Kumpulan Contoh Kode Program dan Latihan Algoritma C++

Seseorang yang ahli dalam suatu bidang setidaknya butuh menguasai 2 hal: paham apa saja perangkat yang dibutuhkan, dan bisa menggunakan perangkat tersebut untuk mencapai tujuannya.

Di Duniailkom sudah tersedia lebih dari 50 tutorial dasar C++. Kita telah membahas mulai dari aturan penulisan dasar, variabel, konstanta, tipe data, operator, kondisi logika if else, perulangan, function, hingga konsep pemrograman object C++.

Ini semua barulah skill pertama. Paham semua perintah C++ tidak otomatis membuat kita jadi programmer yang ahli. Bahkan belum banyak berguna jika tidak bisa mengombinasikannya untuk menyelesaikan masalah.

Kemampuan merancang kode program untuk menyelesaikan masalah adalah inti dari materi Algoritma. Di dalam algoritma, kita akan ditantang untuk berpikir mencari jalan keluar dari suatu masalah pemrograman. Misalnya bagaimana mencari nilai maksimum dari sekumpulan data? Bagaimana cara mengurutkan data (sortir)? Dan berbagai persoalan lain.

Karena alasan inilah Duniailkom ingin menghadirkan berbagai contoh kode program C++ yang juga berisi soal-soal latihan algoritma dasar.


Pengertian Algoritma

Secara sederhana, algoritma adalah urutan langkah-langkah logis untuk menyelesaikan suatu masalah. Algoritma sebenarnya bersifat umum dan tidak dipakai dalam programming saja. Dalam kegiatan sehari-hari kita sudah sering menggunakan algoritma.

Algoritma bisa dibayangkan sebagai cara mengajari orang lain untuk melakukan sesuatu yang belum pernah dikerjakannya. Sebagai contoh, bagaimana cara anda menyuruh keponakan yang baru datang dari luar kota untuk membeli buah apel ke pasar? Kita asumsikan si keponakan belum pernah ke pasar tersebut sebelumnya.

Instruksi yang bisa diberikan adalah:

  1. Naik angkot di depan rumah.
  2. Turun di terminal pasar sukarame, bayar ongkos angkot Rp. 5000.
  3. Dari terminal angkot, jalan ke arah utara sekitar 20 meter, lalu belok ke kanan dan masuk ke toko buah ‘Segar Selalu’.
  4. Beli buah apel sebanyak 1 kilo.
  5. Kembali ke terminal dan naik angkot yang sama untuk pulang.
  6. Selesai.

Instruksi sederhana di atas sudah bisa disebut dengan sebuah Algoritma. Si keponakan harus mengikuti langkah demi langkah secara berurutan agar bisa berhasil membeli buah apel di pasar.

Kode program pada dasarnya juga seperti ini, dimana kita menulis satu persatu instruksi yang harus dikerjakan komputer. Untuk kode program yang kompleks, algoritmanya juga akan semakin rumit.

Misalnya dalam contoh beli buah apel, bagaimana jika angkot tidak ada? Atau bagaimana jika toko buah ternyata tutup? Kita harus buat sebuah percabangan, misalnya jika tidak ada angkot, naik ojek. Jika toko buah tutup, cari buah ke supermarket yang ada di dekat pasar. Percabangan ini juga bagian dari algoritma, dimana dalam bahasa C++ kita menggunakan alur logika if else.

Selain itu juga banyak cara pemecahan masalah lain yang harus di pahami oleh seorang programmer.


Contoh Kode Program dan Soal Latihan Algoritma C++

Bahasa pemrograman C++ banyak dipakai sebagai bahasa dasar untuk belajar materi dasar programming dan algoritma. Karena itu pula Duniailkom ingin menyajikan berbagai contoh soal dan latihan algoritma dasar.

Contoh soal ini saya kumpulkan dari berbagai sumber, misalnya dari kolom komentar tutorial duniailkom, group-group programming, dan sumber lain.

Sangat mungkin kumpulan soal ini menjadi bahan ujian mata kuliah algoritma dan pemrograman di kampus-kampus IT. Untuk yang seperti ini, disarankan jangan copy-paste langsung, tapi pastikan paham maksud setiap kode program yang ada.

Bagi mahasiswa IT, algoritma merupakan basic yang sangat-sangat penting!. Jika tidak punya dasar ini, akan kesulitan sepanjang kuliah nanti, termasuk pada saat bekerja sebagai programmer professional. Karena itu silahkan coba kerjakan soal-soal yang ada terlebih dahulu, dan jika sudah mentok, baru lihat solusi kode program yang tersedia.

Selain itu “banyak jalan menuju jakarta”, yang di dalam programming berarti ada banyak solusi untuk menyelesaikan satu masalah. Berikut kumpulan contoh soal dan latihan algoritma menggunakan bahasa pemrograman C++ (akan dilengkapi bertahap):

Latihan Membuat Pola Bintang:

Latihan Membuat Pola Angka:

Latihan Array:

Latihan Logika Matematika:

Latihan Algoritma Dasar:

Semoga contoh kode program dan soal-soal latihan algoritma ini bisa menguji pemahaman anda seputar logika bahasa pemrograman C++.

Tipsnya, coba kerjakan terlebih dahulu soal yang ada. Setelah itu baru lihat solusi yang tersedia. Tidak masalah jika kodenya berbeda karena alur berfikir setiap programmer juga akan berlainan.

Add Comment