Latihan Kode Program Bahasa C: Menghitung Keliling Segitiga

Latihan kode program bahasa C kali ini akan membahas cara menghitung keliling segitiga. Materi ini berhubungan dengan logika matematika dan penggunaan operator aritmatika.


Soal Menghitung Keliling Segitiga

Buatlah kode program dalam bahasa C untuk menghitung keliling segitiga. Kode program butuh 2 input berupa nilai alas dan tinggi segitiga, kemudian menampilkan output keliling segitiga. Agar lebih sederhana, segitiga ini dianggap segitiga siku-siku.

Bonus soal: buat juga dalam bentuk function.

Berikut contoh tampilan akhir yang diinginkan (1):

## Program Bahasa C Menghitung Keliling Segitiga ##
===================================================

Input alas segitiga: 8
Input tinggi segitiga: 12

Panjang sisi miring = 14.42
Keliling segitiga = 34.42

Berikut contoh tampilan akhir yang diinginkan (2):

## Program Bahasa C Menghitung Keliling Segitiga ##
===================================================

Input alas segitiga: 12.25
Input tinggi segitiga: 15.75

Panjang sisi miring = 19.95
Keliling segitiga = 47.95

Silahkan coba sebentar membuat kode program ini.


Tips Membuat Kode Program Menghitung Keliling Segitiga

Soal ini melatih pemahaman terkait logika matematika dan penggunaan operator aritmatika. Berikut tutorial pendahuluan yang bisa diikuti:

Dikutip dari wikipedia, segitiga adalah poligon dengan tiga ujung dan tiga simpul. Ini adalah salah satu bentuk dasar dalam geometri.

Rumus keliling segitiga didapat dari penambahan semua sisinya. Misalkan titik sudut segitiga ada di A, B dan C. Maka kelilingnya adalah total dari AB+BC+CA.

Agar perhitungan keliling sisi segitiga lebih sederhana, kita akan ambil batasan bentuk segitiga siku-siku. Dengan demikian, sisi miring segitiga bisa dihitung menggunakan rumus pitagoras, yakni √(alas2+tinggi2).


Kode Program Bahasa C Menghitung Keliling Segitiga

Berikut salah satu solusi dari soal menghitung keliling segitiga menggunakan bahasa pemrograman C:

#include <stdio.h>
#include <math.h>

int main(void)
{
  printf("## Program Bahasa C Menghitung Keliling Segitiga ## \n");
  printf("=================================================== \n\n");

  float alas, tinggi, sisi_miring, keliling;

  printf("Input alas segitiga: ");
  scanf("%f", &alas);
  printf("Input tinggi segitiga: ");
  scanf("%f", &tinggi);
  printf("\n");

  sisi_miring = sqrt((alas*alas) + (tinggi*tinggi));
  keliling = alas + tinggi + sisi_miring;

  printf("Panjang sisi miring = %.2f \n",sisi_miring);
  printf("Keliling segitiga = %.2f \n",keliling);

  return 0;
}

Latihan Kode Program Bahasa C - Menghitung Keliling Segitiga

Selain header #include <stdio.h>, di awal kode program juga ada perintah #include <math.h>, karena dalam kode ini kita butuh mengakses fungsi sqrt() untuk mencari akar kuadrat.

Di baris 9 terdapat deklarasi variabel alas, tinggi, sisi_miring dan keliling bertipe float. Disini saya menggunakan float agar nilai input dan hasil kode program bisa menampung nilai dalam bentuk pecahan.

User kemudian diminta menginput nilai alas dan tinggi segitiga dengan perintah scanf("%f", &alas) dan scanf("%f", &tinggi)di baris 11-14. Nilai ini dipakai untuk menghitung sisi miring segitiga dengan rumus pitagoras, yang dalam kode program C bisa didapat dari perintah sqrt((alas*alas) + (tinggi*tinggi)). Sedangkan untuk keliling segitiga bisa didapat dengan rumus keliling = alas + tinggi + sisi_miring.

Terakhir, nilai variabel sisi_miring dan keliling segitiga ditampilkan di baris 20-21.

Proses perhitungan keliling segitiga sebenarnya juga bisa langsung dilakukan ke dalam perintah printf, tidak harus ditampung dulu ke variabel keliling. Berikut contoh yang dimaksud:

#include <stdio.h>
#include <math.h>

int main(void)
{
  printf("## Program Bahasa C Menghitung Keliling Segitiga ## \n");
  printf("=================================================== \n\n");

  float alas, tinggi;

  printf("Input alas segitiga: ");
  scanf("%f", &alas);
  printf("Input tinggi segitiga: ");
  scanf("%f", &tinggi);
  printf("\n");

  printf("Keliling segitiga = %.2f \n",
         alas + tinggi + sqrt((alas*alas) + (tinggi*tinggi)));

  return 0;
}

Setelah menerima inputan alas dan tinggi di baris 12 dan 14, di baris 18 perhitungan keliling langsung ditulis ke dalam perintah printf.

Penulisan seperti ini memang lebih singkat. Namun kelemahannya kita harus melakukan perhitungan ulang jika butuh nilai keliling segitiga di tempat lain.


Kode Program C Menghitung Keliling Segitiga (Function)

Untuk soal bonus, yakni membuat kode program menghitung keliling segitiga dalam bentuk function, bisa menggunakan kode berikut:

#include <stdio.h>
#include <math.h>

float hitungKelilingSegitiga(float a, float t) {
  return a + t + sqrt((a*a) + (t*t));
}

int main(void)
{
  printf("## Program Bahasa C Menghitung Keliling Segitiga ## \n");
  printf("=================================================== \n\n");

  float alas, tinggi;

  printf("Input alas segitiga: ");
  scanf("%f", &alas);
  printf("Input tinggi segitiga: ");
  scanf("%f", &tinggi);
  printf("\n");

  printf("Keliling segitiga = %.2f \n",
         hitungKelilingSegitiga(alas, tinggi));

  return 0;
}

Di awal kode program, tepatnya pada baris 4-6, saya mendefinisikan fungsi hitungKelilingSegitiga(). Fungsi ini menerima 2 argument yang disimpan ke dalam parameter a dan t.

Fungsi hitungKelilingSegitiga() hanya berisi 1 perintah yang langsung mengembalikan hasil perhitungan a + t + sqrt((a*a) + (t*t)) di baris 5.

Proses pemanggilan fungsi dilakukan dari dalam perintah printf di baris 21. Nilai panjang dan lebar segitiga yang diinput oleh user, dilewatkan sebagai parameter menjadi hitungKelilingSegitiga(alas, tinggi).


Demikian kode program menghitung keliling segitiga menggunakan bahasa pemrograman C. Semoga tutorial ini bisa bermanfaat.

Add Comment