Tutorial Belajar Python Part 27: Perulangan For Bahasa Python

Masih membahas tentang perulangan, dalam tutorial kali ini kita akan mempelajari cara penggunaan perulangan for dalam bahasa pemrograman Python.


Pengertian Struktur Perulangan For Bahasa Python

Berbeda dengan mayoritas bahasa pemrograman lain, di dalam Python perulangan for lebih ke perulangan untuk memproses array / himpunan. Ini mirip seperti perulangan foreach di bahasa PHP.

Berikut format dasar struktur perulangan for dalam bahasa Python:

foo = [a, b, ...] 
for i in foo:
  # kode program yang akan diulang
  # kode program yang akan diulang

Dalam format ini, di awal saya mendefinisikan variabel foo sebagai sebuah array atau himpunan (salah satu dari tipe data string, list, tuple, set atau dictionary).

Perulangan for akan dijalankan sebanyak jumlah element yang ada di dalam variabel foo. Sepanjang perulangan, variabel i akan berisi element yang sedang di proses. Penjelasan ini akan lebih mudah dipahami dengan contoh kode program.


Contoh Kode Program Perulangan For Bahasa Python

Sebagai praktek pertama, berikut kode program perulangan for untuk menampilkan nama-nama warna:

warna = ['Merah','Biru','Kuning','Biru']
for i in warna:
  print(i)

Hasil kode program:

Merah
Biru
Kuning
Biru

Di baris 1 saya membuat variabel warna sebagai tipe data list. List ini terdiri dari 4 element. Menggunakan perulangan for, saya menampilkan semua isi variabel foo. Di dalam perulangan, variabel i dipakai untuk menyimpan isi dari element yang saat ini sedang di proses. Nama variabel i sendiri boleh bebas, fungsinya hanya sebagai variabel bantu.

Perulangan for juga bisa dipakai untuk tipe data lain, misalnya tipe data set:

warna = {'Merah','Biru','Kuning','Biru'}
for i in warna:
  print(i)

Hasil kode program:

Merah
Biru
Kuning

Perhatikan perubahan tanda kurung di baris 1. Sekarang saya menggunakan kurung kurawal yang merupakan cara pembuatan tipe data set di dalam Python.

Hasilnya, nama warna hanya tampil 3 buah. Loh, kenapa bukan 4? ini karena perilaku dari tipe data set Python, dimana jika terdapat data yang berulang, data tersebut tidak akan disimpan. Dalam hal ini, warna ‘biru’ saya tulis sebanyak 2 kali. Lebih lanjut tentang tipe data set bisa dipelajari kembali di: Tutorial Belajar Python: Tipe Data Set.

Bagaimana dengan tipe data string? juga bisa:

web = 'Duniailkom'
for huruf in web:
  print(huruf)

Hasil kode program:

D
u
n
i
a
i
l
k
o
m

Ini karena di dalam bahasa Python, tipe data string merupakan sebuah array.


Penggunaan Function range()

Struktur perulangan di bahasa Python sepintas tidak memungkinkan kita untuk membuat perulangan angka naik, misalnya dari 1, 2, 3, dst. Namun ini bisa dibuat dengan bantuan fungsi atau function range().

Bahasan tentang function memang belum kita pelajari, tapi penggunaannya cukup mudah. Fungsi range() bisa dipakai untuk membuat deret angka, yang kemudian menjadi inputan ke dalam perulangan for. Berikut contoh penggunaannya:

for i in range(5):
  print(i)

Hasil kode program:

0
1
2
3
4

Di sini perintah range(5) akan membuat 5 buah deret yang dimulai dari angka 0, 1, 2, 3 dan 4. Yang harus diperhatikan, nilai maksimal dari range(5) adalah 4, karena angka dimulai dari 0, bukan 1.

Namun kita bisa mengatur jangkauan yang diinginkan. Caranya, tambah angka kedua ke dalam function range():

for i in range(5,10):
  print(i)

Hasil kode program:

5
6
7
8
9

Pemanggilan fungsi range(5,10) akan membuat deret angka mulai dari 5, 6, 7, 8, dan 9.

Tidak hanya itu, kita juga bisa mengatur tingkat “kenaikan” atau increment dari range dengan cara menambah 1 lagi angka pada saat pemanggilan function range():

for i in range(3,100,3):
  print(i)

Hasil kode program:

3
6
9
12
...
...
96
99

Perintah range(3,100,3) akan membuat deret angka dari 3 sampai 100 dimana setiap angka akan naik sebanyak 3 angka. Hasilnya, angka deret akan lompat setiap kelipatan tiga, mulai dari 3, 6, 9, dst hingga 99.


Dalam tutorial kali ini kita telah membahas cara penggunaan perulangan for dalam bahasa pemrograman Python. Seperti yang terlihat, penggunaannya cukup berbeda dengan bahasa pemrograman lain, terutama bahasa pemrograman turunan C seperti C++, PHP, maupun Java.

Berikutnya akan dibahas tentang perintah break dan continue dalam bahasa pemrograman Python.

*** Artikel Terkait ***

Add Comment