Latihan membuat segitiga bintang menjadi salah satu materi algoritma yang sangat sering digunakan. Ini tidak heran karena untuk membuatnya perlu pemahaman logika serta konsep perulangan bersarang (nested loop).
Segitiga bintang juga punya banyak variasi lain yang akan kita bahas secara terpisah. Kali ini akan di jabarkan tentang kode program yang paling dasar terlebih dahulu.
Soal Segitiga Bintang
Buatlah kode program Java untuk menampilkan gambar segitiga dalam bentuk kumpulan karakter bintang (karakter *
). Kode program butuh satu inputan yang dipakai untuk menentukan tinggi dari segitiga.
Berikut contoh tampilan akhir yang diinginkan (1) :
Input tinggi segitiga: 4 * * * * * * * * * *
Berikut contoh tampilan akhir yang diinginkan (2) :
Input tinggi segitiga: 8 * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * *
Tips Membuat Kode Program Segitiga Bintang
Soal ini melatih pemahaman terkait perulangan bersarang (nested loop). Berikut tutorial pendahuluan yang bisa diikuti:
- Pengertian dan Cara Penulisan Variabel Bahasa Java
- Tipe Data Integer Bahasa Pemrograman Java
- Perulangan FOR Bahasa Java
Kita perlu membuat perulangan bersarang atau nested loop untuk memecahkan soal ini. Perulangan luar (outer loop) dipakai untuk menentukan tinggi segitiga, serta perulangan dalam (inner loop) untuk membuat bentuk segitiga.
Sangat disarankan agar memahami kode program Membuat Persegi Bintang terlebih dahulu, karena segitiga bintang pada dasarnya adalah modifikasi dari kode program tersebut.
Kode Program Java Membuat Segitiga Bintang
Berikut salah satu solusi dari soal membuat segitiga bintang menggunakan bahasa pemrograman Java:
import java.util.Scanner; class SegitigaBintang { public static void main(String args[]){ Scanner input = new Scanner(System.in); System.out.println("## Program Java Segitiga Bintang ##"); System.out.println("====================================="); System.out.println(); int tinggi_segitiga,i,j; System.out.print("Input tinggi segitiga: "); tinggi_segitiga = input.nextInt(); System.out.println(); for(i=1; i<=tinggi_segitiga; i++) { for(j=1; j<=i; j++) { System.out.print(" *"); } System.out.println(); } } }
Di baris 15, kode program meminta satu inputan yang disimpan ke dalam variabel tinggi_segitiga. Variabel inilah yang menjadi penentu kondisi akhir dari perulangan for.
Proses menampilkan karakter bintang dilakukan oleh perulangan for di baris 19 – 24. Perulangan luar dengan variabel counter i dipakai untuk membuat tinggi segitiga. Ini dimulai dari i = 1
 hingga i <= tinggi_segitiga
.
Jika pada saat proses input nilai tinggi_segitiga
berisi angka 5, maka perulangan luar ini akan dijalankan sebanyak 5 kali.
Dalam setiap iterasi, jalankan perulangan dalam serta sebuah perintah System.out.println()
di baris 20. Perintah ini dipakai untuk proses pindah baris.
Perulangan dalam dengan variabel counter j dipakai untuk membuat karakter bintang. Karena kita membuat sebuah segitiga, maka karakter bintang harus dibuat menaik dari 1, 2, 3, dst hingga mencapai tinggi_segitiga
.
Proses membuat perulangan menaik dilakukan mulai dari j = 1
hingga j <= i
. Kuncinya adalah, nilai variabel i akan naik mulai dari 1, 2 ,3 dst hingga mencapai nilai i.
Dalam setiap iterasi, jalankan perintah System.out.print(" *")
. Tanda spasi sebelum karakter bintang dipakai agar hasil bintang menjadi lebih rapi.
Demikian soal dan jawaban kode program membuat segitiga bintang dalam bahasa Java.
Latihan soal segitiga bintang punya berbagai variasi lain, misalnya segitiga bintang terbalik, piramida bintang, hingga belah ketupat bintang. Prinsip dasar dari soal-soal ini akan mirip seperti kode program kita di atas.