Tutorial Belajar JavaScript Part 19: Mengenal Tipe Data Boolean di dalam JavaScript

Tipe data berikutnya di dalam JavaScript yang akan kita bahas adalah tipe data boolean. Dalam tutorial kali ini, kita akan membahas tentang Pengertian Tipe Data Boolean dan bagaimana cara penggunaan tipe data Boolean di dalam JavaScript.


Pengertian Tipe Data Boolean dalam JavaScript

Tipe data Boolean adalah tipe data yang hanya mempunyai dua nilai, yakni benar (True) atau salah (False). Tipe data boolean sering digunakan untuk membuat alur logika program. Struktur logika seperti if, else, while, dan do while, membutuhkan nilai boolean sebagai ‘pengontrol’ alur program.

Tipe data boolean juga merupakan hasil yang didapat dari operasi perbandingan. Misalkan apakah variabel a sama dengan b, atau apakah a lebih besar dari b.


Cara Mendefenisikan Tipe Data Boolean

Untuk membuat tipe data boolean di dalam JavaScript, kita cukup memberikan nilai true, atau false ke dalam sebuah variabel. Berikut adalah contoh pembuatan tipe data boolean di dalam JavaScript:

<script>
var a = true;
var benar = true;
var salah = false;
</script>

Konversi Tipe Data Menjadi Boolean

Di dalam JavaScript, sebuah tipe data akan ‘berubah’ sifatnya tergantung kapan tipe data itu digunakan. Misalkan kita membuat variabel a = 12. Variabel a dalam contoh ini akan menjadi tipe data number. Namun jika digunakan di dalam struktir logika seperti if (a), maka a akan ‘bersifat’ menjadi boolean dengan nilai true.

Aturan konversi tipe data menjadi boolean ini sering menjadi sumber ‘error’ jika tidak dipahami. Di dalam JavaScript, terdapat 6 nilai yang akan menghasilkan boolean false, atau disebut juga dengan falsy value.

Nilai-nilai berikut ini akan dianggap false di dalam JavaScript:

  • 0
  • -0
  • NaN
  • “” (string kosong)
  • undefined
  • null

Selain nilai yang dicantumkan diatas, nilai lain akan dianggap sebagai true di dalam JavaScript, termasuk array dan objekkosong’.


Method untuk Objek Boolean

Sama seperti tipe data number dan string, tipe data boolean juga memiliki method atau fungsi yang bisa ‘dipanggil’. Namun tidak seperti tipe data number dan string yang memiliki banyak method, tipe data boolean hanya memiliki 2 buah method, yakni toString() dan valueOf().

Method toString() akan menkonversi nilai boolean menjadi string. Nilai boolean true akan menjadi “true”, dan nilai boolean false akan menjadi “false”.

Method valueOf() akan menghasilkan nilai ‘primitif’ dari boolean, kita akan jarang memanggil method ini, namun jika digunakan akan menghasilkan nilai yang sama dengan method toString().

Berikut adalah contoh penggunaannya:

<script>
var a = true;
var b = false;
 
console.log(a.toString()); // true
console.log(b.toString()); // false
 
console.log(a.valueOf()); // true
console.log(b.valueOf()); // false
</script>

Dalam tutorial kali ini, kita telah membahas tentang pengertian tipe data boolean, cara penggunaan tipe data boolean, nilai boolean hasil konversi dari tipe data lain, serta method objek boolean di dalam JavaScript. Dalam tutorial berikutnya, masih berkaitan dengan tipe data boolean, kita akan membahas tentang operasi perbandingan dan operasi logika didalam JavaScript.


eBook JavaScript Uncover Duniailkom
JavaScript sudah menjadi fitur wajib di setiap website modern. Duniailkom telah menyusun eBook JavaScript Uncover yang membahas JavaScript dengan lebih detail dan lebih lengkap, mulai dari dasar hingga konsep DOM, Event dan AJAX. Penjelasan lebih lanjut bisa ke eBook JavaScript Uncover Duniailkom.

Tutorial Terkait:

One Response

  1. zorro
    01 May 15

Add Comment