Tutorial Belajar C++ Part 10: Fungsi Perintah cin dalam Bahasa C++

Setelah selesai mempelajari cara kerja dari perintah cout dalam tutorial sebelumnya, kali ini kita akan lanjut membahas fungsi perintah cin dalam bahasa pemrograman C++


Fungsi Perintah cin C++

Perintah cin adalah perintah dasar C++ untuk proses input atau menerima data masukan dari user.

Dengan menggunakan perintah¬†cin (di eja sebagai “see-in”), kita bisa membuat program yang lebih interaktif, yakni meminta data dari user / pengguna. Data ini bisa disimpan ke dalam variabel dan diolah lebih lanjut untuk kemudian ditampilkan kembali. Kata cin sendiri merupakan singkatan dari console in.

Format dasar perintah cin adalah sebagai berikut:

cin >> nama_variabel;

Berbeda dengan perintah cout, untuk perintah cin kita menggunakan tanda kurung siku kanan dua kali, atau tanda lebih besar dua kali, yakni karakter >>, kemudian diikuti dengan nama variabel yang akan menampung nilai inputan tersebut.


Contoh Kode Program cin C++

Mari kita liat contoh praktek penggunaan perintah cin:

#include <iostream>

using namespace std;

int main()
{
  int harga;

  cout << "Masukkan harga buku: ";
  cin  >> harga;

  cout << "Harga buku C++ adalah: "<< harga << endl;
  return 0;
}

Di baris 7, saya mendeklarasikan variabel harga dengan tipe data int. Ini berarti variabel harga bisa diisi dengan angka bulat seperti 1, 4, atau 10000.

Kemudian di baris 9 terdapat perintah cout yang akan menampilkan teks “Masukkan harga buku:”. Ini adalah instruksi kepada user aplikasi untuk menginput sesuatu.

Perintah cin >> harga di baris 10 akan menyebabkan layar console atau cmd berhenti sejenak menunggu user menginput angka. Ketika user mengetik angka dan menekan tombol Enter, maka nilai tersebut akan ditampung ke dalam variabel harga.

Terakhir, isi variabel harga saya tampilkan kembali dengan perintah cout di baris 12. Silahkan tes jalankan kode program diatas:

Contoh Kode Program Penggunaan Perintah cin bahasa C++

Yang juga harus menjadi catatan, jika karakter yang diinput bukan angka, bahasa C++ akan mengkonversi karakter tersebut.

Misalnya diinput angka 2500.25 (pecahan), yang akan di ambil hanya angka 2500 saja. Atau jika diinput teks, akan ditampilkan sebagai 0. Ini karena variabel harga bertipe integer sehingga hanya bisa menampung angka bulat.

Hasil proses input yang tersimpan di dalam variabel bisa diolah lebih lanjut, misalnya ditambah dengan angka lain seperti contoh berikut:

#include <iostream>

using namespace std;

int main()
{
  int harga;

  cout << "Masukkan harga buku: ";
  cin  >> harga;

  cout << "Harga buku C++ setelah pajak: "<< (harga + 100) << endl;
  return 0;
}

Hasil kode program:

Masukkan harga buku: 120000
Harga buku C++ setelah pajak: 120100

Ketika ditampilkan di baris 12, saya menambah isi variabel harga dengan angka 100. Maka hasil yang tampil juga akan ditambah 100.


Menginput Banyak Data Dengan cout

Jika kita ingin menginput lebih dari 1 data, cukup siapkan variabel untuk menampung setiap nilai inputan tersebut:

#include <iostream>

using namespace std;

int main()
{
  string nama;
  int umur;

  cout << "Masukkan nama: ";
  cin  >> nama;

  cout << "Masukkan umur: ";
  cin  >> umur;

  cout << "\n";

  cout << "Selamat Belajar C++ " << nama << ", Semangat!!" << endl;
  cout << "Usia anda saat ini " << umur << " tahun" << endl;
  return 0;
}

Dalam kode program ini saya meminta user untuk menginput 2 data: nama dan umur. Karena nama berisi teks, maka tipe datanya adalah string seperti di baris 7. Berikut hasil kode program di atas:

Contoh Kode Program Penggunaan Perintah cin bahasa C++

Tidak ada masalah, nilai nama dan umur berhasil di input dan ditampilkan kembali.

Namun sebenarnya ada sedikit masalah terkait proses input nama. Jika kita input nama yang mengandung spasi, hasilnya tidak sesuai dengan keinginan:

Masalah pada proses input string cin pada C++

Sesaat setelah menginput nama “Lisa Lestari Pertiwi” dan menekan enter, program tidak lagi berhenti di inputan umur, tapi langsung menampilkan hasilnya. Nama “Lisa Lestari Pertiwi” hanya ditampilkan sebagai “Lisa” saja, sedangkan nilai umur menjadi 0.

Masalah ini terjadi karena keterbatasan perintah cin ketika memproses spasi. Sebagai solusi, kita bisa ganti perintah cin menjadi function getline().


Menginput Data String Dengan Function getline()

Dalam bahasa C++, perintah cin tidak bisa memproses nilai inputan teks yang mengandung spasi. Untungnya terdapat solusi praktis untuk masalah ini, yakni dengan function getline().

Berikut contoh penggunaannya:

#include <iostream>

using namespace std;

int main()
{
  string nama;
  int umur;

  cout << "Masukkan nama: ";
  getline(cin,nama);

  cout << "Masukkan umur: ";
  cin  >> umur;

  cout << "\n";

  cout << "Selamat Belajar C++ " << nama << ", Semangat!!" << endl;
  cout << "Usia anda saat ini " << umur << " tahun" << endl;
  return 0;
}

Contoh Kode Program Penggunaan Perintah getline bahasa C++

Perbedaan dengan kode sebelumnya ada di baris 11. Sekarang saya mengganti perintah cin >> nama menjadi getline(cin,nama). Dengan perubahan ini, inputan nama sudah bisa menerima spasi.

Perintah getline() adalah sebuah function. Penjelasan tentang apa itu function akan kita bahas di tutorial tersendiri. Tapi seperti yang terlihat, penulisan function getline() tidak terlalu rumit.

Di dalam tanda kurung kita cukup menulis “cin“, lalu tanda koma dan diikuti dengan nama variabel yang akan menampung nilai input, yakni variabel “nama” (tanpa tanda kutip). Jika nantinya butuh menginput alamat, maka perintahnya menjadi getline(cin,alamat), tentunya setelah mendeklarasikan variabel alamat terlebih dahulu.


Dalam tutorial kali ini kita telah membahas cara penggunaan perintah cin dalam bahasa pemrograman C++. Penggunaannya cukup sederhana, terlebih jika dibandingkan proses input dalam bahasa C atau Java yang lebih kompleks. Sedikit catatan adalah, jika kita ingin menginput teks dengan spasi, tukar perintah cin dengan getline().

Berikutnya tutorial bahasa C++ Duniailkom akan masuk ke sesi pembahasan tentang Jenis-jenis Tipe Data.

Add Comment