Universitas Terbaik untuk Jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer

Saat ini jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer sudah menjadi salah satu jurusan terfavorit di berbagai Universitas. Passing grade atau tingkat persaingan jurusan ini juga sangat tinggi, biasanya hanya kalah dari jurusan kedokteran.

Namun tidak jarang banyak calon mahasiswa yang masih bingung dalam memilih dan menentukan universitas apa yang sebaiknya dipilih. Dalam artikel kali ini saya akan mencoba merangkum daftar universitas terbaik untuk jurusan teknik informatika dan ilmu komputer di Indonesia.

Secara umum, jurusan teknik informatika dan ilmu komputer tidak terlalu berbeda. Beberapa sumber ada yang berpendapat bahwa ini hanya perbedaan nama. Ilmu Komputer disadur dari istilah Computer Science (banyak di gunakan di Amerika Serikat), sedangkan Teknik Informatika disadur dari Informatics (banyak di gunakan di Eropa).

Untuk pembahasan yang lebih detail, anda bisa lanjut ke: Apa Perbedaan Jurusan Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Teknik Komputer?


Bagaimana Menentukan Universitas Terbaik?

Banyak faktor yang bisa digunakan untuk menentukan universitas yang terbaik, mulai dari fasilitas, kelengkapan lab, jumlah dosen, atau bahkan klaim universitas tersebut di media massa (iklan).

Agar seragam dan tidak memihak, kali saya menggunakan data akreditasi dari pemerintah. Penilaian akreditasi ini diselengarakan oleh Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT). Secara sederhana, akreditasi ini bisa dibilang “tingkat kualitas” dari sebuah jurusan.

Setiap jurusan di Universitas dan Perguruan Tinggi se-Indonesia wajib memiliki nilai akreditasi. Ini dilakukan agar pemerintah bisa melihat universitas mana yang masih “kurang” dan bagaimana cara meningkatkan kualitasnya.


Apa Saja Faktor yang Dinilai dari Akreditasi BAN-PT?

Akreditasi BAN-PT merupakan kumpulan dari berbagai aspek, diantaranya:

  • Visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian. Setiap universitas tentu memiliki visi dan misi masing-masing. Disini dilihat apakah universitas tersebut memang sungguh-sungguh ingin menjadi yang terbaik, dan bagaimana cara mencapainya.
  • Tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu. Hal ini lebih kepada sistem administasi dari jurusan tersebut, apakah sudah rapi, disiplin, dsb.
  • Mahasiswa dan lulusan. Berapa banyak jumlah mahasiswa dan berapa banyak dari lulusan yang telah bekerja atau buka usaha sendiri misalnya startup digital. Semakin banyak yang diterima bekerja tentu semakin bagus. Perusahaan tempat lulusan tersebut juga menjadi poin tembahan, misalnya diterima di perusahaan asing, swasta nasional, atau BUMN. Apakah diterima sebagai karyawan biasa atau karyaman pimpinan (seperti Management Trainee).
  • Sumber daya manusia. Termasuk disini berapa jumlah dosen serta pendidikan dosen, misalnya berapa banyak dosen dengan gelar S-2 (magister), S-3 (doktor), atau professor. Semakin banyak tentu semakin bagus.
  • Pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi. Ini berkaitan dengan fasilitas yang tersedia, misalnya ruangan kelas yang memadai, labor komputer yang cukup, dll.
  • Kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik. Termasuk disini pemilihan mata kuliah, maupun kegiatan ekstra mahasiswa, prestasi dari jurusan tersebut, apakah pernah memang lomba programming, kompetisi coding, robotika, baik tingkat lokal maupun mancanegara.
  • Penelitian dan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat, dan kerja sama. Berkaitan dengan “aktifnya” jurusan tersebut mengadakan seminar, penelitian, seberapa banyak pihak kampus mengadakan sosialisi ke masyarakat sekitar, atau bekerjasama dengan perusahaan.

Dari faktor-faktor yang diuji, cukup beralasan menjadikan akreditasi BAN-PT sebagai patokan bagus tidaknya sebuah jurusan. Nilai akreditasi ini juga bisa anda cek sendiri ke situs resmi BAN-PT, di: http://ban-pt.kemdiknas.go.id/direktori.php.

Tampilan halaman home situs BAN-PT

Di situs ini, kita bisa melihat nilai akreditasi dari semua jurusan di seluruh universitas dan perguruan tinggi yang ada di Indonesia (tidak hanya jurusan teknik infomatika dan ilmu komputer saja).

Nilai akreditasi BAN-PT berupa huruf: A, B, dan C. Akreditasi A merupakan nilai tertinggi.


Universitas Terbaik untuk Jurusan Ilmu Komputer

Dengan menulis “Ilmu Komputer” di kotak pencarian Nama Program Studi, dan hanya tingkat Sarjana (S1), berikut hasil yang saya dapat (klik untuk memperbesar):

Peringkat Akreditasi Jurusan Ilmu Komputer

Terdapat 14 Perguruan Tinggi yang memiliki jurusan S-1 Ilmu Komputer. Dengan menyaratkan nilai akreditasi A, berikut daftar Universitas terbaik untuk jurusan Ilmu Komputer di Indonesia (diurutkan berdasarkan abjad):

  • Institut Pertanian Bogor, Bogor
  • Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
  • Universitas Indonesia, Jakarta
  • Universitas Sumatera Utara, Medan

Dengan demikian, bisa dibilang 4 Perguruan tinggi inilah yang menjadi kampus terbaik untuk jurusan Ilmu Komputer (setidaknya untuk tahun 2016).


Universitas Terbaik untuk Jurusan Teknik Informatika

Dengan menulis “Teknik Informatika” di kotak pencarian Nama Program Studi, dan hanya tingkat Sarjana (S1), berikut hasil yang saya dapat (klik untuk memperbesar):

Peringkat Akreditasi Jurusan Teknik Informatika

Total terdapat 417 Perguruan tinggi yang menggelar jurusan S-1 Teknik Informatika. Dengan menyaratkan nilai akreditasi A, berikut daftar Universitas terbaik untuk jurusan Teknik Informatika di Indonesia (diurutkan berdasarkan abjad):

  • Institut Teknologi Bandung, Bandung
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya
  • Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Yogyakarta
  • Universitas Bina Nusantara, Jakarta
  • Universitas Dian Nuswantoro, Semarang
  • Universitas Esa Unggul Jakarta, Jakarta Barat
  • Universitas Gunadarma, Depok
  • Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta
  • Universitas Kristen Petra, Surabaya
  • Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga
  • Universitas Presiden, Bekasi
  • Universitas Surabaya, Surabaya
  • Universitas Telkom, Bandung

Terdapat 13 kampus yang memiliki nilai akreditasi A untuk jurusan Teknik Informatika

Disclaimer: Nilai akreditasi diatas merupakan hasil saat artikel ini ditulis pada Juni 2016. Nilai akreditasi jurusan selalu diupdate dan diperbaharui setiap beberapa tahun sekali. Bisa jadi kampus yang jurusan ilmu komputernya C, naik menjadi B, dari B ke A. Atau sebaliknya, dari A menjadi C (walaupun ini sangat jarang terjadi).


Pentingkah Penilaian Akreditas ini?

Saya pribadi berpendapat bahwa nilai akreditas ini cukup penting. Jika anda melamar kerja nanti, ada beberapa perusahaan yang berpatokan ke nilai akreditasi. Ada kemungkinan kita sudah tersisih di seleksi administrasi karena akreditrasi jurusan tidak sesuai dengan syarat perusahaan.

Ini juga yang menjadi pertimbangan jika si A memiliki IP 3,9 dari universitas X, tapi yang diterima kerja adalah si B yang memiliki IP 3,2 dari universitas Z. Ini terjadi karena mungkin saja akreditasi jurusan universitas Z lebih tinggi daripada universitas X, walupun IP si A lebih tinggi dari B (terlepas dari hasil nilai lain seperti wawancara, skill, dsb).

Namun seperti yang dibahas sebelumnya, nilai akreditasi merupakan kumpulan dari berbagai aspek. Bisa jadi ada kampus yang sebenarnya layak mendapat “A” tapi karena masih jurusan baru (belum memiliki alumni), dinilai sebagai B.


Jadi, Apakah Saya Harus Memilih Kampus Tersebut?

Jika anda memiliki kemampuan dan kesempatan, tidak ada salahnya memilih (dan memperjuangkan) untuk bisa kuliah di salah satu dari kampus terbaik ini. Namun, keputusan akhir tetap ditangan anda.

Banyak faktor yang mesti dipertimbangkan, misalnya biaya. Umumnya, kampus dengan fasilitas terbaik juga butuh uang kuliah yang mahal. Belum lagi biaya hidup di kota-kota besar seperti Jakarta (uang kost, uang makan, transportasi, dll).

Faktor lainnya adalah izin orang tua. Tidak jarang orang tua melarang anaknya untuk kuliah jauh2, apalagi orangtua yang sudah tinggal sendiri. Restu orang tua bisa menentukan nasib kita. Jadi anda bisa mempertimbangkan hal ini baik-baik.

Kemampuan akademik mungkin jadi faktor yang paling ‘menghalangi’. Anda harus bisa bersaing dengan ribuan calon mahasiswa lain untuk masuk ke kampus-kampus ini. Namun ini bisa diperjuangkan. Selama ada kemauan, silahkan belajar dengan lebih giat agar bisa lulus di ujian seleksi nanti.


Bagaimana Dengan Perguruan Tinggi dan Universitas Lain?

Seperti judul artikel, disini kita membahas tentang “kampus terbaik”. Di luar daftar ini tentu masih banyak universitas lain yang “baik”. Misalnya terdapat 404 kampus lagi yang menyelenggarakan jurusan teknik informatika dengan akreditasi B atau C. Tidak salah juga untuk memilih universitas atau perguruan tinggi tersebut.

Bagus tidaknya sebuah kampus baru setengah dari langkah anda untuk menuju kesuksesan. Faktor yang paling penting adalah seberapa tinggi kemauan anda untuk belajar. Katakanlah nanti bisa masuk ITB, tapi belajar malas-malasan. Tentu hasilnya tidak akan maksimal.

Disisi lain jika belajar dengan sungguh-sungguh dan mencari ilmu dari berbagai sumber lain (seperti situs duniailkom ini, hehe… ) anda bisa lebih hebat dari lulusan universitas favorit.

Jadi, mari berjuang untuk menjadi yang terbaik. Jika saat ini anda sudah kuliah, lanjutkan studi dengan serius, raih IP yang tinggi, tapi jangan lupakan praktek. Kelemahan dari mayoritas sarjana IT adalah kuat di teori tapi tidak bisa praktek.

Jika saat ini anda masih SMA/SMK, belajarlah dengan sungguh-sungguh agar bisa masuk di kampus terbaik untuk jurusan ilmu komputer dan teknik informatika di Indonesia. Semoga bisa bermanfaat :)


Tutorial Terkait:

43 Comments

  1. Ahmad
    27 Jun 16
    • Andre
      27 Jun 16
  2. HDrizal
    27 Jun 16
    • Andre
      27 Jun 16
  3. Iqbal
    27 Jun 16
    • Andre
      28 Jun 16
    • Andre
      27 Jun 16
  4. Andi
    27 Jun 16
    • Andre
      28 Jun 16
  5. Andi Saputra Siahaan
    27 Jun 16
  6. Andi Saputra Siahaan
    27 Jun 16
    • Andre
      28 Jun 16
  7. Mochamad Boval Akmal Putra
    28 Jun 16
  8. Adnan Zaki
    10 Jul 16
    • Andre
      11 Jul 16
      • kang sofa
        21 Jul 16
  9. kang sofa
    21 Jul 16
  10. Deni
    27 Jul 16
    • Andre
      27 Jul 16
      • Sandi Iskandar
        06 Aug 16
        • Andre
          07 Aug 16
  11. nataprawiraf
    23 Sep 16
    • Andre
      24 Sep 16
  12. Taufik
    14 Nov 16
    • Andre
      15 Nov 16
  13. Taufik
    15 Nov 16
  14. Xabi Tortilla
    20 Nov 16
    • Andre
      20 Nov 16
  15. Taufik
    20 Dec 16
    • Andre
      21 Dec 16
      • Taufik
        25 Jan 17
  16. Teddy Marcello
    23 Dec 16
    • Andre
      24 Dec 16
  17. Djamaludin
    28 Dec 16
    • Andre
      28 Dec 16
  18. Anbiya
    25 Feb 17
    • Andre
      26 Feb 17
  19. Belajar Ngeblog
    04 Apr 17
    • Andre
      06 Apr 17
  20. Farid
    05 Apr 17
  21. Farid
    05 Apr 17
    • Andre
      06 Apr 17

Add Comment