Tutorial Belajar JavaScript Part 25: Cara Penulisan Struktur Perulangan FOR dalam JavaScript

Setelah membahas stuktur logika IF dan SWITCH, dalam tutorial kali ini kita akan masuk ke dalam stuktur perulangan FOR atau FOR loop di dalam JavaScript.


Pengertian Struktur Perulangan FOR

Struktur perulangan di dalam bahasa pemograman di gunakan untuk mengulang perintah program. Terdapat beberapa struktur perulangan yang didukung oleh JavaScript, dan struktur perulangan pertama yang akan kita bahas adalah struktur perulangan FOR.

Jika anda telah mempelajari bahasa pemograman lain sebelumnya, perulangan for ini akan terasa familiar. Bagi yang baru mempelajari JavaScript, jangan khawatir, kita akan mempelajarinya melalui contoh-contoh program sederhana.

Struktur perulangan for, biasanya membutuhkan 4 perintah, yaitu:

  • Kondisi awal perulangan
  • Kondisi akhir perulangan
  • Baris program yang akan diulang
  • Increment / kenaikkan dalam setiap perulangan

Berikut adalah format dasar yang digunakan dalam struktur for:

for (kondisi_awal, kondisi_akhir, increment)
    //baris program yang akan diulang

Agar lebih mudah dipahami, kita akan mulai menggunakan kode program sederhana.


Cara Penulisan Struktur Perulangan FOR

Katakan kita ingin menampilkan kalimat “Saya sedang belajar JavaScript” sebanyak 10 kali, berikut adalah contoh kode programnya:

<script>
var i;
for (i=1;i<=10;i=i+1)
   console.log("Saya sedang belajar JavaScript");
</script>

Contoh Cara Penggunaan Perulangan For JavaScript 1Pada baris pertama program, saya mendeklarasikan variabel a dengan perintah var i. Variabel i ini adalah counter, atau penghitung untuk proses perulangan.

Baris for (i=1;i<=10;i=i+1), berarti: lakukan perulangan for, dimulai dari i = 1, lalukan perulangan selama i<=10, dan naikkan nilai i sebanyak 1 angka pada tiap perulangan (i=i+1).

Didalam kode program, kita juga bisa mengakses nilai dari variabel i, seperti kode berikut ini:

<script>
var i;
for (i=1;i<=10;i++)
    console.log(i + ". Saya sedang belajar JavaScript");
</script>

Contoh Cara Penggunaan Perulangan For JavaScript 2Karena nilai i akan terus menaik, nilai i dalam blok perulangan juga akan naik. Penulisan i++ adalah sama dengan i=i+1.

Dengan mengubah 3 kondisi ini (nilai awal, nilai akhir, dan increment) kita bisa dengan mudah mengatur perulangan yang terjadi, bahkan bernilai mundur seperti contoh berikut ini:

<script>
var i;
for (i=10;i>0;i--)
   console.log("Anak Ayam Turun "+i);
</script>

Contoh Cara Penggunaan Perulangan For JavaScript 3Jika baris yang akan diulang terdiri dari 2 baris atau lebih maka kita harus menggunakan tanda kurung kurawal untuk menandari awal dan akhir blok for, seperti berikut ini:

<script>
var i;
for (i=10;i>0;i--)
{
   console.log("Anak Ayam Turun")
   console.log(i);
}
</script>

Untuk program yang lebih rumit, kita bisa menggunakan nested loop, atau loop bersarang, yakni konsep penggunaan perulangan for di dalam perulangan for.

Pada tutorial kali ini, kita telah membahas tentang perulangan FOR, dalam tutorial JavaScript berikutnya, kita akan mempelajari tentang perulangan WHILE dalam JavaScript.


eBook JavaScript Uncover Duniailkom
JavaScript sudah menjadi fitur wajib di setiap website modern. Duniailkom telah menyusun eBook JavaScript Uncover yang membahas JavaScript dengan lebih detail dan lebih lengkap, mulai dari dasar hingga konsep DOM, Event dan AJAX. Penjelasan lebih lanjut bisa ke eBook JavaScript Uncover Duniailkom.

Tutorial Terkait:

Add Comment