Tutorial Belajar JavaScript Part 26: Cara Penulisan Struktur Perulangan WHILE dan DO WHILE

Struktur perulangan selanjutnya yang akan kita bahas adalah perulangan WHILE dan DO WHILE. Dalam tutorial kali ini kita akan mempelajari Cara Penulisan Struktur Perulangan WHILE dan DO WHILE dalam JavaScript.


Cara Penulisan Struktur Perulangan WHILE

Cara penulisan perulangan WHILE mirip dengan stuktur logika IF, yakni kondisi perulangan akan diperiksa di awal. Jika kondisi bernilai TRUE, maka perulangan akan terus dilakukan sampai dengan nilai kondisi bernilai FALSE.

Berikut adalah penulisan dasar perulangan WHILE:

while (kondisi)
{
   //kode program
   counter
}

Kondisi akan selalu diperiksa pada setiap perulangan, dan kita bisa ‘mengendalikan’ kondisi ini pada bagian counter di dalam perulangan.

Berikut adalah contoh kode program untuk perulangan WHILE di dalam JavaScript:

<script>
var i=0;
while (i<10)
{
   console.log("Saya sedang belajar JavaScript");
   i++;
}
</script>

Dengan mengubah perintah di dalam counter, kita bisa melakukan perulangan mundur seperti contoh kita pada tutorial perulangan FOR:

<script>
var i=10;
while (i>0)
{
   console.log("Anak Ayam Turun "+i);
   i--;
}
</script>

Satu hal kunci yang membedakan struktur WHILE dengan FOR, adalah di dalam perulangan FOR kondisi akhir perulangan harus sudah diketahui pada awal program. Namun dalam perulangan WHILE, kita bisa membuat perulangan yang nilai akhir atau kondisinya belum diketahui pada saat perulangan dimulai.


Cara Penulisan Struktur Perulangan DO WHILE

Struktur perulangan DO WHILE sebenarnya adalah bentuk lain dari perulangan WHILE. Perbedaan keduanya terletak pada posisi pengecekan kondisi. Apabila dalam perulangan WHILE kondisi di cek pada awal perulangan, pada perulangan DO WHILE, kondisi perulangan di cek pada akhir perulangan.

Berikut adalah contoh kode program untuk perulangan DO WHILE di dalam JavaScript:

<script>
var i=1;
do
{
   console.log("Saya sedang belajar JavaScript");
   i++;
}
while (i<=10)
</script>

Dampak dari proses pemeriksaan kondisi di akhir perulangan ini adalah, perulangan akan dikerjakan setidaknya 1 kali, walaupun kondisi perulangan tidak dipenuhi atau menghasilkan nilai FALSE, perhatikan contoh berikut ini:

<script>
var i=100;
do
{
   console.log("Saya sedang belajar JavaScript");
   i++;
}
while (i<=10)
</script>

Hasil akhir dari kode tersebut adalah kalimat “Saya sedang belajar JavaScript” akan tetap ditampilkan meskipun kondisi perulangan sebenarnya tidak terpenuhi.

Struktur perulangan FOR, WHILE dan DO WHILE adalah struktur perulangan umum yang ada hampir dalam semua bahasa pemograman lain. Namun JavaScript memiliki 1 struktur perulangan lain, yakni perulangan FOR IN. Perulangan FOR IN di dalam JavaScript akan kita bahas dalam tutorial selanjutnya.


eBook JavaScript Uncover Duniailkom
JavaScript sudah menjadi fitur wajib di setiap website modern. Duniailkom telah menyusun eBook JavaScript Uncover yang membahas JavaScript dengan lebih detail dan lebih lengkap, mulai dari dasar hingga konsep DOM, Event dan AJAX. Penjelasan lebih lanjut bisa ke eBook JavaScript Uncover Duniailkom.

Tutorial Terkait:

One Response

  1. Saepudin
    05 Jun 15

Add Comment