Latihan kode program Pascal kali ini akan membahas soal untuk membuat persegi bintang. Materi ini melatih logika program, terutama pemahaman terkait konsep perulangan bersarang (nested loop).
Soal Membuat Persegi Bintang
Buatlah kode program dalam bahasa Pascal untuk menampilkan gambar persegi dalam bentuk kumpulan karakter bintang (karakter *
). Kode program butuh satu nilai input, yakni besar persegi yang diinginkan user.
Berikut contoh tampilan akhir yang diinginkan (1) :
## Program Pascal Persegi Bintang ## ====================================== Input besar persegi: 6 * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * *
Berikut contoh tampilan akhir yang diinginkan (2) :
## Program Pascal Persegi Bintang ## ====================================== Input besar persegi: 7 * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * *
Tips Membuat Kode Program Persegi Bintang
Soal ini melatih pemahaman terkait perulangan bersarang (nested loop). Berikut tutorial pendahuluan yang bisa diikuti:
- Pengertian Variabel dalam Bahasa Pascal
- Pengertian Tipe Data Integer Bahasa Pascal
- Perulangan FOR DO Bahasa Pascal
Kita perlu membuat perulangan bersarang atau nested loop untuk memecahkan soal ini. Perulangan luar (outer loop) akan dipakai untuk membuat tinggi persegi, dan perulangan dalam (inner loop) dipakai untuk membuat lebar persegi.
Kode Program Pascal Persegi Bintang
Berikut salah satu solusi dari soal membuat persegi bintang menggunakan bahasa pemrograman Pascal:
program persegi_bintang; uses crt; var besar_persegi,i,j: integer; begin clrscr; writeln('## Program Pascal Persegi Bintang ##'); writeln('======================================'); writeln; write('Input besar persegi: '); readln(besar_persegi); writeln; for i := 1 to besar_persegi do begin for j := 1 to besar_persegi do begin write(' *'); end; writeln; end; readln; end.
Hasil kode program:
Kode program meminta satu inputan yang disimpan ke dalam variabel besar_persegi. Variabel inilah yang nantinya akan menjadi penentu kondisi akhir dari perulangan for.
Proses menampilkan karakter bintang dilakukan oleh perulangan for di baris 15 – 22. Perulangan luar dengan variabel counter i dipakai untuk membuat tinggi persegi. Ini dimulai dari i := 1
hingga besar_persegi
.
Jika pada saat proses input nilai besar_persegi
berisi angka 9, maka perulangan luar akan dijalankan sebanyak 9 kali.
Dalam setiap iterasi, jalankan perulangan dalam serta sebuah perintah writeln
di baris 21. Perintah ini dipakai untuk proses pindah baris.
Perulangan dalam dengan variabel counter j dipakai untuk membuat karakter bintang. Karena kita membuat sebuah persegi, maka proses perulangan juga dilakukan mulai dari j := 1
hingga besar_persegi
.
Dalam setiap iterasi, jalankan perintah write(' *')
. Tanda spasi sebelum karakter bintang dipakai agar kotak persegi kita menjadi lebih rapi.
Latihan soal ini memang cukup sederhana, tapi menjadi dasar dari kode program membuat bentuk bintang lain yang lebih kompleks seperti persegi panjang bintang, segitiga bintang, hingga piramida bintang.