Tutorial Belajar JavaScript Part 15: Mengenal Konstanta Objek Angka (Number) dalam JavaScript

Di dalam tutorial ini kita akan mempelajari jenis-jenis Konstanta Objek Angka (Number) di dalam JavaScript.


Konstanta Objek Number dalam JavaScript

Selain memiliki method atau fungsi, objek number di dalam JavaScript juga memiliki beberapa konstanta (constant) yang bisa digunakan untuk proses matematika. Konstanta ini berisi beberapa nilai yang bisa digunakan dalam perhitungan matematis dan proses logika program.

Jika anda pernah menggunakan bahasa pemograman berbasis objek, istilah konstanta dalam JavaScript ini lebih tepatnya disebut dengan read-only property.

Namun berbeda dengan method yang kita bahas sebelumnya, konstanta ini melekat kepada objek Number, bukan variabelnya dan dipanggil dengan menuliskan Number.nama_konstanta.

Berikut adalah beberapa konstanta untuk objek Number di dalam JavaScript:

  • Number.MAX_VALUE: Konstanta ini menyimpan angka tertinggi yang bisa ditampung di dalam JavaScript. Nilainya adalah 1.79E+308, atau 1.79 x 10^308.
  • Number.MIN_VALUE: Konstanta ini menyimpan angka terkecil yang bisa ditampung di dalam JavaScript. Nilai tersebut bukan nilai paling negatif, tetapi nilai yang hampir mendekati 0. Nilainya adalah 5E-324 atau 5 x 10^-324.
  • Number.NaN: Konstanta ini menyimpan nilai khusus NaN, singkatan Not a Number. Nilai ini biasanya dihasilkan dari beberapa perhitungan yang ‘tidak biasa’ seperti hasil 0/0. NaN sudah kita bahas pada tutorial sebelumnya: Pengertian Hasil Operasi Matematis NaN dan Infinity.
  • Number.NEGATIVE_INFINITY: Konstanta ini menyimpan nilai khusus Negatif Infinity. Negatif Infinity adalah nilai khusus yang di dapat jika membuat sebuah angka yang lebih negatif dari nilai maksimum yang bisa ditampung di dalam JavaScript, yakni lebih negatif dari –Number.MAX_VALUE, dan biasa di kenal dengan istilah overflow.
  • Number.POSITIVE_INFINITY: Konstanta ini menyimpan nilai khusus Positif Infinity. Positif Infinity adalah nilai khusus yang di dapat jika membuat sebuah angka yang lebih besar dari nilai maksimum yang bisa ditampung di dalam JavaScript, yakni lebih besar dari Number.MAX_VALUE.

Berikut adalah contoh kode program JavaScript untuk penggunaan konstanta Number:

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<meta http-equiv="Content-Type" content="text/html; charset=UTF-8" />
<title>Belajar JavaScript</title>
 
<script>
   a = Number.MAX_VALUE;
   console.log(a);                // hasil: 1.7976931348623157e+308 

   b = Number.MIN_VALUE;
   console.log(b);                // hasil: 5e-324 

   c = Number.NaN;
   console.log(c);                // hasil: NaN 

   d = Number.POSITIVE_INFINITY;
   console.log(d);                // hasil: Infinity 

   e = Number.NEGATIVE_INFINITY;
   console.log(e);                // hasil: -Infinity  
  
f = 1/0;
console.log ( d == f );           // hasil: true
</script>
 
</head>
<body>
<h1>Belajar JavaScript</h1>
<p> Saya sedang belajar Konstanta Number JavaScript di duniailkom.com </p>
</div>
</body>
</html>

Contoh Penggunaan Property atau Konstanta Objek Number dalam JavaScriptDi dalam baris terakhir contoh program, saya menguji apakah hasil 1/0 sama dengan Number.POSITIVE_INFINITY.

Di dalam tutorial kali ini kita telah membahas konstanta dari tipe data angka (Number) di dalam JavaScript. Untuk perhitungan matematis yang lebih kompleks, JavaScript masih menyediakan 1 ‘senjata’ lainnya, yakni menggunakan objek Math beserta konstanta dan methodnya. Kita akan membahas ini pada tutorial JavaScript berikutnya, dalam: Mengenal Konstanta dan Method (fungsi) dari Objek Math.


eBook JavaScript Uncover Duniailkom
JavaScript sudah menjadi fitur wajib di setiap website modern. Duniailkom telah menyusun eBook JavaScript Uncover yang membahas JavaScript dengan lebih detail dan lebih lengkap, mulai dari dasar hingga konsep DOM, Event dan AJAX. Penjelasan lebih lanjut bisa ke eBook JavaScript Uncover Duniailkom.

Tutorial Terkait:

Add Comment