Dalam seri tutorial kali ini, Duniailkom akan menghadirkan tutorial belajar jQuery bagi pemula. jQuery adalah library JavaScript paling populer dan paling banyak digunakan saat ini.

Hampir semua situs-situs besar menggunakan jQuery untuk memudahkan proses penulisan kode JavaScript, termasuk situs duniailkom yang dibangun dengan WordPress (secara default, WordPress juga menggunakan jQuery).

 

Walaupun pada judul materi ini saya menggunakan kata-kata ‘bagi pemula’, untuk dapat mengikuti tutorial ini, anda harus sudah paham tentang HTML, CSS, dan JavaScript. Duniailkom sudah menyediakan tutorial ini:

*Khusus untuk tutorial JavaScript duniailkom, belum sepenuhnya selesai :)

Semoga dengan materi tutorial ini, bisa menuntun anda untuk menguasai jQuery. Dalam halaman ini, saya meng-index seluruh tutorial dan artikel jQuery di duniailkom:


Pengertian dan Dasar Penggunaan jQuery

Dalam beberapa sesi tutorial ini kita akan berkenalan dengan jQuery serta membahas cara penulisan dan konsep dasar dari jQuery.


jQuery DOM Manipulation

DOM (Document Object Model) adalah struktur element HTML yang terdapat di sebuah halaman. Menggunakan JavaScript, kita bisa memanipulasi element-element ini, seperti menambahkan element baru, menghapus element lama, mengubah nilainya, dll.

Di dalam JavaScript, proses ini cukup panjang dan merepotkan. Dengan jQuery, proses manipulasi DOM menjadi sangat sederhana. Saya akan membahasnya dalam sesi ini tutorial ini.


jQuery Animation

Salah satu alasan menggunakan jQuery adalah mudahnya membuat animasi. Sebelum CSS3 membawa fitur animasi, jQuery adalah pilihan pertama untuk menghasilkan animasi ke dalam web (selain dengan flash tentunya, yang sekarang nyaris punah, hehe…). Dalam sesi ini saya akan membahas teknik dasar jQuery untuk membuat animasi: