Tutorial Belajar CSS: Cara Menggunakan Google Font dengan CSS

Jika dalam tutorial belajar CSS sebelumnya kita menggunakan perintah @font-face untuk dapat menggunakan font external, terdapat cara yang lebih mudah dan sering digunakan oleh banyak web developer saat ini, yakni menggunakan font yang disediakan dari Google Font. Dalam tutorial kali ini kita akan membahas Cara Menggunakan Google Font dengan CSS.


Mengenal Google Font

Google Font adalah salah satu layanan yang disediakan Google untuk memudahkan web developer dalam menghasilkan desain yang menarik dengan meyediakan font-font gratis. Fitur ini dapat anda akses pada alamat: https://www.google.com/fonts.

Saat tutorial ini ditulis, Google font menyediakan lebih dari 640 jenis font.

Perlu menjadi catatan bahwa jika anda menggunakan google font, maka font hanya tampil ketika halaman HTML terkoneksi dengan internet. Jika anda mengerjakan tugas/proyek yang akan ditampilkan secara offline, sebaiknya menggunakan font external dengan perintah @font-face yang telah kita pelajari dalam tutorial Cara Menggunakan Font External dengan CSS (@font-face).

Tutorial Memilih Font dari Google Font

Untuk dapat menggunakan font yang disediakan oleh google, langkah pertama adalah memilih font yang akan digunakan. Silahkan buka situs Google Font di alamat: https://www.google.com/fonts.

Tutorial Belajar CSS - Tampilan halaman Google FontDi dalam halaman awal, anda akan langsung berhadapan dengan menu pencarian font. Silahkan mencoba-coba fitur pencarian yang ada dan melihat-lihat kategori font yang tersedia.

Jika telah menemukan font yang diiginkan, klik tombol “Add to Collection” pada font tersebut. Google akan menyimpan sementara font tersebut (mirip fitur cart pada situs online shopping). Anda boleh mencari font lain atau langsung menggunakan font tersebut. Dalam tutorial ini saya memilih untuk menggunakan 2 jenis font, yaitu Open-Sans dan Lobster.

Tutorial Belajar CSS - Memilih jenis font pada Google Font

Setelah anda memilih satu atau dua (atau 10) font, kemudian klik tombol “Use” yang berada di pojok kanan bawah. Jendela web akan beralih menjadi gambar berikut:

Tutorial Belajar CSS - Pilih jenis font Google Font

Di dalam jendela ini anda akan menemunkan 4 opsi untuk mengatur cara penggunaan font.

Opsi pertama adalah memilih jenis-jenis huruf untuk font. Apakah font yang anda ingin gunakan mencakup tulisan tebal (bold), miring (italic), atau keduanya (bold dan italic).

Opsi ke-dua adalah memilih karakter-set. Jika anda tidak membuat web yang akan menggunakan huruf china atau jepang, biarkan pilihan ini sesuai dengan defaultnya (latin).

Opsi ke-tiga adalah memilih cara ‘menghubungkan’ Google font dengan halaman HTML kita. Google menyediakan 3 cara, yakni dengan menggunakan tag <link>, perintah CSS @import, dan dengan JavaScript. Ketiga cara ini relatif tidak terlalu berbeda dari cara penggunaanya. Anda tinggal copy paste kode tersebut ke halaman HTML. Untuk kali ini, saya akan menggunakan cara dengan tag <link>. Silahkan copy kode tersebut ke dalam bagian <head> HTML.

Tutorial Belajar CSS - Pilih jenis link untuk Google Font

Opsi ke-empat adalah petunjuk cara penggunaan font tersebut di dalam CSS. Anda dapat melihat bahwa kita tinggal menggunakan property font-family dengan nama font yang telah disediakan oleh google.

Tutorial Belajar CSS - Cara Menggunakan Google Font dalam CSS

Sampai disini, kita sudah bisa langsung menggunakan font tersebut.


Tutorial Cara Menggunakan Google Font

Setelah memilih jenis font dan cara yang akan digunakan, maka kita akan langsung mencobanya dengan kode CSS. Berikut adalah kode HTML dan CSS yang saya gunakan:

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Belajar Google Font</title>
<link href='http://fonts.googleapis.com/css?family=Lobster|Open+Sans' 
rel='stylesheet' type='text/css'>

<style type="text/css">
   .open{
       font-family: 'Open Sans', sans-serif;
         }
   .lobster{
       font-family: 'Lobster', cursive;
         }
</style>

</head>
<body>
   <h2>Belajar Google Font</h2>
  
   <h3>Font reguler:</h3>
   <p>Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
   Nulla erat dolor, ullamcorper in ultricies eget,
   fermentum rhoncus leo. Curabitur eu mi vitae metus
   posuere laoreet.</p>
  
   <h3>Font Open Sans:</h3>
   <p class="open">Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur
   adipiscing elit. Nulla erat dolor, ullamcorper in ultricies eget,
   fermentum rhoncus leo. Curabitur eu mi vitae
   metus posuere laoreet.</p>
  
   <h3>Font Lobster:</h3>
   <p class="lobster">Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur
   adipiscing elit. Nulla erat dolor, ullamcorper in ultricies eget,
   fermentum rhoncus leo. Curabitur eu mi vitae
   metus posuere laoreet.</p>
</body>
</html>

Tutorial Belajar CSS - Cara Menggunakan Google FontJika anda telah mempelajari 2 tutorial font CSS sebelumnya, tentang font-family dan @font-face, maka kode CSS tersebut dapat dengan mudah dimengerti.

Kode <link href=’http://fonts.googleapis.com/css?family=Lobster|Open+Sans’ rel=’stylesheet’ type=’text/css’> sebenarnya adalah link menuju CSS external yang disediakan oleh google. Kita tidak perlu mengutak-atik link ini.

Untuk menggunakan font tersebut, kita tinggal memanggil property font-family dengan nama font yang telah disediakan oleh google.

Menggunakan font dari Google sering digunakan sebagai cara untuk memperindah tampilan website dengan menggunakan jenis tulisan yang unik dan mudah dibaca. Situs duniailkom ini juga menggunakan font ‘Open-Sans’ yang disediakan oleh Google Font.


eBook CSS Uncover Duniailkom
Jika anda ingin belajar cara mendesain web, CSS wajib dikuasai. Duniailkom telah menyusun eBook CSS Uncover yang membahas CSS dengan lebih detail dan lebih lengkap, mulai dari dasar hingga fitur terbaru CSS3 seperti animasi dan web responsive. Penjelasan lebih lanjut bisa ke: eBook CSS Uncover Duniailkom.

Tutorial Terkait:

5 Comments

  1. font-face
    22 Jul 16
    • Andre
      24 Jul 16
  2. ahmadnorhady
    03 May 17
    • Andre
      04 May 17
      • ahmadnorhady
        04 May 17

Add Comment