Tutorial Belajar JavaScript Part 28: Fungsi Perintah Break dan Continue dalam JavaScript

Dalam tutorial kali ini, kita akan mempelajari tentang Fungsi Perintah Break dan Continue yang digunakan dalam struktur perulangan JavaScript.


Fungsi Perintah Break dalam Perulangan JavaScript

Perintah break jika digunakan di dalam perulangan berfungsi untuk ‘menghentikan paksa’ proses perulangan yang berlangsung. Kita juga telah melihat penggunaan perintah break dalam struktur SWITCH.

Break biasanya digunakan setelah kondisi IF, untuk menyeleksi ‘kapan’ perulangan harus dihentikan.

Cara Penulisan Perintah Break

Agar lebih mudah dipahami, berikut adalah contoh cara penulisan perintah break dalam perulangan FOR:

<script>
var i;                                   
for (i=1;i<=10;i++)
{
   console.log("Perulangan ke - " + i);
   if (i==7)
   {
   break;
   }
}
</script>

Contoh Penggunaan perintah Break dalam Perulangan JavaScriptDalam contoh diatas, kondisi if (i==7) break akan menyebabkan perulangan FOR hanya berjalan sampai perulangan ke-7, setelah itu perulangan akan berhenti secara ‘prematur’.


Fungsi Perintah Continue dalam Perulangan JavaScript

Jika perintah break jika digunakan untuk ‘menghentikan paksa’ proses perulangan yang berlangsung, perintah continue hanya akan menghentikan perulangan yang saat ini terjadi (1 iterasi saja), dan kemudian melanjutkan perulangan iterasi berikutnya, atau bisa disebut juga untuk ‘melewati’ 1 perulangan.

Sama seperti perintah break ,continue biasanya digunakan setelah kondisi IF yang digunakan untuk menyeleksi ‘kapan’ perulangan harus di-skip atau dilewati.

Cara Penulisan Perintah Continue

Berikut adalah contoh program penggunaan perintah Continue dalam perulangan FOR:

<script>
var i;
for (i=1;i<=10;i++)
{                             
   if (i==7)
   {
      continue;
   }
   console.log("Perulangan ke - " + i);
}
</script>

Contoh Penggunaan perintah Continue dalam Perulangan JavaScriptDari contoh di atas, perintah if (i==7) akan meyeleksi perulangan. Pada saat variabel counter i sama dengan 7, maka continue. Perintah continue menyebabkan fungsi console.log yang berada dibawahnya untuk di-’lewati’ dan perulangan akan lanjut ke i=8. Dari hasil program dapat dilihat bahwa “Perulangan ke- 7” tidak akan ditampilkan.

Perintah break dan continue yang kita bahas dalam tutorial kali ini sering digunakan dalam pemograman. Dalam tutorial selanjutnya, kita akan membahas tipe data Array di dalam JavaScript.


eBook JavaScript Uncover Duniailkom
JavaScript sudah menjadi fitur wajib di setiap website modern. Duniailkom telah menyusun eBook JavaScript Uncover yang membahas JavaScript dengan lebih detail dan lebih lengkap, mulai dari dasar hingga konsep DOM, Event dan AJAX. Penjelasan lebih lanjut bisa ke eBook JavaScript Uncover Duniailkom.

Tutorial Terkait:

2 Comments

  1. ikhsan
    02 Aug 16
    • Andre
      03 Aug 16

Add Comment