Tutorial Belajar WordPress Part 5: Memindahkan File Instalasi WordPress ke htdocs XAMPP

Agar dapat diakses secara lokal, file wordpress yang telah kita download sebelumnya harus dipindahkan kedalam folder khusus XAMPP: htdocs. Dalam tutorial belajar wordpress kali ini, kita akan membahasnya langkah-langkahnya.


WordPress adalah kumpulan file PHP

WordPress sebenarnya hanyalah kumpulan halaman-halaman PHP yang disatukan kedalam sebuah folder. Jika anda mengikuti tutorial belajar wordpress di duniaikom ini dari awal, pada tutorial Cara Mendownload Aplikasi WordPress kita telah mendownload file wordpress dalam bentuk zip. Dalam contoh ini, file yang saya gunakan adalah wordpress-4.1.zip.

Silahkan buka file zip ini menggunakan aplikasi kompresi file seperti Winzip, Winrar, maupun Windows Explorer.

Cara Menginstall WordPress - Extract File WordPress

Di dalam file ini, kita akan mendapati sebuah folder dengan nama wordpress. Folder inilah yang berisi seluruh file-file PHP yang membentuk wordpress. Di dalam folder wordpress terdapat lebih dari 1100-an file PHP dan berbagai folder internal yang membentuk wordpress. Mengenai fungsi-fungsi folder ini akan kita bahas dalam tutorial lainnya.


Memindahkan wordpress kedalam XAMPP

File-file wordpress tersebut harus dipindahkan ke dalam folder XAMPP agar bisa diakses. Folder XAMPP yang dimaksud adalah folder khusus yang bernama: htdocs. Folder ini berada di dalam folder induk XAMPP. Jika anda mengikuti tutorial cara menginstall XAMPP sebelumnya, folder htdocs akan berada di D:\xampp_5.6.3\htdocs.

Folder htdocs adalah folder khusus di dalam XAMPP untuk menampung seluruh file HTML, CSS, JavaScript, dan juga PHP agar bisa diakses melalui web browser.

Pidahkan folder wordpress kita sebelumnya ke dalam folder htdocs ini. Pastikan yang dipindah adalah folder wordpress, bukan file wordpress-4.1.zip.

Cara Menginstall WordPress - Pindahkan folder wordpress ke htdocs XAMPP

Setelah seluruh isi folder wordpress dipindah ke htdocs, kita bisa memulai proses instalasi wordpress pada tutorial belajar wordpress selanjutnya: Cara Menginstall WordPress Offline dengan XAMPP.


Tutorial Terkait:

8 Comments

  1. akuadalahmanusiatengkorak
    17 Jun 16
    • Andre
      18 Jun 16
      • akuadalahmanusiatengkorak
        27 Jun 16
  2. tyo
    26 Aug 16
    • Andre
      26 Aug 16
  3. Satria
    26 Feb 17
    • Andre
      26 Feb 17
  4. Yanuar
    04 Jun 17

Add Comment