Tutorial Belajar MySQL Part 7: Folder Instalasi MySQL dan File my.ini

Setelah pada Tutorial Belajar MySQL: Download, Install dan Setingan awal MySQL kita telah menginstall aplikasi MySQL di komputer, pada Tutorial Beajar MySQL: Folder Instalasi MySQL dan File my.ini kita akan melihat “isi” dari folder instalasi MySQL. File-file apa saja yang perlu diketahui dari folder “MySQL“.


Folder Instalasi MySQL

Jika anda mengikuti instalasi MySQL sesuai dengan Tutorial MySQL: Download, Install dan Setingan awal MySQL, maka folder instalasi MySQL akan berada di “D:\MySQL 5.6\”. Namun jika anda menginstal MySQL tanpa merubah lokasi instalasi default, biasanya instalasi MySQL akan berada pada “C:\Program Files\MySQL\MySQL Server 5.6\”.

Di dalam folder instalasi MySQL ini, kita akan mendapati beberapa file dan folder:
Tutorial Belajar MySQL - Folder Instalasi MySQL


Folder bin

Folder bin adalah folder utama yang berisi semua aplikasi MySQL dalam bentuk .exe. Beberapa diantaranya:

  • mysqld: untuk menjalankan MySQL Server.
  • mysql: untuk menjalankan MySQL Client.
  • mysqldump: untuk export file database.
  • mysqladmin: untuk mengkonfigurasi MySQL.

Beberapa aplikasi di dalam folder bin ini akan kita pelajari dalam tutorial MySQL berikutnya. Salah satunya adalah mysqld yang digunakan untuk menjalankan Server MySQL secara manual. Kita akan mengakses aplikasi ini dari command promt (cmd).

Tutorial Belajar MySQL - Folder Instalasi bin MySQL


Folder Data

Folder Data berisi seluruh file database dan tabel yang kita buat di dalam MySQL. Lokasi dan nama folder ini saya buat secara manual pada saat proses instalasi MySQL (Tutorial Belajar MySQL: Download, Install dan Setingan awal MySQL). Folder ini berasal dari setingan bagian Data Directory pada saat instalasi MySQL (Jika anda menggunakan setingan default, maka lokasinya akan berada di: C:\ProgramData\MySQL\MySQL Server 5.6\data)

Setiap database nantinya akan tampil sebagai sebuah folder. Untuk saat ini, hanya ada folder mysql dan performance_schema. Jika anda membuka folder mysql, akan didapati beberapa file. File paling atas, columns_priv, adalah nama salah satu tabel dalam database “mysql”. Setiap tabel nantinya akan memiliki setidaknya 3 file, yaitu : .frm, .MYD, dan .MYI (dalam contoh kita : columns_priv.frm, columns_priv.MYD, dan columns_priv.MYI).

Folder data MySQL : 3 file untuk sebuah 'tabel'

Karena setiap folder mewakili sebuah database, kita juga bisa memindahkan sebuah database “mahasiswa” dengan mengopy folder “mahasiswa” dalam folder data ini, lalu mem-pastekannya kedalam folder yang sama dalam instalasi MySQL di komputer lain. Ini adalah cara tercepat untuk copy database tanpa perlu masuk ke aplikasi MySQL. Namun cara ini hanya dapat dilakukan untuk versi MySQL yang sama. Juga seandainya file dalam folder ini ada yang terhapus, database tersebut juga akan ikut terhapus.

Folder doc

Jika anda memilih menambahkan file dokumentasi MySQL pada saat instalasi, maka di dalam folder ini akan terdapat file manual MySQL. Namun jika anda mengikuti tutorial sebelumnya di duniailkom untuk menginstall MySQL, di dalam folder ini tidak akan ditemukan manual, dan hanya ada 2 file log. Apabila anda ingin melihat dan mempelajari file manual MySQL, bisa mengaksesnya di http://dev.mysql.com/doc/refman/5.6/en/index.html.


Folder include

Folder include berisi beberapa file library pendukung dan settingan fungsi untuk MySQL (manual MySQL menyebutnya sebagai header file). Kita dapat melihat-lihat isi dari file ini dengan aplikasi notepad, atau dengan Notepad++. Sebagian besar library MySQL dibuat dengan bahasa C dan C++.

Tutorial Belajar MySQL - Folder include MySQL


Folder lib

Folder lib juga berisi file-file library MySQL, juga terdapat folder plugin untuk menambahkan fungsi tambahan untuk MySQL.

Tutorial Belajar MySQL - Folder lib MySQL


Folder share

Dalam folder share ini terdapat berbagai folder dengan nama-nama negara. Folder ini berisi file-file untuk mengatur character set dan zona waktu terkait dengan perbedaan negara.

Tutorial Belajar MySQL - Folder share MySQL


File Setingan MySQL: my.ini

Selain folder-folder diatas, dalam folder instalasi MySQL kita juga mendapati file my-default.ini. File ini adalah file template untuk settingan MySQL, dan bukan file my.ini sesungguhnya.

Berbeda dari versi MySQL sebelumnya yang menyertakan banyak file settingan, MySQL 5.6.21 hanya menyertakan 1 file template: my-default.ini. Sebagai perbandingan, berikut adalah template file my.ini versi MySQL 5.5, dimana MySQL menyertakan 7 file template:

Folder MySQL : File Konfigurasi utama, my.ini

Sedangkan pada MySQL 5.6.21, hanya terdapat 1 file .ini: my-default.ini:

Tutorial Belajar MySQL - Folder Instalasi MySQL

Perubahan file setingan ini mulai diterapkan dari MySQL versi 5.6.7

Isi file my-default.ini juga sangat singkat. Untuk menambahkan beberapa konfigurasi seperti folder default, port TCP/IP yang digunakan, default engine database, besar memory yang dialokasikan untuk MySQL, dan berbagai setingan teknis lainnya, kita disarankan untuk mengunjungi manual MySQL di http://dev.mysql.com/doc/refman/5.6/en/server-configuration-defaults.html.

Jadi, jika my-default.ini hanyalah sebagai template, jadi dimanakah setingan aktif MySQL?

Mencari file setingan MySQL yang aktif ternyata cukup rumit. Penjelasan dari manual MySQL, ketika MySQL Server di jalankan, ia akan mencari file my.ini dari 4 tempat. Berikut adalah urutan MySQL dalam mencari file my.ini:

  • C:\WINDOWS\my.ini atau C:\WINDOWS\my.cnf
  • C:\my.ini atau C:\my.cnf
  • INSTALLDIR\my.ini atau INSTALLDIR\my.cnf (INSTALLDIR adalah folder tempat MySQL diinstall)
  • Perintah tambahan –defaults-file.

Silahkan anda lihat folder-folder tersebut untuk mencari file setingan MySQL. Dalam contoh saya, file setingan MySQL terdapat di folder D:\MySQL 5.6\Data\my.ini. File ini berada dalam urutan keempat dari daftar diatas (karena saya tidak menemukan file my.ini pada C:\Windows\my.ini , pada C:\my.ini, dan juga file instalasi MySQL).

Kenapa MySQL menggunakan file my.ini yang terdapat di dalam folder Data? Penjelasan mengenai hal ini akan kita bahas dalam tutorial berikutnya. Pada saat menjalankan MySQL Server secara manual, anda akan melihat bahwa default bawaan MySQL, file my. ini akan berada di dalam folder instalasi Data MySQL.

Tutorial Belajar MySQL - Lokasi file my.ini

Salah satu hal menarik dari isi my.ini, adalah setingan default engine database. Hampir setiap instalasi MySQL untuk versi sebelumnya menggunakan MYISAM sebagai default engine, namun sejak MySQL 5.5, default engine berubah menjadi InnoDB. Lebih jauh tentang MySQL database engine dan perbedaan antara MYISAM dengan InnoDB, akan kita bahas dalam tutorial berikutnya.

Dengan mengetahui isi dari folder instalasi MySQL, saatnya kita mulai jalankan MySQL Server, dalam tutorial selanjutnya, Tutorial Belajar MySQL: Cara Menjalankan MySQL Server


Tutorial Terkait:

36 Comments

  1. user
    27 Feb 15
    • Andre
      28 Feb 15
      • user
        28 Feb 15
        • Andre
          01 Mar 15
    • Habibie Abdurahman
      26 Mar 15
      • Andre
        27 Mar 15
  2. fikri
    14 May 15
    • Andre
      15 May 15
  3. Baehaqi
    01 Jun 15
  4. Baehaqi
    01 Jun 15
    • Andre
      02 Jun 15
  5. marco
    24 Aug 15
  6. marco
    26 Aug 15
    • Andre
      27 Aug 15
  7. sandy
    14 Nov 15
  8. Anonymous
    06 Mar 16
    • Andre
      07 Mar 16
  9. Anonymous
    06 Apr 16
    • Andre
      07 Apr 16
  10. faristian
    08 Apr 16
    • irwansyah
      18 Jul 16
  11. Andre
    26 Apr 16
    • Andre
      26 Apr 16
      • tigor
        21 Sep 16
        • Andre
          21 Sep 16
  12. mukadar
    05 Aug 16
    • Andre
      06 Aug 16
  13. tigor
    21 Sep 16
    • Andre
      21 Sep 16
  14. akbar
    11 Mar 17
    • Andre
      12 Mar 17
  15. suhu
    05 Aug 17
    • Andre
      08 Aug 17
  16. Azis
    30 Oct 17
    • Andre
      30 Oct 17

Add Comment