kita sudah sampai ke materi framework (yang termasuk kategori advanced PHP), maka dasar yang dimaksud juga tidak benar-benar dasar, melainkan fitur awal dari framework Laravel.

Sama seperti buku duniailkom lain, buku Laravel Uncover ini lebih menekankan ke pemahaman materi, tidak sekedar “asal projectnya jadi” sehingga kadang 1 baris kode program butuh penjelasan hingga beberapa halaman. Karena banyaknya materi, saya memutuskan untuk memecah Laravel Uncover menjadi 2 buku.

Buku pertama (buku ini) akan membahas inti dari penggunaan Laravel terutama konsep MVC, kemudian di buku kedua nanti akan masuk ke materi yang lebih detail serta fitur-fitur tambahan yang sayang untuk dilewatkan.

Sebagai contoh, dalam buku ini akan dibahas tentang Eloquent ORM, yakni sebuah fitur Laravel untuk mengakses database, tapi isinya baru untuk mengakses 1 tabel saja. Di buku kedua nanti kita akan mempelajari cara penggunaan Eloquent untuk mengakses beberapa tabel yang saling terhubung menggunakan teknik eloquent relationship.

Di buku ini juga akan dibahas tentang fitur authentication, yakni proses login, logout dan pendaftaran user. Di buku kedua nanti akan dipelajari dengan lebih detail sampai proses aktivasi user serta reset/forgot password.

Selain itu dengan dipecah menjadi 2 buku, saya bisa membuat mini kasus / case study yang lebih banyak.

Harapannya, kedua buku Laravel Uncover ini bisa menjadi salah satu buku terbaik berbahasa Indonesia untuk mempelajari framework PHP Laravel. Jika pun anda memutuskan hanya membaca buku ini saja (tidak lanjut ke buku kedua nanti), setidaknya sudah punya dasar yang cukup untuk memahami bagaimana cara kerja Laravel.

Setiap bahasan dilengkapi dengan contoh kode program. Jika mengalami kendala, anda bisa buka file kode program yang disertakan (berisi seluruh kode program yang ada di buku ini).

Saat ini buku Laravel Uncover masih berstatus pre-release, yang artinya buku ini belum selesai 100%. Buku Laravel Uncover saat ini terdiri dari 372 halaman yang mencakup 15 bab, dengan rincian sebagai berikut:

  1. Berkenalan Dengan Laravel
  2. Arsitektur MVC
  3. Instalasi Laravel
  4. Mengakses Laravel
  5. Route
  6. Error Display & Proses Debugging
  7. View
  8. Blade Template Engine
  9. Laravel Mix (Compiling Assets)
  10. Laravel UI
  11. Controller
  12. Collection
  13. Migration
  14. DB Facade (Raw SQL Queries)
  15. Query Builder

Materi yang akan dilengkapi adalah:

  • Eloquent ORM
  • Form Processing (Validation)
  • Localization
  • File Upload
  • Middleware
  • HTTP Session
  • Authentication
  • Policy
  • Case Study

Daftar isi bisa di download dari link berikut:

Tampilan eBook Laravel Uncover - pre release

eBook Laravel Uncover ini bisa didapat dengan harga Rp 60.000 jika melalui transfer bank (tersedia Bank Mandiri, BCA, BRI, dan BNI), atau melalui pulsa 70.000 (kartu XL/AXIS dan Telkomsel As).

Untuk pemesanan bisa ikuti panduannya di: Cara Pembelian eBook & Buku Duniailkom atau boleh email saya langsung ke duniailkom@gmail.com / WA ke 083180285808 (andre).


Sama seperti eBook Duniailkom yang lain, fitur yang bisa didapat adalah:

  • Pembahasan materi yang mendalam. Buku Laravel Uncover fokus membahas konsep dasar Laravel dengan detail. Versi pre-release saat ini terdiri dari 372 halaman A4 yang meliputi 15 Bab. Jika disetarakan dengan ukuran buku komputer biasa yang berukuran A5, jumlah halamannya menjadi 744 halaman!
  • Bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami. Buku ini ditulis dengan gaya penulisan yang sederhana seperti tutorial di duniailkom, dimana pembahasan materi selalu disertai dengan contoh dan tampilan hasil kode program.
  • Kode program dapat di download. Seluruh contoh kode program yang ada di buku bisa di download, sehingga sangat mudah untuk langsung melihat hasilnya.
  • Layout halaman yang professional. Tampilan buku disusun secara rapi sesuai standar buku / eBook luar negeri.
  • Tersedia dalam format PDF dan ePub. File pdf boleh di print selama untuk dibaca sendiri.
  • Support konsultasi melalui email duniailkom@gmail.com atau WA ke 083180285808. Jika ada materi atau bahasan yang kurang jelas, bisa tanya-tanya via email / WA (mohon maaf, berhubung kesibukan tidak melayani pertanyaan di luar materi buku seperti tugas kuliah / skripsi).

FAQ – Frequently Asked Question


Apa itu versi pre-release?

Versi pre-release maksudnya buku ini belum selesai semua, masih ada beberapa materi yang akan dilengkapi bertahap. Sengaja saya publish karena ada beberapa rekan-rekan duniailkom yang sudah request dan ingin membaca buku ini meskipun belum final (terimakasih).

Jika beli versi pre-release ini, nanti tidak tidak perlu bayar lagi untuk versi full release. Setiap update akan saya infokan via email. Mudah-mudahan sebelum akhir tahun 2019 materi di buku Laravel Uncover sudah selesai semua.


Apakah ini buku untuk pemula?

Tidak, buku ini lebih ke level advanced (tingkat lanjut), bukan untuk pemula.

Laravel adalah framework PHP, sehingga saya berasumsi rekan-rekan sudah paham tentang PHP sebelum membaca buku ini. PHP yang dimaksud bukan hanya PHP dasar (procedural), tapi juga mencakup materi pemrograman object PHP (OOP PHP).

Tidak hanya itu, sepanjang pembahasan nanti kita juga banyak mengakses database MySQL, termasuk menulis query dan istilah-istilah lain terkait database. Sehingga saya menganggap juga sudah paham perintah untuk membuat tabel MySQL serta query dasar seperti SELECT, INSERT, UPDATE dan DELETE.

Untuk sisi design, dalam buku ini saya akan memakai Bootstrap agar tampilan program menjadi lebih sedap untuk dipandang. Ini tidak wajib, tapi agar bisa memahami seluruh materi, sebaiknya juga punya dasar Bootstrap terlebih dahulu. Dan, tentu saja agar bisa ke Bootstrap harus dari HTML dan CSS terlebih dahulu.

Materi-materi di atas juga tidak harus dipelajari dari buku Duniailkom, tapi bisa juga dari tutorial/buku lain. Namun yang paling ideal adalah dari 6 buku Duniailkom berikut:

Khusus untuk JavaScript tidak banyak saya pakai dalam pembahasan nanti. Tapi tentu pengetahuan seputar JavaScript akan sangat membantu.


Apa versi Laravel yang digunakan?

Pembahasan dalam buku Laravel Uncover menggunakan Laravel 6.x, yang mencakup Laravel 6.1, 6.2, dst. Yakni versi sebelum Laravel 7.x yang akan rilis sekitar Februari 2020 nanti.

Saat ini Laravel menggunakan Semantic Versioning, dimana digit kedua sekarang dipakai untuk update minor, bukan lagi update mayor seperti pada versi sebelumnya (Laravel 5.x).


Apa saja aplikasi yang diperlukan?

Aplikasi yang diperlukan berupa teks editor, web browser, XAMPP, dan Composer.

Untuk text editor tidak ada syarat khusus, anda bebas ingin menggunakan text editor apapun, seperti Notepad++, Komodo Edit, Sublime Text atau Atom. Namun dalam buku ini saya akan menggunakan Visual Studio Code atau VS Code. Aplikasi text editor ini gratis dan bisa di download dari web resminya di code.visualstudio.com.

Untuk web browser juga tidak ada syarat khusus, yang direkomendasikan adalah Google Chrome atau Mozilla Firefox versi terbaru.

Untuk XAMPP, dalam buku ini saya memakai XAMPP 7.3.6, yang didalamnya terdapat PHP 7.3. Laravel 6 mewajibkan minimal PHP 7.2, sehingga anda juga harus memakai XAMPP 7.2 ke atas.

Composer merupakan aplikasi package manager untuk menginstall Laravel yang bisa di download gratis dari getcomposer.org. Untuk panduan cara instalasi dan penggunaannya akan dijelaskan di buku.


Saya ada tugas / skripsi / project nih, kalau beli bukunya bisa dibantu g?

Mohon maaf sekali, berhubung kesibukan mengelola duniailkom dan kegiatan lain, saya belum bisa membantu jika ada pertanyaan diluar materi buku.

Saya sangat ingin menolong, namun pertanyaan seputar tugas / aplikasi bisa sangat kompleks. Tidak akan cukup 1 atau 2 jawaban saja karena harus dianalisis dulu seperti apa aplikasi yang sedang dirancang (bisa makan waktu berhari-hari).

Oleh karena itu pertanyaan melalui email atau WA, saya batasi hanya seputar materi yang dibahas di buku ini saja. Jika kode tersebut di dapat dari orang lain / situs lain, silahkan bertanya pada programmer yang merancangnya. Memahami coding orang lain jauh lebih sulit daripada kita yang buat sendiri.


Ada versi cetaknya ga?

Karena bukunya masih versi pre-release (belum selesai semua), untuk saat ini buku cetak belum tersedia. Versi buku cetak akan tersedia ketika buku Laravel Uncover ini sudah full rilis.


## TESTIMONI ##

Sedikit testimoni dari pembaca eBook / Buku Duniailkom

Testimoni eBook DuniailkomTestimoni eBook DuniailkomTestimoni eBook Duniailkom


Apabila ada pertanyaan, memberikan komentar atau saran, silahkan kirim email ke duniailkom@gmail.com / WA ke 083180285808 (andre), atau tinggalkan pesan pada kolom komentar dibawah.

Semoga Laravel Uncover ini bisa menjadi buku pengantar terbaik untuk memandu anda untuk menjadi seorang back-end developer :)

*** Artikel Terkait ***

10 Comments

  1. sariyanto
    31 Oct 19
    • Andre
      31 Oct 19
      • Terimakasih Mas Andre
        17 Nov 19
  2. si mamang
    09 Nov 19
    • Andre
      10 Nov 19
  3. Azhar
    12 Nov 19
    • Andre
      13 Nov 19
  4. Orang
    12 Nov 19
    • lumbono
      13 Nov 19
    • Andre
      13 Nov 19

Add Comment