Tutorial Belajar Java Part 5: Mengatur Setting Path untuk Java JDK

Proses instalasi Java JDK sudah selesai dan sudah bisa dipakai. Namun ada sedikit pengaturan yang sebaiknya dilakukan agar kita lebih mudah dalam menjalankan kode program Java, yakni mengatur setting Path Java JDK di sistem Windows.


Pengertian Path di Sistem Windows

Dalam pengertian secara umum di dalam dunia komputer, path adalah istilah untuk menyebut alamat sebuah file di dalam directory komputer. Misalnya kita memiliki dokumen belajar_java.doc. Alamat pathnya bisa saja tersimpan di C:\MyDocument\belajar_java.doc.

Namun jika disebut “mengatur path di sistem operasi Windows“, itu maksudnya kita menginput sebuah alamat folder agar cmd Windows bisa menjalankan aplikasi yang tersimpan dari mana saja.

Sebagai contoh, file java.exe dan javac.exe yang akan di pakai untuk memproses bahasa Java ada di folder C:\Program Files\Java\jdk-12.0.1\bin\. Maka setiap kali perlu mengakses file ini, kita harus membuka folder C:\Program Files\Java\jdk-12.0.1\bin\ terlebih dahulu.

Dengan mengatur alamat path, nantinya file java.exe dan javac.exe bisa diakses dari alamat mana saja.

Agar lebih dipahami, mari buka kembali cmd Windows:

Tampilan awal cmd Windows

Secara default, jika dibuka seperti ini maka directory yang aktif saat ini adalah C:\Users\Andre, maksudnya, saat ini cmd Windows berada di dalam folder Users\Andre di drive C. Posisi yang anda dapati bisa berbeda karena di sini “Andre” adalah nama user yang saya pakai.

Seluruh perintah cmd yang kita ketik, akan berpengaruh ke folder C:\Users\Andre saja. Sebagai contoh silahkan ketik java.exe -version lalu tekan Enter:

Tampilan cmd Windows error karena java.exe tidak ditemukan

Hasilnya tampil:

'java.exe' is not recognized as an internal or external command, 
operable program or batch file.

Pesan error ini tampil karena saya mencoba mengakses file java.exe di dalam folder C:\Users\Andre. Tentu saja file java.exe tidak ditemukan karena lokasi java.exe ada di C:\Program Files\Java\jdk-12.0.1\bin\java.exe.

Dengan mengatur sistem path di Windows, kita bisa “menyuruh” cmd Windows untuk mencari file java.exe ke folder C:\Program Files\Java\jdk-12.0.1\bin\ secara otomatis.


Mengubah Pengaturan Path (environment variable) untuk Java JDK

Mengubah pengaturan path caranya bisa berbeda tergantung versi Windows yang dipakai. Langkah di bawah ini adalah untuk Windows 10.

Pertama buka jendela pengaturan System Properties. Cara yang paling cepat adalah klik icon search di sebelah Start Menu (Logo Windows), lalu ketik “environment“. Maka akan tampil pilihan “Edit the system environment variables“. Klik menu ini.

Menu untuk akses system environtment

Cara lain adalah dari Control Panel, pilih System and Security, pilih menu System, lalu di menu bagian kiri klik “Advanced System Settings“.

Menu advanced system settings di control panel

Lalu pilih tab “Advanced” di jendela “System Properties“. Di jendela “Advanced” ini, klik tombol environment variable di bagian kanan bawah:

Klik tombol environment variable untuk mengatur path

Di jendela Environment Variable, pilih baris Path di bagian bawah, lalu klik tombol Edit.

Klik tombol edit di environment variable untuk mengatur path

Sekarang akan tampil jendela Edit Environment Variable seperti berikut:

Klik tombol new di edit environment variable untuk mengatur path

Klik tombol New di kanan atas. Cursor akan beralih ke sisi kiri bawah, lalu ketik alamat path Java SDK, yakni C:\Program Files\Java\jdk-12.0.1\bin\. Jika anda menyimpan Java JDK di alamat lain, sesuaikan penulisan path-nya.

Tambah path di jendela edit environment variable

Setelah path C:\Program Files\Java\jdk-12.0.1\bin\ ada di dalam tabel, klik OK untuk mengakhiri, lalu klik kembali tombol OK beberapa kali untuk menutup semua jendela Environment Variable dan System Properties.

Huff…, proses penambahan path di sistem Windows sudah selesai.


Mencoba Hasil Pengaturan Path

Sekarang tiba saatnya untuk memeriksa apakah settingan path sudah benar atau belum. Silahkan tutup jendela cmd Windows apabila masih terbuka, lalu buka kembali.

Kembali, secara default directory aktif cmd ada di C:\Users\Andre. Langsung saja kita test apakah cmd Windows bisa mencari file java.exe dengan mengetik perintah java.exe -version. Jika tampil teks berikut:

java 12.0.1 2019-04-16
Java(TM) SE Runtime Environment (build 12.0.1+12)
Java HotSpot(TM) 64-Bit Server VM (build 12.0.1+12, mixed mode, sharing)

Maka artinya settingan path sudah sukses. Sip!

Anda bisa juga test untuk perintah java.exe -version untuk lebih memastikan:

Pengaturan path Java JDK sudah berhasil

Ini artinya seluruh aplikasi Java yang ada di dalam folder C:\Program Files\Java\jdk-12.0.1\bin\ sudah masuk ke dalam sistem path Windows dan sudah bisa diakses dari mana saja.


Dalam tutorial kali ini kita telah belajar cara mengatur sistem path di Windows. Teknik ini tidak hanya berguna untuk aplikasi Java saja, tapi juga untuk banyak aplikasi lain.

Sebagai contoh jika anda menginstall bahasa pemrograman Python, aplikasi composer untuk PHP atau aplikasi node JS untuk JavaScript, semuanya memanfaatkan sistem path Windows. Jika aplikasi ini sudah terinstall tetapi tidak bisa diakses dari cmd, silahkan periksa apakah alamat foldernya sudah ada di system path Windows atau belum.

Dengan selesainya pengaturan system path untuk Java JDK, dalam tutorial berikutnya kita sudah bisa masuk ke praktek menulis dan menjalan kode program Java.

*** Artikel Terkait ***

7 Comments

  1. sariyanto
    27 May 19
    • Andre
      27 May 19
  2. Anonim
    19 Sep 19
    • Andre
      19 Sep 19
  3. Galuh Fajar
    04 Oct 19
    • Andre
      05 Oct 19
  4. aisyah
    23 Nov 19

Add Comment