Latihan Kode Program Java: Membuat Pola Belah Ketupat Bintang

Latihan kode program bahasa Java kali ini akan membahas cara membuat pola belah ketupat bintang. Soal ini cukup banyak dipakai untuk menguji pemahaman seputar perulangan for bersarang (nested loop).

Dalam beberapa kesempatan, belah ketupat bintang ini disebut juga sebagai diamond bintang.


Soal Pola Belah Ketupat Bintang

Buatlah kode program dalam bahasa Java untuk menampilkan pola belah ketupat atau pola diamond dalam bentuk kumpulan bintang (karakter *). Kode program butuh satu nilai input untuk menentukan lebar belah ketupat.

Berikut contoh tampilan akhir yang diinginkan (1) :

##  Program Java Belah Ketupat Bintang  ##
==========================================

Input lebar belah ketupat: 5

     *
    * *
   * * *
  * * * *
 * * * * *
  * * * *
   * * *
    * *
     *

Berikut contoh tampilan akhir yang diinginkan (2) :

##  Program Java Belah Ketupat Bintang  ##
==========================================

Input lebar belah ketupat: 7

       *
      * *
     * * *
    * * * *
   * * * * *
  * * * * * *
 * * * * * * *
  * * * * * *
   * * * * *
    * * * *
     * * *
      * *
       *

Tips Membuat Kode Program Belah Ketupat Bintang

Soal ini melatih pemahaman terkait perulangan bersarang (nested loop). Berikut tutorial pendahuluan yang bisa diikuti:

Kita perlu membuat perulangan bersarang atau nested loop untuk memecahkan soal ini.

Pada dasarnya belah ketupat bintang berasal dari gabungan pola piramida bintang dan pola piramida bintang terbalik dalam satu program.

Dengan demikian kita butuh 6 perulangan for untuk membuatnya. Pemahaman tentang kode program pola piramida akan sangat membantu. Silahkan coba sebentar.


Kode Program Java Pola Belah Ketupat Bintang

Berikut salah satu solusi dari soal membuat pola belah ketupat bintang menggunakan bahasa pemrograman Java:

import java.util.Scanner;
   
class BelahKetupatBintang {
  public static void main(String args[]){
            
    Scanner input = new Scanner(System.in);
       
    System.out.println("##  Program Java Belah Ketupat Bintang  ##");
    System.out.println("==========================================");
    System.out.println();
     
    int lebar_belah_ketupat,i,j,k;
  
    System.out.print("Input lebar belah ketupat: ");
    lebar_belah_ketupat = input.nextInt();
     
    System.out.println();

    for(i=1; i<=lebar_belah_ketupat; i++) {
    
      for(j=1; j<=lebar_belah_ketupat-i; j++) {
        System.out.print(" ");
      }
    
      for(k=1; k<=i; k++) {
        System.out.print(" *");
      }
      System.out.println();
    }

    for(i=1; i<lebar_belah_ketupat; i++) {
    
      for(j=1; j<=i; j++) {
        System.out.print(" ");
      }
    
      for(k=1; k<=lebar_belah_ketupat-i; k++) {
        System.out.print(" *");
      }
      System.out.println();
    }    
     
  }
}

Hasil kode program:

Latihan Kode Program Java - Membuat Pola Belah Ketupat Bintang

Agar bisa berjalan, silahkan save kode program diatas ke dalam file BelahKetupatBintang.java, lalu compile dengan perintah javac BelahKetupatBintang.java, dan jalankan (run) dengan perintah java BelahKetupatBintang. Panduan lebih lengkap bisa ke Cara Menjalankan kode Program Java (Proses Compile).

Ketika dijalankan, kode program meminta satu data input yang disimpan ke dalam variabel lebar_belah_ketupat di baris 15. Variabel inilah yang nantinya akan menjadi penentu kondisi akhir dari perulangan for.

Proses menampilkan karakter bintang dilakukan oleh 6 perulangan for antara baris 19 – 41. Seperti yang dijelaskan dalam bagian tips, kode program ini merupakan gabungan dari pola piramida bintang dan pola piramida bintang terbalik.

Tiga perulangan for pertama antara baris 19 – 29 dipakai untuk membuat sisi atas belah ketupat. Sedangkan tiga perulangan for berikutnya antara baris 31 – 41 dipakai untuk membuat sisi bawah belah ketupat.

Perulangan luar pertama dimulai dari i = 1 sampai i <= lebar_belah_ketupat. Sedangkan perulangan luar kedua dimulai dari i = 1 sampai i < lebar_belah_ketupat.

Sedikit perbedaan dari penggunaan tanda <= dan < adalah agar alas piramida atas tidak berhimpit dengan alas piramida bawah. Dalam setiap perulangan i, jalankan perulangan j dan k untuk membuat pola piramida dan pola piramida terbalik.


Demikian soal dan jawaban kode program membuat pola belah ketupat bintang dalam bahasa Java.

Kode yang diperlukan memang cukup kompleks karena butuh 6 kali perulangan for yang saling terhubung satu sama lain. Semoga bisa bermanfaat.

Add Comment