Tutorial Belajar HTML5 Part 2: Perbedaan antara HTML5 dengan HTML 5

Setelah membahas perbedaan HTML5 dengan versi HTML sebelumnya, dalam lanjutan tutorial belajar HTML5 kali ini kita akan membahas tentang sesuatu yang kedengarannya sepele, yakni perbedaan antara HTML5 dengan HTML 5.


HTML5 vs HTML 5

Ya, judul tutorial ini tidaklah salah ketik. HTML5 dan HTML 5 adalah hal yang berbeda (perhatikan tanda spasi pemisah antara HTML dengan angka 5).

Perbedaan penulisan ini muncul karena terdapat 2 badan yang pada awalnya mengembangkan kelanjutan HTML. Yakni W3C (World Wide Web Consortium) dan WHATWG (Web Hypertext Application Technology Working Group).

W3C sebagai badan pembuat standarisasi HTML, tidak melanjutkan pengembangan HTML sejak HTML 4.01. W3C lebih memilih mengembangkan XHTML sebagai masa depan HTML. Namun karena XHTML ‘berhenti’ pada versi XHTML 2.0 dan tidak kunjung rampung, beberapa programmer web membuat badan independen yang disebut dengan WHATWG.

WHATWG dibentuk bukan sebagai pesaing W3C, tetapi sebagai organisasi lepas yang ingin membuat draft kelanjutan HTML 4.01 untuk selanjutnya diserahkan kepada W3C. WHATWG melakukan voting dan sepakat menamainya dengan HTML5 (tanpa spasi).

W3C menyadari bahwa XHTML 2.0 yang mereka kembangkan mengalami jalan buntu. Karena melihat banyak web browser sudah beralih menggunakan fitur HTML5 yang dikembangkan WHATWG, W3C kemudian membentuk HTML Working Group untuk mengikuti perkembangan HTML5. Versi kelanjutan HTML dari W3C ini disebut HTML 5 (dengan spasi !).


Kesepakatan akhir: HTML5

Sejak saat itu, terdapat 2 versi penulisan HTML, yakni HTML5 dan HTML 5. Perbedaan ini menjadi perbincangan menarik, bahkan di situs resmi WHATWG juga membahas tentang hal ini: https://blog.whatwg.org/spelling-html5.

Namun pada akhir cerita, kedua badan ini sepakat menamai versi HTML terakhir dengan HTML5 (tanpa spasi). Jadi, jika anda ingin menulis HTML versi terbaru, hati-hati dengan spasi :)

Dalam tutorial belajar HTML5 berikutnya, kita akan membahas tentang aturan penulisan DOCTYPE pada HTML5.


eBook HTML Uncover Duniailkom
Anda serius ingin menguasai HTML? Duniailkom telah menyusun eBook HTML Uncover. eBook ini membahas HTML dengan lebih detail dan lebih lengkap hingga fitur terbaru HTML5. Penjelasan lebih lanjut bisa ke: eBook HTML Uncover Duniailkom.

Tutorial Terkait:

Add Comment