Tutorial Belajar Python Part 14: Tipe Data Set dalam Bahasa Python

Tutorial belajar Python Duniailkom kali ini akan lanjut membahas tipe data Set. Apa beda tipe data set ini dengan tipe data “array” Python lain seperti List dan Tuple? Mari kita lihat.


Pengertian Tipe Data Set Python

Tipe data Set Python adalah tipe data yang berisi kumpulan tipe data dan dipakai untuk mengolah himpunan (set). Jika dibandingkan dengan tipe data berbentuk array lain di Python, tipe data set berbeda dalam hal index, pengurutan dan keunikan nilai (unique value).

Tipe data set tidak memiliki index, sehingga tidak ada mekanisme pengurutan. Maksudnya, ketika kita menginput beberapa nilai ke dalam tipe data set, posisi nilai tersebut bisa berada di mana saja, tidak persis seperti apa yang tertulis. Akibat tidak memiliki index, maka kita tidak bisa menambah nilai baru ke dalam tipe data set dengan cara menulis nomor index (seperti di dalam tipe data list)

Ciri khas selanjutnya dari tipe data set adalah tidak bisa menerima nilai ganda, setiap nilai di dalam set harus unik. Jika kita menginput beberapa nilai yang sama, hanya satu yang tersimpan di dalam set.

Untuk memahami lebih lanjut pengertian tipe data set Python ini, kita akan bahas dengan contoh kode program.

Note: Selain Python, bahasa pemrograman lain yang juga memiliki tipe data set adalah Pascal: Pengertian dan Cara Penggunaan Tipe Data Set Pascal.


Cara Pembuatan Tipe Data Set Python

Untuk membuat tipe data set, gunakan tanda kurung kurawal, kemudian setiap anggota set dipisah dengan tanda koma. Berikut contohnya:

foo = {"Belajar", "Python", "di", "Duniailkom"}
bar = {100, 200, 300, 400}
baz = {"Python", 200, 6.99, True}

print(foo)
print(bar)
print(baz)

Hasil kode program python:

{'Belajar', 'di', 'Duniailkom', 'Python'}
{200, 100, 400, 300}
{200, True, 6.99, 'Python'}

Selain perbedaan tanda kurung, cara penulisan tipe data set tidak berbeda dengan tipe data list dan tuple yang sudah kita pelajari sebelum ini.

Perhatikan urutan data yang tampil, hampir semuanya tidak terurut sesuai penulisan. Ini karena di dalam tipe data set setiap anggota atau element tidak memiliki index sehingga posisinya tidak bisa dipastikan.

Menggunakan function type(), kita bisa melihat perbedaan cara penulisan tipe data list, tuple dan set dalam bahasa Python:

foo = ["Belajar", "Python", "di", "Duniailkom"]
print(type(foo))

foo = ("Belajar", "Python", "di", "Duniailkom")
print(type(foo))

foo = {"Belajar", "Python", "di", "Duniailkom"}
print(type(foo))

Hasil kode program python:

<class 'list'>
<class 'tuple'>
<class 'set'>

Pada kode program diatas, baris 1 adalah cara pembuatan tipe data list, baris 4 pembuatan tipe data tuple, dan baris 7 adalah cara pembuatan tipe data set.


Sifat Tipe Data Set Python

Seperti yang dibahas pada bagian pengertian, sifat dari tipe data set adalah tidak ber-index dan hanya bisa menerima anggota dengan nilai yang berbeda (unique value). Mari lihat dengan contoh kode program:

foo = {"Belajar", "Python", "di", "Duniailkom", "di"}
bar = {100, 200, 300, 400, 200, 300}

print(foo)
print(bar)

Hasil kode program python:

{'Python', 'di', 'Duniailkom', 'Belajar'}
{200, 100, 400, 300}

Untuk variabel foo saya menginput string “di” sebanyak 2 kali namun yang masuk hanya 1 buah. Begitu pula untuk variabel bar yang saya input dua kali nilai 200 dan 300 (total 6 element). Namun yang ditampung hanya 4 element saja dimana angka 200 dan 300 muncul hanya 1 kali. Selain itu tidak ada urutan yang pasti dari tipe data set.

Bagaimana jika kita tetap mengakses anggota set menggunakan index? berikut hasilnya:

foo = {"Belajar", "Python", "di", "Duniailkom", "di"}

print(foo[1])

Hasil kode program python:

Traceback (most recent call last):
File "D:\belajar_python\latihan.py", line 3, in <module>
print(foo[1])
TypeError: 'set' object does not support indexing

Yup, terjadi error karena tipe data set memang tidak memiliki index


Operasi Himpunan tipe data Set Python

Tipe data set pada dasarnya adalah tipe data khusus yang dipakai untuk operasi himpunan, seperti operasi gabungan (union), operasi irisan (intersection), dst. Lebih rinci tentang operasi himpunan ini akan kita bahas dalam tutorial khusus tenang operator di dalam bahasa Python.

Namun sebagai gambaran, berikut contoh penggunaan tipe data set untuk operasi himpunan:

foo = {1, 2, 3, 4, 5}
bar = {3, 4, 5, 6, 7}

print (foo | bar) # union
print (foo & bar) # intersection

Hasil kode program python:

{1, 2, 3, 4, 5, 6, 7}
{3, 4, 5}

Dalam contoh diatas, perintah foo | bar adalah operasi gabungan himpunan. Hasilnya, seluruh anggota himpunan yang ada di variabel foo digabung dengan seluruh anggota dalam variabel bar, anggota yang ada di kedua himpunan hanya akan ditampilkan 1 kali.

Perintah foo & bar adalah operasi irisan himpunan. Hasilnya adalah seluruh anggota yang terdapat di variabel foo dan juga ada di variabel bar (harus ada di kedua variabel).


Dalam tutorial ini kita telah membahas tipe data set dalam bahasa pemrograman python. Selanjutnya akan dibahas tentang tipe data Dictionary.


*** Artikel Terkait ***

7 Comments

  1. Steff
    14 Oct 18
  2. Anonymous
    26 Oct 18
    • Andre
      27 Oct 18
  3. Anonymous
    29 Oct 18
    • Andre
      29 Oct 18
  4. Karjok Pangesty
    01 Nov 18
    • Andre
      01 Nov 18

Add Comment