Tutorial Belajar MySQL Part 9: Cara Menjalankan MySQL Client (mysql.exe)

Pada Tutorial Belajar MySQL: Cara Menjalankan MySQL Client ini kita akan membahas cara koneksi MySQL Client ke MySQL Server melalui DOS Windows. Tentang cara menjalankan MySQL Server sendiri telah kita praktekkan pada Tutorial Belajar MySQL: Cara Menjalankan MySQL Server.


MySQL Server dan MySQL Client

Dalam penerapan sistem sebenarnya, MySQL Server dan MySQL Client biasanya dijalankan pada komputer yang berbeda. Komputer Server berada pada sebuah ruangan tersendiri dan terhubung melalui jaringan dengan beberapa komputer Client. Namun kali ini kita akan menjalankan keduanya di dalam sebuah komputer saja.

Untuk MySQL Server, kita telah menjalankannya baik sebagai service, atau manual dengan mysqld.exe pada Tutorial Belajar MySQL: Cara Menjalankan MySQL Server.

Dengan MySQL server yang telah berjalan, kita akan mengaksesnya menggunakan MySQL Client dari Command Promt Windows (selanjutnya akan kita singkat dengan cmd), menggunakan aplikasi mysql.exe dari folder bin MySQL.

Perhatikan bahwa untuk MySQL Server, ktia menggunakan mysqld.exe, sedangkan untuk MySQL Client,kita menggunakan mysql.exe.


Menjalankan MySQL Client dengan MySQL Client Console

Cara paling cepat untuk memulai MySQL Client adalah dengan mengguanalan MySQL Client Console. Aplikasi ini bisa diakses dari menu Start –> All Program –> MySQL –> MySQL Server 5.6 –> MySQL 5.6 Command Line Client.

Tutorial Cara Menginstall MySQL 5.6 - Menguji Instalasi MySQL

Perhatikan bahwa pada MySQL versi 5.6.21, terdapat 2 buah aplikasi MySQL Client Console, yakni MySQL 5.6 Command Line Client, dan MySQL 5.6 Command Line Client – Unicode. Versi Unicode ditujukan jika anda menggunakan karakter non latin di dalam database, seperti menggunakan huruf jepang, cina, atau korea. Dalam tutorial ini saya menggunakan versi normal, bukan Unicode.

Pada jendela DOS yang terbuka, masukkan password untuk user root, misalnya “qwerty”, lalu tekan Enter. Jika tampilan “Welcome to the MySQL monitor” telah muncul, berarti kita telah berhasil login sebagai root, dan bisa mulai menggunakan MySQL.

Tutorial Cara Menginstall MySQL 5.6 - MySQL Client Berhasil Terhubung

Walaupun menggunakan MySQL Client Console lebih praktis, tetapi kita terikat dengan user root. Bagaimana jika kita ingin menggunakan user lain? untuk hal ini kita akan mempelajari cara mengakses MySQL Client secara manual dari command prompt Windows.


Menjalankan MySQL Client dari cmd Windows (mysql.exe)

Untuk menjalankan MySQL Client secara manual, sama seperti menjalankan MySQL Server secara manual, kita akan mengakses folder instalasi MySQL dari cmd (command prompt) Windows. Dalam contoh ini, file instalasi MySQL saya berada di D:\MySQL 5.6\bin. Jika folder instalasi MySQL di komputer anda berbeda, silahkan lakukan penyesuaian.

Karena kita akan sering mengakses file “D:\MySQL 5.6\bin” dari cmd, maka akan lebih mudah jika kita membuat shortcut untuk langsung masuk ke dalam folder ini dari cmd. Cari aplikasi cmd dari menu Start –> All programs –> Accessories –> Command Prompt. Kemudian klik kanan, pilih Send to, lalu pilih Desktop (create shortcut). Shortcut cmd akan tampak pada desktop.

Membuat shortcut command prompt

Klik kanan shortcut cmd ini, lalu pilih properties. Dari tab Shortcut, cari  input box “Start in”. Ubah isian kotak input ini menjadi “D:\MySQL 5.6\bin”, atau dengan lokasi lain folder bin dari MySQL jika anda menginstallnya bukan di “D:\MySQL 5.6”. Lalu klik OK.

Shortcut cmd di desktop windows

Tutorial Belajar MySQL - Shortcut MySQL Client

Silahkan me-rename shorcut ini menjadi lebih spesifik, Misalnya: “MySQL Folder”, atau “MySQL cmd”. Lalu double klik shorcut. Jika Folder aktif pada cmd telah berubah menjadi “D:\MySQL 5.6\bin”, maka kita telah berhasil membuat shortcut cmd MySQL.


Memulai Koneksi dengan MySQL Server

Jika MySQL Server telah berjalan, baik sebagai service maupun langsung dengan mysqld.exe (Lihat Tutorial MySQL: Cara Menjalankan MySQL Server), kita bisa login ke dalam Server dengan format perintah:

mysql -h host -u user –p_password
  • mysql adalah program MySQL Client yang kita gunakan untuk mengakses server (file aslinya bernama: mysql.exe).
  • –h adalah kode untuk mysql bahwa perintah setelahnya adalah hostHost disini merupakan alamat IP dari komputer server. Karena kita menjalankan MySQL Server pada komputer yang sama dengan MySQL Client, alamat IP dari komputer kita adalah 127.0.0.1, atau sering juga disebut dengan localhost.
  • –u adalah kode untuk mysql bahwa perintah setelahnya adalah inputan nama userUser adalah username pengguna yang akan login ke MySQL server. User ini bisa kita buat sendiri nantinya dengan hak akses masing-masing, namun karena pertama kali digunakan, user yang tersedia adalah root.
  • -p adalah kode untuk mysql bahwa perintah setelahnya adalah password dari user. Inputan password harus langsung digabungkan dengan –p. contohnya, dalam tutorial ini, saya menggunakan password “qwerty” untuk user root. Maka penulisannya menjadi –pqwerty.

Untuk masuk pada localhost sebagai user root dengan password qwerty, perintah nya adalah:

D:\MySQL\bin>mysql -h localhost -u root –pqwerty

Jika tulisan “Welcome to the MySQL monitor” seperti pada gambar sudah keluar, maka kita sukses login sebagai root. Setiap perintah di dalam Client MySQL akan di awali dengan tanda mysql>.

Tutorial Belajar MySQL - Login MySQL Client dengan cmd

Jika anda copy-paste perintah diatas, kadang terjadi error. Silahkan coba lagi dengan mengetik ulang secara manual.

Untuk keluar dari Client, ketik perintah:

mysql> exit

Atau tutup cmd dengan klik tombol close windows pada sudut kanan atas. Koneksi MySQL Client otomatis akan terputus.

Tutorial Belajar MySQL - Keluar MySQL Client dengan cmd

Perintah -h localhost merupakan lokasi dari MySQL Server yang ingin diakses. Apabila MySQL Server berada di komputer lain, kita bisa menggunakan alamat IP server tersebut. Sebagai contoh, seandainya MySQL Server berada di alamat: 10.12.254.14, maka perintahnya menjadi:

D:\MySQL\bin>mysql -h 10.12.254.14 -u root –pqwerty

Localhost adalah penyebutan untuk alamat komputer itu sendiri (bisa juga diganti dengan alamat IP: 127.0.0.1), dan oleh karena itu, perintah –h localhost juga dapat di tiadakan. Sehingga kita dapat masuk dengan perintah:

D:\MySQL\bin>mysql -u root –pqwerty

Jika anda perhatikan, pada pesan “Welcome to the MySQL Monitor” diatas, terdapat baris peringatan: “Warning: Using a password on the command line interface can be insecure.” Hal ini terjadi karena kita menulis password root secara langsung, sehingga dianggap tidak aman. Sebagai solusinya, kita bisa menginput password user root dengan lebih aman menggunakan perintah:

D:\MySQL\bin>mysql -u root –p

Tampilan cmd akan berhenti sesaat untuk menunggu kita menginputkan password:

Enter password:*****

Tutorial Belajar MySQL - Input MySQL Client dengan cmd password

Sedikit tips untuk penggunaan melalui cmd (command prompt), kita dapat mengulang perintah-perintah yang pernah digunakan dengan menekan tombol panah atas pada keyboard.

Setelah menjalankan MySQL Server pada Tutorial Belajar MySQL: Cara Menjalankan MySQL Server, dan masuk sebagai MySQL Client pada Tutorial Belajar MySQL: Cara Menjalankan MySQL Client, saatnya kita mempelajari cara penulisan perintah (query) MySQL pada Tutorial Belajar MySQL: Dasar Penulisan Query MySQL.


Tutorial Terkait:

27 Comments

  1. Anonymous
    19 May 13
    • Duniailkom
      08 Jun 13
  2. dani
    02 Apr 15
  3. Agung
    31 Aug 15
    • Andre
      01 Sep 15
      • peter
        10 Jan 16
        • Andre
          12 Jan 16
  4. Fito
    15 Jun 16
    • Andre
      16 Jun 16
      • Fito
        16 Jun 16
        • Andre
          17 Jun 16
  5. Taufik
    11 Oct 16
    • Andre
      12 Oct 16
  6. Hiruma
    14 Oct 16
    • Andre
      15 Oct 16
  7. hiruma
    15 Oct 16
  8. hiruma
    16 Oct 16
    • Andre
      17 Oct 16
  9. hiruma
    22 Oct 16
  10. Anonymous
    10 Jan 17
    • Andre
      11 Jan 17
  11. Yufan nIco
    23 Feb 17
    • Andre
      24 Feb 17
  12. hari
    27 Feb 17
    • diknaz
      28 Jun 17

Add Comment