Tutorial Belajar WordPress Part 7: Mengenal Theme Default WordPress (Twenty Fifteen)

Setelah berhasil menginstall wordpress pada komputer lokal secara offline, dalam lanjutan tutorial belajar wordpress kali ini kita akan berkenalan dengan theme default wordpress: Twenty Fifteen.


Cara Mengakses Situs WordPress (offline)

Untuk mengakses situs wordpress yang baru saja kita install secara offline, silahkan ketik alamat berikut pada web browser: http://localhost/wordpress. Pastikan aplikasi XAMPP telah berjalan, dan anda akan mendapati halaman seperti ini:

Pengertian theme wordpress - Theme Twenty Fifteen

Tampilan situs dengan warna mayoritas putih ini adalah theme default dari wordpress 4.1 ke atas. Apa itu theme?


Pengertian WordPress Theme

Theme (atau tema) di dalam wordpress adalah tampilan luar dari website kita. Ini dapat  diibaratkan sebagai ‘skin’ atau ‘kulit’ website. Dalam aplikasi CMS lain, theme ini dikenal juga dengan sebutan template.

Di dalam wordpress (dan juga aplikasi CMS seperti Joomla, Drupal, dll), theme atau template ini sepenuhnya terpisah dengan ‘isi’ website seperti artikel dan komentar. Kita bisa dengan mudah menukar sebuah theme dengan theme lain, dan tetap mempertahankan isi website. Inilah kelebihan menggunakan aplikasi CMS.

Untuk menukar theme wordpress, caranya sangat mudah, biasanya hanya perlu 2 atau 3 kali klik. Theme wordpress banyak yang gratis, namun ada pula yang berbayar. Salah satu tempat mendownload theme gratis bisa ke situs resmi wordpress di http://wordpress.org/themes. Saya akan membahas cara mengganti wordpress theme dalam tutorial terpisah.


Berkenalan dengan Theme Twenty Fifteen

Tampilan awal WordPress ini merupakan theme default bawaan wordpress versi 4.1 keatas. Theme ini bernama: Twenty Fifteen, atau dalam bahasa indonesia bisa berarti Duaribu Limabelas.

Penamaan theme default wordpress merujuk kepada nama tahun. Karena kita menggunakan versi wordpress yang dirilis pada tahun 2015, maka theme bawaannya bernama twenty fifteen. Jika anda membaca tutorial ini pada tahun 2016, hampir dapat dipastikan, theme bawaan wordpress akan bernama Twenty Sixteen, dan akan memiliki tampilan yang berbeda juga.

Dalam wordpress, tampilan setiap theme sangat berfariasi, mempelajari struktur tampilan sebuah theme adalah hal kedua yang perlu dipelajari setelah wordpress itu sendiri. Tidak jarang sebuah theme datang dengan puluhan bahkan ratusan setingan khusus yang kadang cukup rumit (terutama untuk theme premium yang menawarkan berbagai fitur).

Untungnya, theme twenty fifteen bawaan wordpress ini cukup sederhana. Theme ini lebih ditujukan untuk website bertipe blog. Konten utama hanya terdiri dari 2 bagian, yakni sebuah sidebar di sisi kiri, dan isi website di sebelah kanan.

Untuk mengubah tampilan theme ini, misalnya ingin mengganti warna background dari putih menjadi biru, kita harus mengaksesnya dari halaman administrasi wordpress.

Contoh Tampilan Theme WordPress Twenty Fifteen

Bagian website di sebelah kiri disebut sebagai sidebar. Sidebar berisi konten tambahan seperti menu, link ke artikel, iklan, dll. Di dalam wordpress konten tambahan ini dikenal dengan widget. Setiap theme memiliki jumlah sidebar yang berbeda-beda. Ada yang 1 saja (seperti theme twenty fifteen ini), 2 sidebar (di kiri dan kanan), atau tanpa sidebar sama sekali.

Di bagian tengah ke kanan, terdapat konten utama website. Secara default, ini berisi tampilan artikel (di dalam wordpress di kenal sebagai post) yang disusun berdasarkan kronologis, dimana post terbaru akan muncul di bagian atas.

Theme twenty fifteen ini juga sudah mengikuti perkembangan web design terbaru, seperti design responsive (Responsive Web Design), sehingga tampil sempurna di layar tablet atau smartphone.

Contoh Tampilan Theme WordPress Twenty Fifteen (Responsive)


Semua settingan terkait theme bisa diatur dari halaman admin. Dalam tutorial berikutnya, kita akan membahas cara mengakses halaman admin wordpress.


Tutorial Terkait:

26 Comments

  1. kuncrit
    24 Nov 15
    • Andre
      24 Nov 15
  2. Andi Ikbal
    06 Dec 15
  3. Anita
    10 Dec 15
  4. Erdin
    26 Dec 15
  5. arif ong
    03 Feb 16
    • Andre
      05 Feb 16
  6. Kiki
    20 Feb 16
    • Andre
      20 Feb 16
      • Kiki
        21 Feb 16
  7. sumardi
    23 Feb 16
    • Andre
      23 Feb 16
  8. wahyu
    28 May 16
    • Andre
      29 May 16
    • Andre
      18 Jun 16
  9. Hendro
    11 Sep 16
    • Andre
      11 Sep 16
  10. Pojok Informasi
    08 Apr 17
    • Andre
      08 Apr 17
  11. Bisa Komputer
    22 Jul 17
    • Andre
      24 Jul 17
  12. anggoro puguh
    28 Oct 17
    • Andre
      29 Oct 17
  13. Alam
    06 Nov 17
    • Andre
      07 Nov 17

Add Comment