Tutorial PHP MySQL Part 10: Cara Menampilkan Tabel MySQL dengan objek (mysql_fetch_object)

Pemrograman berbasis objek sudah menjadi standar dalam pemrograman modern saat ini, termasuk PHP. Dalam tutorial belajar PHP MySQL kali ini kita akan membahas fungsi mysql_fetch_object yang digunakan untuk menampilkan hasil tabel MySQL sebagai objek.


Penggunaan Objek untuk Menampilkan data MySQL

Fungsi mysql_fetch_row, mysql_fetch_assoc, dan mysql_fetch_array yang telah kita pelajari sebelumnya, menggunakan array untuk menampung hasil query MySQL. Sebagai contoh, untuk menampilkan hasil tabel mahasiswa_ilkom dengan fungsi mysql_fetch_assoc, kita bisa mengaksesnya dengan cara berikut:

$row['nim'], $row['nama'], $row['umur'], $row['tempat_lahir'], dan $row['IPK']

Dengan kata lain, nama kolom berfungsi sebagai “key” dari array $row.

Selain menggunakan array, PHP juga menyediakan fungsi mysql_fetch_object jika kita ingin mengakses hasil query menggunakan notasi objek. Nama kolom akan berfungsi sebagai property dari objek $row. Menggunakan contoh tabel mahasiswa_ilkom ,maka cara mengaksesnya adalah sebagai berikut:

$row->nim, $row->nama, $row->umur, $row->tempat_lahir, dan $row->IPK

Karakter tanda panah (->) digunakan untuk mengakses property dari sebuah objek di dalam PHP.

Mengenai pemrograman berbasis objek di dalam PHP, duniailkom telah membuat tutorial lengkap jika anda ingin mempelajari OOP PHP. Silahkan mengunjungi Tutorial OOP PHP: Pemrograman Berbasis Objek dengan PHP.

Cara Penggunaan Fungsi mysql_fetch_object

Selain perbedaan cara akses diatas, penggunaan fungsi mysql_fetch_object untuk menampilkan tabel MySQL hampir sama dengan fungsi array seperti mysql_fetch_row atau mysql_fetch_array.

Berikut adalah modifikasi kode program yang sebelumnya kita gunakan pada tutorial mysql_fetch_array untuk menampilkan seluruh isi tabel mahasiswa_ilkom:

<?php
//buat koneksi dengan MySQL
$link=mysql_connect('localhost','root','');

//jika koneksi gagal, langsung keluar dari PHP
if (!$link)
{
   die("Koneksi dengan MySQL gagal");
}

//gunakan database universitas
$result=mysql_query('USE universitas');
if (!$result)
{
   die("Database mahasiswa gagal digunakan");
}

//tampilkan tabel mahasiswa_ilkom
$result=mysql_query('SELECT * FROM mahasiswa_ilkom');
while ($row=mysql_fetch_object($result))
{
   echo $row->nim." ".$row->nama." ".$row->umur." ";
   echo $row->tempat_lahir." ".$row->IPK;
   echo "<br />";
}
?>

Jika anda telah mempelajari tutorial mysql_fetch_array di duniailkom sebelumnya, maka kode diatas sangat mirip. Saya hanya mengubah fungsi mysql_fetch_array dengan mysql_fetch_object, lalu melakukan penyesuaian untuk pengaksesan property objek $row.

Pengaksesan dengan objek ini akan lebih lengkap apabila kita menggunakan extension mysqli atau PDO. Kedua metode ini akan kita pelajari dalam tutorial terpisah nantinya.


Menutup cara penggunaan mysql extension (sebelum kita masuk ke mysqli extension), dalam tutorial berikutnya saya akan mencoba mengkombinasikan HTML, CSS, PHP dan MySQL untuk menampilkan data dengan tampilan yang menarik. Selanjutnya dalam Tutorial PHP MySQL: Cara Penyajian Data MySQL dalam bentuk tabel HTML dengan CSS.


Tutorial Terkait:

7 Comments

  1. Pen AlQuran
    05 Dec 14
  2. rendra
    12 Nov 15
  3. ryuuu
    09 May 17
    • Andre
      11 May 17
  4. julian
    02 Jun 17
    • Andre
      05 Jun 17

Add Comment