Tutorial Belajar Pascal Part 14: Pengertian dan Cara Penggunaan Tipe Data Char Pascal

Melanjutkan tutorial belajar bahasa pemrograman pascal di duniailkom, kali ini kita akan membahas tentang pengertian dan cara penggunaan tipe data char di dalam pascal.


Pengertian Tipe Data Char di Pascal

Tipe data Char adalah tipe data yang hanya bisa diisi dengan 1 karakter saja. Karakter ini harus ditulis diantara tanda kutip. Karena hanya bisa diisi dengan 1 karakter saja, tipe data char hanya membutuhkan 1 byte memory (1 byte = 8 bit).

Selain itu, variabel bertipe data char juga bisa diisi dengan urutan karakter ASCII. Ini akan lebih mudah dijelaskan dengan menggunakan contoh kode program.

Di dalam compiler FreePascal, selain tipe data Char, didukung juga tipe data AnsiChar dan WideChar.


Cara Penggunaan Tipe Data Char Pascal

Sesuai dengan pengertian sebelumnya, variabel bertipe data char hanya bisa diisi dengan 1 karakter yang ditulis diantara tanda kutip. Berikut contohnya:

program tipe_char;
uses crt;
var
  a:char;
begin
  clrscr;
  a:='A';
  writeln('a: ',a);
 
  a:='9';
  writeln('a: ',a);
 
  a:='x';
  writeln('a: ',a);
  readln;
end.

Tampilan kode program pascal untuk tipe data charDalam contoh diatas, saya mendefenisikan variabel a dengan tipe data char, sehingga kita bisa mengisinya dengan 1 karakter saja.

Yang perlu diperhatikan, penulisan angka untuk tipe data char juga harus menggunakan tanda kutip. Karakter ‘9’ tidak boleh ditulis sebagai 9 (tanpa tanda kutip), karena jika tanpa tanda kutip, ini adalah tipe data integer!. Berikut contohnya:

program tipe_char;
uses crt;
var
  a:char;
begin
  clrscr;
 
  a:=9;
  writeln('a: ',a);
  readln;
end.

Jika anda menjalankan kode diatas, akan tampil pesan Error: Incompatible types: got “ShortInt” expected “Char”. Oleh karena itu kita harus ingat untuk menambahkan tanda kutip ini.


Membuat Karakter Char Berdasarkan Nomor ASCII

Selain menulis karakter secara langsung, tipe data char juga mendukung penulisan karakter berdasarkan nomor urut tabel ASCII.

Karakter ASCII (American Standard Code for Information Interchange) adalah 256 karakter dasar yang digunakan secara internal oleh komputer. Selain programmer, sangat jarang anda akan berurusan dengan karakter ASCII ini, walaupun sebenarnya ia ada di setiap komputer.

Sebagaimana yang kita tahu, komputer hanya beroperasi berdasarkan 2 kondisi: hidup dan mati, atau on dan off. Selanjutnya kondisi off dan on dari ratusan juta transistor di dalam komputer direpresentasikan dengan angka biner: 0 dan 1.

Agar sebuah komputer bisa ‘mengingat’ karakter, misalnya huruf ‘A’, kita perlu membuat aturan bagaimana ‘A’ ini disimpan sebagai angka biner.

Salah satu standar ini adalah tabel  karakter ASCII, dimana huruf ‘A’ disimpan dengan nilai biner: 01000001, yang dalam bentuk desimal (basis 10) dikonversi menjadi angka 65. Oleh karena itu, karakter ‘A’ berada pada urutan ke 65 dari tabel karakter ASCII. Daftar lengkap tabel ASCII ini bisa anda lihat di www.ascii-code.com.

Kembali ke pembahasan tentang tipe data char di pascal, kita bisa menginput karakter berdasarkan no urut tabel ASCII ini. Caranya, dengan menambahkan tanda pagar “#” sebelum angka no urut.

Sebagai contoh, karakter ‘A’ yang mimiliki nilai ASCII: 65 bisa ditulis sebagai berikut:

a:=#65;

Berikut contoh lengkap kode programnya:

program tipe_char;
uses crt;
var
  a:char;
begin
  clrscr;
  a:=#65;
  writeln('a: ',a);
 
  a:=#57;
  writeln('a: ',a);
 
  a:=#137;
  writeln('a: ',a);
  readln;
end.

Tampilan kode program pascal untuk tipe data char

Silahkan anda samakan urutan tabel ASCII untuk nilai ‘65’, ‘57’ dan ‘137’. Hasilnya sama dengan karakter ‘A’, ‘9’ dan tanda permil (per million).


Dalam tutorial belajar pascal kali ini kita telah membahas tipe data char yang bisa digunakan untuk menyimpan sebuah karakter. Jika anda ingin menyimpan banyak karakter, atau kumpulan karakter, harus menggunakan tipe data string, yang akan kita pelajari pada tutorial selanjutnya.


Tutorial Terkait:

7 Comments

  1. Wahyudi
    18 Jul 16
    • Andre
      19 Jul 16
  2. Chamzah
    01 Dec 16
    • Andre
      03 Dec 16
  3. Gifar alfaqih
    09 May 17
    • Andre
      11 May 17
  4. Yudha Ksatria Putra
    14 May 17

Add Comment