Tutorial Belajar JavaScript Part 27: Cara Penulisan Struktur Perulangan FOR IN dalam JavaScript

Dalam tutorial kali ini, kita akan membahas tentang struktur perulangan khusus yang ada di dalam JavaScript, yakni perulangan FOR IN. kita akan mempelajari tentang Cara Penulisan Struktur Perulangan FOR IN dalam JavaScript.


Pengertian Struktur Perulangan FOR IN

Perulangan FOR IN adakah perulangan khusus di dalam JavaScript yang digunakan untuk menampilkan ‘isi’ dari sebuah objek. Objek yang digunakan dapat berupa Array, karena array pada dasarnya juga merupakan objek di dalam JavaScript.

Saya belum membahas array dan objek secara detail sampai saat ini, jika anda belum paham tentang konsep dasar array dan objek JavaScript, silahkan sementara lewati tutorial ini.

Perulangan FOR IN mirip dengan perulangan FOR EACH di dalam PHP. Berikut adalah penulisan dasar perulangan FOR IN dalam JavaScript:

for (variabel in objek)
{
   // kode program
}

Perulangan di dalam FOR IN akan dijalankan sebanyak ‘isi’ dari objek. Jika objek tersebut adalah Array, maka perulangan akan dilakukan sebanyak data yang ada di dalam Array.


Cara Penulisan Struktur Perulangan FOR IN

Kita akan langsung masuk ke dalam contoh program agar perulangan FOR IN lebih mudah dipahami. Berikut adalah contoh program FOR IN untuk menampilkan data dari sebuah array:

<script>
var a=[5,4,3,2,1];       // pembuatan array
var b;                   // variabel penampung
for (b in a)
{
   console.log("Isi array a adalah: "+a[b]);
}
</script>

Contoh Cara Penggunaan Perulangan For In JavaScript 1Pada baris pertama contoh program diatas, saya membuat Array yang disimpan dalam variabel a . Variabel a berisi 5 nilai. Perulangan FOR IN akan menampilkan seluruh isi dari array a.

Jika di gunakan untuk objek, perulangan FOR IN akan menampilkan seluruh property dan method dari objek tersebut. Berikut adalah contoh kode programnnya:

<script>
//buat object objek1
var objek1 = { a:"Belajar JavaScript",
               b:12,
               c:true,
               d:"duniailkom",
               e:[1,2,3,4],
               f:{ i:"test"},
               g:function(){}
             };
                                               
var b;                                                    
for (b in objek1)
{
   console.log(objek1[b]);
}
</script>

Contoh Cara Penggunaan Perulangan For In JavaScript 2Dalam contoh diatas, saya membuat objek dengan nama objek1 dan membuat beberapa property serta 1 method. Kemudan objek1 ini ditampilkan dengan menggunakan perulangan FOR IN. Hasil yang ditampilkan merupakan nilai String dari masing-masing property objek.

Dalam tutorial kali ini, kita telah membahas tentang perulangan FOR IN yang bisa digunakan untuk menampilkan nilai Array, ataupun Objek. Untuk tutorial selanjutnya, masih berhubungan dengan Perulangan, kita akan membahas tentang perintah Break dan Continue dalam JavaScript yang sering digunakan di dalam perulangan.


eBook JavaScript Uncover Duniailkom
JavaScript sudah menjadi fitur wajib di setiap website modern. Duniailkom telah menyusun eBook JavaScript Uncover yang membahas JavaScript dengan lebih detail dan lebih lengkap, mulai dari dasar hingga konsep DOM, Event dan AJAX. Penjelasan lebih lanjut bisa ke eBook JavaScript Uncover Duniailkom.

Tutorial Terkait:

6 Comments

  1. Ahmad
    11 Mar 15
    • Andre
      12 Mar 15
      • budi
        01 Nov 16
        • Andre
          01 Nov 16
  2. budi
    01 Nov 16
    • Andre
      02 Nov 16

Add Comment