Pascal Uncover – Panduan Belajar Pascal untuk Pemula

Pascal Uncover - Cover

Terimakasih atas dukungannya, pada 22 Juni 2018 Duniailkom merilis eBook / Buku Pascal Uncover.

Untuk pemesanan bisa ikuti panduannya di: Cara Pembelian eBook & Buku Duniailkom atau boleh email saya langsung ke duniailkom@gmail.com / WA ke 083180285808 (andre).

Bagi saya pribadi, bahasa pemrograman Pascal punya kenangan tersendiri. Inilah bahasa pemrograman pertama yang saya pelajari. Alasannya, karena Pascal dipakai untuk Olimpiade komputer tingkat SMA.

Di bandingkan dengan bahasa pemrograman lain, Pascal memang lebih mudah dipelajari. Syntax atau perintahnya mirip dengan bahasa inggris sehari-hari, seperti begin, end, write, dan read. Hal ini berbeda dengan bahasa turunan C seperti C++, PHP atau JavaScript yang lebih banyak menggunakan simbol-simbol.

Jika berencana masuk kuliah jurusan komputer seperti Teknik Informatika, Ilmu Komputer maupun Sistem Informasi, besar kemungkinan akan ketemu bahasa Pascal di tahun pertama kuliah. Pascal juga masih dipakai di beberapa jurusan lain, yang punya mata kuliah programming seperti Statistika atau Teknik Elektro. Bagi yang sedang sekolah dan ingin melanjutkan studi ke jurusan komputer, Pascal menjadi bahasa utama yang sebaiknya dipelajari terlebih dahulu.

Untuk kalangan umum, saya juga sarankan mempelajari bahasa Pascal sebagai sarana belajar algoritma, yakni dasar logika pemrograman. Jika algoritma ini sudah dikuasai, sangat mudah beralih dari suatu bahasa ke bahasa pemrograman lain.

Bahasa pemrograman Pascal memang bukan bahasa pemrograman yang populer untuk menjadi kerja, namun bahasa ini bisa dibilang sebagai salah satu bahasa pemrograman yang paling pas untuk belajar pemrograman. Dari sejarahnya, Pascal sudah dirancang untuk keperluan akademis.

Basic programming yang anda pelajari dari bahasa Pascal akan terus terpakai jika memutuskan lanjut ke bahasa pemrograman yang lebih populer seperti C++, Java, PHP atau JavaScript.

Di buku Pascal Uncover ini kita akan membahas berbagai fitur di dalam bahasa Pascal. Mulai dari cara instalasi compiler pascal, aturan dasar penulisan, variabel, tipe data, operator, logika if else, perulangan, procedure, function, hingga unit khusus bahasa Pascal. Terdapat ratusan kode program yang akan memandu anda menguasai bahasa pemrograman Pascal.

Buku Pascal Uncover terdiri dari 429 halaman yang mencakup 12 bab, dengan rincian sebagai berikut:

  • Berkenalan dengan Pascal Programming Language
  • Sejarah Bahasa Pemrograman Pascal
  • Compiler, Text Editor dan IDE
  • Aturan Dasar Kode Program Pascal
  • Tipe Data Bahasa Pascal
  • Operator Bahasa Pascal
  • Struktur Logika IF, IF ELSE dan CASE
  • Struktur Perulangan Bahasa Pascal
  • Procedure dan Function
  • Mathematical dan String System Unit
  • CRT Unit
  • Algoritma dan Latihan Soal

Daftar isi bisa di download dari link berikut:

Contoh (sample) eBook bisa di download dari link berikut:

Tampilan eBook Pascal Uncover

eBook Pascal Uncover ini bisa didapat dengan harga Rp 50.000 jika melalui transfer bank (tersedia Bank Mandiri, BCA, BRI, dan BNI), atau melalui pulsa 60.000* (kartu AS dan XL/AXIS).

Untuk pemesanan bisa ikuti panduannya di: Cara Pembelian eBook & Buku Duniailkom atau boleh email saya langsung ke duniailkom@gmail.com / WA ke 083180285808 (andre).

* Promo khusus untuk pelajar / mahasiswa yang membeli eBook Pascal Uncover via pulsa tetap 50.000 (mohon infokan pada saat pembelian)

Sama seperti eBook Duniailkom yang lain, fitur yang bisa didapat adalah:

  • Pembahasan materi yang mendalam. Buku Pascal Uncover fokus membahas konsep dasar Pascal dengan detail. Terdiri dari 429 halaman A4 yang meliputi 12 Bab. Jika disetarakan dengan ukuran buku komputer biasa yang berukuran A5, jumlah halamannya menjadi 858 halaman!
  • Bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami. Buku ini ditulis dengan gaya penulisan yang sederhana seperti tutorial di duniailkom, dimana pembahasan materi selalu disertai dengan contoh dan tampilan hasil kode program.
  • Kode program dapat di download. Seluruh contoh kode program yang ada di buku bisa di download, sehingga sangat mudah untuk langsung melihat hasilnya. Total terdapat lebih dari 340 file source code Pascal yang akan dibahas.
  • Layout halaman yang professional. Tampilan buku disusun secara rapi sesuai standar buku / eBook luar negeri.
  • Tersedia dalam format PDF. File pdf boleh di print selama untuk dibaca sendiri.
  • Support konsultasi melalui email duniailkom@gmail.com atau WA ke 083180285808. Jika ada materi atau bahasan yang kurang jelas, bisa tanya-tanya via email / WA (mohon maaf, berhubung kesibukan tidak melayani pertanyaan di luar materi buku seperti tugas kuliah / skripsi).

FAQ – Frequently Asked Question


Saya belum paham apapun tentang programming, apakah bisa membaca buku ini ?

Tentu. Buku Pascal Uncover memang saya tujukan bagi pemula yang baru mulai belajar pemrograman. Tidak ada syarat atau skill khusus terkait programming. Namun saya berasumsi teman-teman sudah cukup familiar mengoperasikan komputer, termasuk paham cara menginstall dan menjalankan aplikasi di sistem operasi Windows.

Buku ini paling ideal bagi yang akan / baru masuk kuliah jurusan komputer seperti Teknik Informatika, Ilmu Komputer maupun Sistem Informasi. Karena besar kemungkinan akan ketemu bahasa Pascal di tahun pertama kuliah, jadi anda bisa “curi start” duluan untuk belajar programming.

Bagi pelajar SMA / SMK juga cocok belajar Pascal, terutama yang menyukai teknologi dan berencana kuliah di jurusan Komputer. Sebagai nilai tambah, Olimpiade Sains Nasional bidang komputer juga menggunakan bahasa Pascal.

Bagi kalangan umum buku ini juga ideal untuk belajar bahasa pemrograman komputer. Bukan tanpa alasan Pascal masih dipakai sebagai bahasa pemrograman pertama yang dipelajari mahasiswa jurusan komputer. Perintah Pascal yang terstuktur sangat memudahkan pemula untuk belajar programming.


Apa saja yang dibahas?

Buku Pascal Uncover duniailkom fokus membahas konsep dasar bahasa pemrograman Pascal. Mulai dari pengertian, sejarah bahasa pascal, aturan dasar penulisan, instalasi compiler Free Pascal, tipe data, operator, kondisi if else, perulangan, procedure, function, mathematical unit, string unit, crt unit, serta pengantar algoritma dan latihan contoh soal.

Program menghitung luas bangun datar pascal

Program menghitung luas bangun datar

Program menghitung pecahan uang pascal

Program menghitung pecahan uang

Program pengurutan angka selection sort pascal

Program pengurutan angka (selection sort)


Apa saja aplikasi yang diperlukan?

Sepanjang buku nanti saya memakai compiler / aplikasi Free Pascal (freepascal.org). Selain itu saya juga menggunakan teks editor Notepad++ (notepad-plus-plus.org) untuk menulis kode program Pascal. Proses instalasi dan konfigurasi kedua aplikasi ini akan dibahas detail dalam buku Pascal Uncover.

Menjalankan kode Pascal dari Notepad++

Menjalankan kode Pascal dari Notepad++


Apa bedanya eBook ini dengan tutorial Pascal di website Duniailkom?

Materi di eBook jauh lebih lengkap dan lebih detail dari tutorial yang ada di duniailkom. 60% materi hanya tersedia di eBook dan sebagian besar saya tulis ulang. Contoh materi yang hanya ada di eBook diantaranya goto statement, procedure, function, mathematical unit, string unit, crt unit, serta berbagai contoh soal. Total terdapat lebih dari 340 kode program bahasa Pascal yang akan dibahas.


Saya ada tugas / skripsi / project nih, kalau beli bukunya bisa dibantu g?

Mohon maaf sekali, berhubung kesibukan mengelola duniailkom dan kegiatan lain, saya belum bisa membantu jika ada pertanyaan diluar materi buku.

Saya sangat ingin menolong, namun pertanyaan seputar tugas / aplikasi bisa sangat kompleks. Tidak akan cukup 1 atau 2 jawaban saja karena harus dianalisis dulu seperti apa aplikasi yang sedang dirancang (bisa makan waktu berhari-hari).

Oleh karena itu pertanyaan melalui email atau WA, saya batasi hanya seputar materi yang dibahas di buku ini saja. Jika kode tersebut di dapat dari orang lain / situs lain, silahkan bertanya pada programmer yang merancangnya. Memahami coding orang lain jauh lebih sulit daripada kita yang buat sendiri.


Ada versi cetaknya ga?

Ada. Versi buku cetak Pascal Uncover bisa didapat dengan harga Rp. 165.000. Harganya memang cukup mahal mengingat ketebalan buku ini (429 halaman A4). Buku di cetak dengan kualitas tinggi dan menggunakan hardcover agar lebih awet.

Harga tersebut belum termasuk ongkos kirim dari Bandung 2kg (berat buku ini 1,1 kg sehingga terhitung 2kg). Pengiriman bisa via JNE atau POS. Saya tidak menyediakan stock, setiap pemesanan akan dicetak dulu sekitar 5 – 7 hari kerja (maksimal 10 hari kalau order lagi banyak). Jika berminat silahkan menghubungi duniailkom@gmail.com / WA ke 083180285808 dan sertakan alamat lengkap pengiriman.

Setiap pembelian buku cetak akan mendapatkan versi eBook juga.

Cover Pascal Uncover - Full

*isi buku di cetak hitam putih (bukan full color)


Cara belinya bagaimana?

Apabila berminat untuk memesan eBook Pascal Uncover, silahkan ikuti panduannya di: Cara Pembelian eBook & Buku Duniailkom atau boleh email saya langsung ke duniailkom@gmail.com / WA ke 083180285808 (andre).


Apabila ada pertanyaan, memberikan komentar atau saran, silahkan kirim email ke duniailkom@gmail.com / WA ke 083180285808 (andre), atau tinggalkan pesan pada kolom komentar dibawah.

Semoga buku Pascal Uncover ini bisa menjadi buku pengantar terbaik untuk memandu anda untuk menjadi seorang programmer :)


*** Artikel Terkait ***

16 Comments

  1. Dafiul Haq
    26 Jun 18
  2. Iwan Adrianto
    26 Jun 18
    • Andre
      27 Jun 18
  3. Alvin
    27 Jun 18
    • Andre
      28 Jun 18
      • riyaldi
        28 Jun 18
        • Andre
          28 Jun 18
  4. Nurul
    28 Jun 18
    • Andre
      28 Jun 18
      • Sandy
        04 Jul 18
        • Andre
          05 Jul 18
  5. Ade Dwi Putra
    01 Jul 18
    • Andre
      01 Jul 18
  6. Ridwan Budiman
    10 Jul 18

Add Comment