Cara mengatasi error XAMPP: Port 80 in use by “Unable to open process”

Ketika kita ingin menjalankan aplikasi XAMPP, apakah itu baru install maupun sudah lama tidak dijalankan, terkadang muncul error: Port 80 in use by “Unable to open process”. Kali ini saya akan membahas cara penanganan error XAMPP ini dan apa yang menyebabkannya.


Pengertian Port dalam Jaringan Komputer

Baris error XAMPP: Port 80 in use by “Unable to open process” sebenarnya terjadi karena port 80 untuk web server apache sudah dipakai oleh aplikasi lain.

Sederhananya, port adalah ‘jatah’ jalur komunikasi antar aplikasi komputer. Setiap aplikasi (terutama yang berkaitan dengan jaringan) membutuhkan sebuah nomor unik untuk saling berkomunikasi.

Sebagai contoh, aplikasi FTP menggunakan port 20 dan 21, aplikasi Secure Shell (SSH) memakai port 22, dan aplikasi Hypertext Transfer Protocol (HTTP) menggunakan port 80. List lengkap nomor port ini bisa mengunjungi: wikipedia.org.

Jika sebuah port sudah digunakan, aplikasi lain tidak bisa menggunakan port yang sama. Untungnya, nomor port ini bisa diubah tergantung keperluan. Angka port yang bisa diinput adalah dari 0 hingga 65535.


Mengatasi XAMPP yang tidak berjalan

Kembali ke judul tutorial kita, error XAMPP: Port 80 in use by “Unable to open process” biasanya terjadi karena di komputer telah terinstall (dan sudah berjalan) sebuah aplikasi yang menggunakan port 80. Port 80 adalah port default untuk sistem Hypertext Transfer Protocol (HTTP), sehingga banyak aplikasi lain yang juga menggunakan port yang sama.

Aplikasi populer yang biasa menggunakan port 80 adalah Skype. Jika anda sedang menjalankan aplikasi ini, hampir dipastikan apache bawaan XAMPP tidak bisa berjalan. Namun apabila tidak pernah menginstall skype, kita beralih ke ‘tersangka’ lain.

Aplikasi kedua yang juga menggunakan port 80 adalah web server bawaan windows: IIS (Internet Information Server). Di dalam sistem operasi windows sudah tersedia web server yang berfungsi mirip dengan apache, tapi biasanya secara default tidak aktif. Jika anda pernah mengutak-atik sistem windows, bisa jadi aplikasi ini menjadi aktif dan mengambil jatah port 80 kita yang sangat berharga.

Aplikasi terakhir yang paling sering menjadi biang kerok error ini adalah: XAMPP. Sangat bisa dimaklumi sepanjang kita belajar web programming akan sering menginstall dan uninstall XAMPP, apakah itu sewaktu tugas mendadak dari dosen, atau sedang iseng ingin membuka buku PHP yang sudah dibeli 2 tahun yang lalu.

Jika aplikasi XAMPP diinstall sebagai service, maka ia akan langsung berjalan ketika Windows dihidupkan. Sehingga kadang kita tidak sadar bahwa apache sudah berjalan di port 80 yang kemungkinan besar dari aplikasi XAMPP yang diinstall 2 tahun lalu. Ketika kita mencoba menginstall kembali XAMPP versi terbaru, hasilnya? Port 80 in use by “Unable to open process” :)


Mencari aplikasi yang menggunakan port 80

Daripada kita menduga-duga aplikasi yang (mungkin) tidak pernah diinstall, sebaiknya kita cari dalang dibalik semua ini. Untungnya XAMPP memberikan informasi error yang sangat berharga.

Sebagai contoh kasus, inilah pesan error yang saya dapatkan ketika menjalankan apache:

18:10:47 [Apache] Problem detected!
18:10:47 [Apache] Port 80 in use by "c:\xampp\apache\bin\httpd.exe" with PID 7180!
18:10:47 [Apache] Apache WILL NOT start without the configured ports free!
18:10:47 [Apache] You need to uninstall/disable/reconfigure the blocking application
18:10:47 [Apache] or reconfigure Apache and the Control Panel to listen on a 
different port

Pesan Error dari XAMPP - Problem detected

Dari pesan error diatas, langsung kelihatan tersangka utamanya adalah sebuah aplikasi di alamat: “c:\xampp\apache\bin\httpd.exe”. Yang tidak lain adalah aplikasi XAMPP juga (yang sengaja saya hidupkan).

Namun dalam kasus lain, pesan error ini tidak bisa memberi tahu aplikasi mana yang menggunakan port 80:

10:35:12 AM [Apache] Problem detected!
10:35:12 AM [Apache] Port 80 in use by "Unable to open process" with PID 7180!
10:35:12 AM [Apache] Apache WILL NOT start without the configured ports free!
10:35:12 AM [Apache] You need to uninstall/disable/reconfigure blocking application
10:35:12 AM [Apache] or reconfigure Apache and the Control Panel to listen on a 
different port

Kali ini kita tidak mendapatkan informasi aplikasi apa yang menggunakan port 80. Namun sebenarnya bisa dicari dari keterangan: “with PID 7180”.

PID adalah singkatan dari “process ID”, yakni identitas internal sebuah aplikasi oleh sebuah sistem operasi. Ini mirip dengan nomor KTP dari setiap aplikasi yang sedang berjalan. Oleh karena itu, kita tinggal mencari tahu apa aplikasi yang menggunakan PID 7180. Nomor PID ini kemungkinan besar akan berbeda-beda, tergantung urutan proses yang sedang berjalan.

Untuk mencari tahu nama aplikasi berdasarkan nomot PID, kita bisa menggunakan Task Manager. Silahkan jalankan Task Manager, lalu klik tab Services.

Kolom nomor PID Windows dari task manager

Namun seperti yang terlihat tidak ada aplikasi dengan PID 7180!. Ini karena task manager ‘menyembunyikan’ sebagian besar process yang berjalan di Windows. Sebagai alternatif, kita bisa menggunakan aplikasi Process Explorer yang lebih sakti.

Aplikasi Process Explorer adalah aplikasi gratis yang mirip dengan task manager, namun dengan fitur yang lebih baik. Anda bisa mendapatkannya di alamat https://technet.microsoft.com. Aplikasi Process Explorer berukuran kecil (sekitar 1MB), dan tidak perlu diinstall. Cukup di unzip dan langsung jalankan file procexp.exe.

Kali ini kita bisa mencari dalang pelakunya:

Mencari PID aplikasi menggunakan Process Explorer

Seperti yang terlihat, dengan menggunakan Process Explorer, kita bisa mencari aplikasi ber PID 7180. Yang dalam contoh ini tidak lain adalah aplikasi Apache HTTP Server. Bisa jadi aplikasi yang anda temui akan berbeda.

Untuk menghentikan aplikasi ini, cara yang paling baik adalah mencari folder aplikasi tersebut, dan uninstall. Atau cara paling cepat bisa juga dengan klik kanan nama aplikasi tersebut dan pilih Kill Process. Kemudian coba jalankan kembali XAMPP Control Panel.

Mematikan aplikasi dari Process Explorer

Jika semuanya berjalan lancar, kali ini Apache sudah bisa berjalan menggunakan port 80.


Dalam tutorial kali ini kita telah membahas cara mengatasi error XAMPP karena port 80 telah digunakan oleh aplikasi lain.

Jika cara diatas sudah dijalankan dan masih terdapat error, alternatif solusi berikutnya adalah dengan menukar port apache dan mysql. Mengenai langkah-langkah untuk ini, akan saya bahas pada tutorial terpisah.


Tutorial Terkait:

29 Comments

  1. Andi
    30 Sep 15
  2. teguh
    15 Nov 15
  3. hermannatawa
    10 Dec 15
    • Andre
      11 Dec 15
  4. Satria
    15 Jan 16
    • Andre
      15 Jan 16
  5. Adnan Zaki
    18 Feb 16
    • Andre
      18 Feb 16
      • Adnan Zaki
        19 Feb 16
  6. DET
    05 Apr 16
  7. pengelana
    20 Jun 16
  8. nyaan27
    26 Jun 16
    • Andre
      27 Jun 16
  9. Desman Fiktor P. Gea
    04 Jul 16
    • Andre
      05 Jul 16
  10. rais nur hidayat
    06 Aug 16
    • Andre
      06 Aug 16
  11. rais nur hidayat
    06 Aug 16
  12. Bagus
    05 Oct 16
    • Andre
      05 Oct 16
  13. Anonymous
    06 Nov 16
  14. samidi
    01 Jan 17
    • Andre
      01 Jan 17
  15. Anonymous
    29 Mar 17
    • Anonymous
      29 Mar 17
    • Andre
      30 Mar 17
  16. Anonymous
    29 Mar 17
    • Andre
      30 Mar 17

Add Comment