Untuk operasi angka (number) dan matematika yang lebih kompleks, JavaScript menyediakan objek Math yang terdiri dari berbagai kosntanta dan juga method (fungsi). Method yang tersedia misalnya untuk fungsi pemangkatan, akar kuadrat, logaritma, dan trigonometri. Dalam tutorial JavaScript kali ini kita akan membahas tentang Konstanta dan Method (fungsi) dari Objek Math di dalam JavaScript.
Konstanta untuk Objek Math dalam JavaScript
Objek Math memiliki beberapa konstanta matematika yang bisa digunakan di dalam proses pembuatan program. Untuk menggunakan konstanta objek Math, kita tinggal menulis: Math.nama_konstanta.
Berikut adalah kosntanta untuk Objek Math di dalam JavaScript, diurutkan berdasarkan abjad:
- Math.E: Berisi nilai dari logaritma natural e, dengan nilai 2.718281828459045
- Math.LN10 : Berisi nilai dari logaritma natural 10, dengan nilai 2.302585092994046
- Math.LN2 : Berisi nilai dari logaritma natural 2, dengan nilai 0.6931471805599453
- Math.LOG10E : Berisi nilai dari logaritma natural e basis 10, dengan nilai 0.4342944819032518
- Math.LOG2E : Berisi nilai dari logaritma natural e basis 2, dengan nilai 1.4426950408889634
- Math.PI : Berisi nilai dari pi (Ï€) dengan nilai 3.141592653589793
- Math.SQRT1_2: Berisi hasil dari 1 dibagi dengan akar kuadrat 2, dengan nilai 0.707106781186
- Math.SQRT2: Berisi hasil akar kuadrat dari 2, dengan nilai 1.4142135623730951
Berikut adalah contoh penggunaan konstanta objek Math di dalam JavaScript
<!DOCTYPE html> <html> <head> <meta http-equiv="Content-Type" content="text/html; charset=UTF-8" /> <title>Belajar JavaScript</title> Â <script> console.log(Math.E); console.log(Math.LN10); console.log(Math.LN2); console.log(Math.LOG10E ); console.log(Math.LOG2E); console.log(Math.PI); console.log(Math.SQRT1_2); console.log(Math.SQRT2); Â // penggunaan di dalam operasi matematika var jari2 = 7 var luas_lingkaran = Math.PI * jari2 * jari2; console.log(luas_lingkaran); Â </script> Â </head> <body> <h1>Belajar JavaScript</h1> <p> Saya sedang belajar konstanta objek Math JavaScript di duniailkom.com </p> </div> </body> </html>
Pada baris terakhir kode JavaScript diatas, saya menghitung rumus luas lingkaran dengan menggunakan kosntanta Math.PI.
Fungsi untuk Objek Math dalam JavaScript
Selain konstanta, Objek Math juga menyediakan banyak fungsi matematis. Anda mungkin akan jarang menggunakan fungsi atau method ini, kecuali membuat aplikasi ilmiah atau aplikasi kalkulator dengan JavaScript.
Berikut adalah method yang disediakan oleh objek Math JavaScript, diurutkan berdasarkan abjad, dan akan kita bahas satu per satu:
- Math.abs()
- Math.acos()
- Math.asin()
- Math.atan()
- Math.atan2()
- Math.ceil()
- Math.cos()
- Math.exp()
- Math.floor()
- Math.log()
- Math.max()
- Math.min()
- Math.pow()
- Math.random()
- Math.round()
- Math.sin()
- Math.sqrt()
- Math.tan()
Method Objek Math JavaScript: Math.abs()
Method Math.abs berfungsi untuk menghasilkan nilai absolut (nilai negatif akan menjadi positif, sedangkan nilai positif akan tetap positif). Fungsi ini membutuhkan 1 argumen angka. Berikut adalah contoh pemanggilan fungsi abs():
<script> Math.abs(-5) // hasilnya: 5 Math.abs(5) // hasilnya: 5 Math.abs(-22.78) // hasilnya: 22.78 </script>
Method Objek Math JavaScript: Math.acos()
Method Math.acos() berfungsi untuk menghitung nilai arccosine. Fungsi ini membutuhkan 1 argumen angka dengan nilai antara -1 sampai dengan 1. Nilai akhir fungsi adalah 0 sampai dengan π radian.
Method Objek Math JavaScript: Math.asin()
Method Math.asin() berfungsi untuk menghitung nilai arcsine. Fungsi ini membutuhkan 1 argumen angka dengan nilai antara -1 sampai dengan 1. Nilai akhir fungsi adalah -π/2 sampai dengan π/2 radian.
Method Objek Math JavaScript: Math.atan()
Method Math.atan() berfungsi untuk menghitung nilai arctangent. Fungsi ini membutuhkan 1 argumen angka dengan nilai apapun. Nilai akhir fungsi adalah -π/2 sampai dengan π/2 radian.
Method Objek Math JavaScript: Math.atan2()
Method Math.atan2() berfungsi untuk menghitung nilai arctangent dari rasio y/x. Fungsi ini membutuhkan 2 buah argumen untuk nilai y dan x. Nilai hasil fungsi adalah diantara -π dan π radians.
Method Objek Math JavaScript: Math.ceil()
Method Math.ceil() berfungsi untuk pembulatan keatas dari sebuah nilai desimal. Fungsi ini membutuhkan 1 argumen, yaitu angka yang akan dibulatkan. Berikut adalah hasil pemanggilan fungsi ceil:
<script> Math.ceil(1.99); // hasilnya: 2 Math.ceil(1.01); // hasilnya: 2 Math.ceil(1.0); // hasilnya: 1 Math.ceil(-1.99); // hasilnya: -1 </script>
Method Objek Math JavaScript: Math.cos()
Method Math.cos() berfungsi untuk menghitung nilai cosinus. Fungsi ini membutuhkan 1 buah argumen dalam bentuk sudut dengan nilai radian. Untuk menkonversi derajat menjadi radian, kalikan besar sudut dengan 0.017453293 (2π/360). Nilai akhir fungsi ini berada antara −1.0 dan 1.0.
Method Objek Math JavaScript: Math.exp()
Method Math.exp() digunakan untuk menghitung hasil dari e^x dimana x adalah argumen yang diberikan. e merupakan logaritma natural dengan nilai 2.718.
Method Objek Math JavaScript: Math.floor()
Method Math.floor() berfungsi untuk pembulatan kebawah dari sebuah nilai desimal. Fungsi ini membutuhkan 1 argumen, yaitu angka yang akan dibulatkan. Berikut adalah hasil pemanggilan fungsi floor:
<script> Math.floor(1.99); // hasilnya: 1 Math.floor(1.01); // hasilnya: 1 Math.floor(1.0); // hasilnya: 1 Math.floor(-1.01); // hasilnya: -2 </script>
Method Objek Math JavaScript: Math.log()
Method Math.log() berfungsi untuk menghitung nilai logaritma natural, yaitu nilai dari log e x. Fungsi ini membutuhkan 1 buah argumen angka.
Method Objek Math JavaScript: Math.max()
Method Math.max() berfungsi untuk mencari angka paling besar diantara argumen yang diberikan. Fungsi ini membutuhkan 1 atau lebih argumen. Berikut adalah contoh penggunaan fungsi Math.max():
<script> Math.max(1,2,3,4,5,6); // hasilnya: 6 Math.max(10,20,30,90,5); // hasilnya: 90 Math.max(50); // hasilnya: 50 </script>
Method Objek Math JavaScript: Math.min()
Method Math.min() berfungsi untuk mencari angka paling kecil diantara argumen yang diberikan. Fungsi ini membutuhkan 1 atau lebih argumen. Berikut adalah contoh penggunaan fungsi Math.min():
<script> Math.min(1,2,3,4,5,6); // hasilnya: 1 Math.mmin(10,20,30,90,5); // hasilnya: 5 Math.max(50); // hasilnya: 50 </script>
Method Objek Math JavaScript: Math.pow()
Method Math.pow() berfungsi untuk untuk mencari hasil pemangkatan. Fungsi ini membutuhkan 2 buah argumen. Argumen pertama adalah angka asal, dan argumen kedua adalah nilai pangkat. Berikut adalah contoh penggunaan fungsi Math. pow():
<script> Math.pow(1,100); // 1^100, hasilnya: 1 Math.pow(5,3); // 5^3, hasilnya: 125 Math.pow(50); // hasilnya: 50 </script>
Method Objek Math JavaScript: Math.random()
Method Math.random() berfungsi untuk menghasilkan angka acak dalam setiap pemanggilan. Fungsi ini tidak membutuhkan argumen apapun. Nilai akhir berada dalam rentang 0 dan 1. Untuk hasil angka acak 1-100, kita tinggal mengalikan hasil fungsi ini dengan 100. Berikut adalah contoh penggunaan fungsi Math.random():
<script> Math.random(); // hasilnya: 0.2605599395465106 Math.random(); // hasilnya: 0.6355015402659774 Math.random(); // hasilnya: 0.5217791700270027 </script>
Method Objek Math JavaScript: Math.round()
Method Math.round() berfungsi untuk membulatkan nilai angka ke bilangan terdekat. Jika nilai desimal dibawah 0.5 maka akan dibulatkan ke bawah, namun jika nilai desimal bernilai 0.5 atau lebih, akan dibulatkan keatas. Fungsi ini membutuhkan 1 argumen, yaitu angka yang akan dibulatkan. Berikut adalah hasil pemanggilan fungsi floor:
<script> Math.round(1.56); // hasilnya: 2 Math.round(1.44); // hasilnya: 1 Math.round(1.0); // hasilnya: 1 Math.round(-1.6); // hasilnya: -2 </script>
Method Objek Math JavaScript: Math.sin()
Method Math.sin() berfungsi untuk menghitung hasil sinus. Fungsi ini membutuhkan 1 buah argumen dalam bentuk sudut dengan nilai radian. Untuk menkonversi derajat menjadi radian, kalikan besar sudut dengan 0.017453293 (2π/360). Nilai akhir fungsi ini berada antara −1.0 dan 1.0.
Method Objek Math JavaScript: Math.sqrt()
Method Math.sqrt() digunakan untuk mencari hasil dari akar kuadrat sebuah angka. Fungsi ini membutuhkan 1 argumen, yaitu angka yang akan dihitung. Berikut adalah contoh penggunaan fungsi Math. sqrt();
<script> Math.sqrt(25); // hasilnya: 5 Math.sqrt(81); // hasilnya: 9 Math.sqrt(-3); // hasilnya: NaN </script>
Method Objek Math JavaScript: Math.tan()
Method Math.tan() berfungsi untuk menghitung hasil tangen. Fungsi ini membutuhkan 1 buah argumen dalam bentuk sudut dengan nilai radian. Untuk menkonversi derajat menjadi radian, kalikan besar sudut dengan 0.017453293 (2Ï€/360).
Dalam tutorial kali ini kita telah mempelajari tentang Konstanta dan Method dari Objek Math di dalam JavaScript. Dalam tutorial berikutnya, kita akan membahas tentang Tipe data String di dalam JavaScript.
Untuk Math.random() kalau kita ingin random dengan range tertentu gimana yah?
var a = 6
var x = Math.random() * a
var m = Math.round(x) atau gunain Math.ceil()
console.log(m)
hasil yang keluar 1 – 6, ganti si a dengan 7 akan keluar 1 – 7
var a = 6;
var x = Math.random()*a;
// karena random, isinya hanya dari 0 sampe 1, maka ketika dikali dengan 6, tidak akan lebih dari angka 6.
var m = Math.round(x) atau Math.ceil(x)
//pembulatan yang ujung²nya gak akan lebih besar dari 6
Makasih sob, kebetulan saya lagi belajar javascript
puyeeeng om
Hehe.. pelan2 saja gan.. :)
Mas Andre jadi pusing kepala saya,,,kepala saya puyeng karena penuh dengan angka-angka itu :3
Hehe, pelan2 saja mas… JavaScript memang lebih rumit jika dibandingkan dengan HTML, CSS, maupun PHP :)
Math.ceil(-1.99); // hasilnya: -1
kenapa enggak -2 gan? O.o
apa karena nilainya negatif?
Iya gan, "ceil" itu pembulatan ke atas. jadi akan dibulatkan ke angka yang lebih besar, disini -1 lebih besar daripada -2.
Oke dalam "ceil" pembulatan keatas hasilnya -1, tp yang saya bingung kenapa dalam "round" hasil dari math.round(-1.99); itu -2? padahal kan nilai desimal lebih dari 0.5 berarti dibulatkan keatas :)
Round pembulatan ke angka yang terdekat gan. Misalnya math.round(2.99), hasilnya 3 karena lebih dekat. Sedangkan math.round(2.11) , hasilnya 2 karena lebih dekat ke 2, bukan pembulatan keatas seperti ceil. Kalau untuk pembulatan ke bawah ada fungsi khusus juga: Math.floor().
Math.pow(5,3); // 5^5, hasilnya: 125
mas contoh diatas bukankah (5,3) adalah 5^3, bukan 5^5,?
memang betul hasinyal 125 ;
Oh iya, makasih koreksinya gan. Salah tulis keteragannya nih saya, segera diperbaiki :)
sadis banget javascriptnya
Harus dibaca bolak balik nih hadeuhh
Hehe, pelan2 saja dipelajarinya gan..
Method Math.min dan Math.max, apa bisa digunakan untuk array?
Sepertinya g bisa gan. Kita harus membuat fungsi sendiri atau menkonversi array tersebut menjadi string angka.
Bro, ane dikasih tugas kuliah..
Program java tentang fungsi sin , cos dan tan.. itu codingannya gimana ya ..?
Masih belum paham tentang fungsi..
Tutorial ini membahas tentang JavaScript gan, yang sama sekali berbeda dengan bahasa JAVA. Mungkin baru beberapa bulan ke depan duniailkom akan membahas tentang JAVA.
Ooo, berarti javascript dengan bahasa java berbeda ya bro ?
Beda jauh gan, hanya kebetulan saja JavaScript ini memakai kata "Java" supaya lebih populer. Nama teknis dari JavaScript adalah ECMAScript.
Om minta tolong tutorial membuat format mata uang pake javascript donk hehe. Kalo di web2 lain banyak yg dah bikin tapi kagak ada penjelasan tentang objek2 dan method2 nya :(
Salah satunya bisa menggunakan method toLocaleString(), seperti contoh berikut:
var foo = 1234500.346;
console.log( foo.toLocaleString('id-ID',{ style: 'currency', currency: 'IDR' } )); // Rp1.234.500,35
Untuk penjelasan lebih lanjut ada di eBook JavaScript Uncover :)
Boleh kasih tau contoh" yang lain ?
Soalnya masih newbie make java script :)
Untuk penjelasan yang lebih detail terkait fungsi2 di dalam JavaScript, bisa coba order eBook JavaScript Uncover :)
Apakah Math.sin itu akan sering dipakai dalam suatu program pak?
karena saya lihat memang metodenya pun sangat rumit sekali sehingga tidak tau kapan penggunaannya..
Dalam penggunaan umum, fungsi matematis seperti sin memang relatif jarang dipakai, kecuali kita membuat aplikasi matematika yang cukup rumit. Atau kadang akan terpakai juga ketika merancang animasi/game yang melibatkan pengukuran sudut.
mas misalkan ada nilai 2.7777777 mau saya bulatkan jadi dua angka di belakang koma,jadi 2.78 ,itu fungsinya pakai yg mana ya?
var a = 2.7777777
a.toFixed(2) // 2.78
assalamu'alaikum.. min aku punya tugas kuliah nih,, soalnya yaitu membuat 10 contoh css math,, bisa bantu gak?
Waalaikumsalam, mohon maaf juga nih… berhubung kesibukan, saat ini belum bisa handle project / jasa konsultasi.