Tutorial Text HTML Part 8: Cara Membuat Text HTML Tanpa Format (tag pre dan tag code)

Di dalam HTML, untuk menampilkan text agar bisa tampil dengan spasi dan karakter sesuai aslinya (text tanpa format) kita memerlukan tag khusus, yakni tag <pre>. Jika di dalam tag biasa, HTML akan mengabaikan spasi antar karakter (apabila terdapat lebih dari 1 spasi secara berurutan), text yang berada di dalam tag <pre> akan ditampilkan dengan ‘apa adanya’.

Pada tutorial Text HTML kali ini kita akan membahas tentang Cara Membuat Text HTML Tanpa Format dengan menggunakan tag <pre> dan tag <code>.


Tag <pre> Untuk Membuat Preformatted Text HTML

Tag <pre> adalah singkatan dari Preformatted Text. Sesuai dengan namanya, tag ini digunakan untuk text yang ‘belum’ diformat. Jika text diinput ke dalam tag <pre>, maka HTML akan menampilkan text tersebut sesuai dengan ‘apa adanya’. Text akan ditampilkan sesuai bagaimana text tersebut di buat, termasuk spasi yang ada.

Tag <pre> termasuk ke dalam kelompok block level element, sehingga akan ditampilkan di baris baru, terpisah dari text yang ada sebelum tag ini.

Berikut adalah contoh cara penulisan dan penggunaan tag <pre> di dalam HTML:

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Belajar HTML di Duniailkom</title>
</head>

<body>
<h3>Saya sedang belajar HTML di Duniailkom.com</h3>
<pre>
Spasi di dalam bagian 

ini akan     ditampilkan
 
dengan                  apa        adanya
 
</pre>
</body>

</html>

Contoh Cara Membuat Text Tanpa Format dalam HTML - tag preSeperti yang terlihat, spasi akan tetap ditampilkan sebagaimana yang ditulis. Juga jenis font yang digunakan biasanya font berjenis “monospace” yang memiliki panjang karakter yang sama untuk setiap hurufnya.

Tag <pre> juga sering dipakai untuk membuat contoh program. Seluruh contoh kode program di duniailkom ini ditampilkan di dalam tag <pre>. Tapi kita harus mengkonversi karakter “<” dan “>” menjadi karakter HTML Entity. Lebih lanjut bisa ke: Cara Menampilkan dan Memasukkan Karakter Khusus ke dalam HTML.


Tag <code> untuk Penulisan Kode

Sesuai dengan namanya, tag <code> ditujukan untuk memasukkan kode ke dalam HTML. Umumnya web browser akan menampilkan text yang berada di dalam tag <code> sama dengan jenis font tag <pre>, yakni dengan font monospace, namun dengan perbedaan bahwa tag <code> akan menghapus semua spasi yang lebih dari 1.

Tag <code> termasuk kelompok inline level element, dan mengikuti alur text yang ada.

Berikut adalah contoh cara penulisan dan penggunaan tag <code> di dalam HTML:

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Belajar HTML di Duniailkom</title>
</head>

<body>
<h3>Saya sedang belajar HTML di Duniailkom.com</h3>
<p>HTML adalah singkatan dari 
<code>Hypertext Markup          Language</code></p>
</body>

</html>

Contoh Cara Membuat Text Tanpa Format dalam HTML - tag code
Dari contoh dapat dilihat perbedaan dari tag <pre> dan tag <code>. Tag <pre> bersifat block elemen, sedangkan tag <code> bersifat inline elemen. Tag <pre> akan menampilkan seluruh text tanpa menformat spasi, namun di dalam tag <code>, jika ditemukan karakter spasi dengan jumlah lebih dari 1, maka hanya 1 yang digunakan.

Selain menggunakan tag <pre> dan tag <code>, HTML versi 4.01 memiliki tag <tt> yang akan menghasilkan tampilan yang sama dengan tag <code>. Tag <tt> adalah singkatan dari Teletype, dan akan ditampilkan dengan font “monospace”.

HTML5 menyatakan tag <tt>: deprecated, yang artinya disarankan untuk tidak digunakan, dan kemungkinan tidak akan didukung web browser. Anda mungkin masing menemukan tag ini terutama dalam website lama.


Tutorial Terkait:

7 Comments

  1. penyimak
    22 Oct 15
    • Andre
      23 Oct 15
  2. rio gmg
    12 Feb 16
    • rio gmg
      12 Feb 16
      • Andre
        13 Feb 16
  3. Anton giatmaka
    17 Nov 16
    • Andre
      17 Nov 16

Add Comment