Tutorial Belajar WordPress Part 2: Cara Mendownload File WordPress

Setelah membahas Pengertian WordPress dalam tutorial sebelumnya, pada lanjutan tutorial belajar WordPress kali ini kita akan bahas cara mendownload file WordPress.


Perbedaan wordpress.org dan wordpress.com

Website resmi WordPress ada 2, yakni wordpress.org dan wordpress.com. Keduanya sama-sama bagian dari wordpress.

Web wordpress pertama: www.wordpress.org adalah situs CMS WordPress. Disinilah kita bisa mendownload aplikasi WordPress termasuk mencari info tentang dokumentasi, theme, plugin, dan forum tentang WordPress. Ini adalah web wajib jika anda ingin mempelajari WordPress secara mendalam. Kita akan bahas cara penggunaan situs ini beberapa saat lagi.

Web wordpress kedua: www.wordpress.com adalah situs untuk membuat web online gratis dengan WordPress. Jika anda pernah menggunakan blogger.com, hal yang sama juga tersedia untuk wordpress. Di web ini kita bisa membuat website WordPress yang langsung online dengan alamat: nama_anda.wordpress.com.

Web wordpress.com dikelola oleh automattic, perusahaan yang juga berada di belakang CMS wordpress. Kita tinggal mendaftar dan bisa langsung menggunakan wordpress.

Akan tetapi web yang dibuat dengan wordpress.com memiliki banyak batasan sehingga kita tidak bisa menggunakan WordPress secara optimal, kecuali anda memilih opsi berbayar. Boleh di bilang bahwa wordpress.com ini adalah versi komersil dari wordpress.org.

Jadi, web mana yang kita gunakan? Dalam tutorial belajar WordPress ini kita akan menjalankan WordPress secara lokal (offline) di komputer sendiri terlebih dahulu, sehingga yang akan diakses adalah web wordpress.org. Di tutorial terpisah nantinya kita juga akan bahas cara menjalankan web wordpress secara online.


Cara Mendownload File WordPress

Agar kita bisa mengakses WordPress di komputer lokal, perlu menyiapkan 2 hal, yakni file source code WordPress dan aplikasi XAMPP.

Untuk mendapatkan file WordPress, silahkan kunjungi www.wordpress.org. Pada halaman awal terdapat tombol Get WordPress di bagian tengah (1) atau di sudut kanan atas (2). Silahkan klik salah satu tombol ini dan kita akan dibawa ke halaman: https://wordpress.org/download/.

halaman home wordpress

Pada halaman download, scroll sedikit ke bawah lalu klik tombol Download WordPress 6.0.1 pada bagian tengah halaman. Web browser akan mendownload file wordpress-6.0.1.zip yang berukuran sekitar 21,7 MB.

Cara download file wordpress

WordPress sangat sering melakukan update untuk menambah fitur baru atau menutup celah keamanan/bug yang ada. Sehingga kemungkinan besar saat anda membaca tutorial ini, versi WordPress yang digunakan tidak lagi versi 6. Pada dasarnya panduan cara penggunaan WordPress akan tetap sama.

Sebagai alternatif jika mengalami kendala saat proses download atau ingin menggunakan versi yang sama persis dengan tutorial ini, saya sudah menyediakan file WordPress versi 6.0.1 dari link Google Drive berikut: WordPress versi 6.0.1.

File wordpress-6.0.1.zip berisi ratusan file PHP dalam bentuk zip. Untuk bisa menggunakannya, kita harus menempatkan file ini ke dalam web server yang mendukung PHP dan MySQL.

Jika anda memakai web hosting, aplikasi ini sudah langsung tersedia. Akan tetapi karena kita ingin menjalankannya di komputer lokal secara offline, perlu aplikasi khusus seperti XAMPP atau Laragon.


Dalam tutorial belajar WordPress kali ini kita telah selesai menyimpan file WordPress 6. Dalam tutorial selanjutnya, akan masuk ke cara menginstall aplikasi XAMPP untuk mempersiapkan proses instalasi WordPress.

16 Comments

  1. Bunga Asi
    24 Jul 15
    • Andre
      26 Jul 15
      • dens
        23 Aug 15
  2. Andi Ikbal
    06 Dec 15
    • Andre
      06 Dec 15
  3. Riki candra
    07 Dec 15
  4. templates.id
    11 Mar 16
  5. Musyahid Abror
    26 Apr 16
    • Andre
      27 Apr 16
  6. awe
    20 Oct 16
  7. sandy
    02 Dec 16
  8. SELLY HULDAN
    17 Mar 20
    • Andre
      18 Mar 20

Add Comment