Bagi kebanyakan mahasiswa ilmu komputer / teknik informatika, besar kemungkinan bahwa Pascal adalah bahasa pemrograman pertama yang anda pelajari. Pascal memiliki aturan pemrograman terstruktur sehingga cocok digunakan untuk mempelajari algoritma dan pemrograman komputer, terutama untuk pemula. Pascal juga bahasa pemrograman yang digunakan dalam Olimpiade Sains Nasional bidang komputer.

Jika anda ingin mempelajari algoritma dan pemrograman komputer dari dasar, maka Pascal adalah bahasa pemrograman yang tepat. Setelah menguasai struktur dan aturan penulisan Pascal, anda bisa lanjut mempelajari bahasa pemrograman lain seperti C, C++, C# atau Java.

Oleh karena itu, duniailkom ingin menyajikan tutorial belajar bahasa pemrograman pascal yang ditujukan bagi pemula. Dalam halaman ini, kami meng-index seluruh tutorial dan artikel Pascal di duniailkom:


Pengertian dan Sejarah Bahasa Pemrograman Pascal

Untuk tutorial awal belajar pascal, kita akan berkenalan dengan bahasa pemrograman pascal, mulai dari pengertian bahasa pascal, sejarahnya dari awal kemunculan pada tahun 1970 hingga penggunaannya saat ini.


Cara Install Free Pascal dan Turbo Pascal

Dalam 2 tutorial ini akan dibahas langkah demi langkah untuk mendownload dan menginstall aplikasi untuk menjalankan kode program pascal, yakni Free Pascal dan Turbo Pascal 7.


Cara Penulisan dan Struktur Pascal

Bagian ini akan membahas tentang cara penulisan kode program pascal, cara menjalankan kode program pascal, serta struktur dasar kode pascal.


Tipe Data Pascal

Setelah memahami struktur dasar bahasa pemrograman Pascal, dalam bagian ini kita akan membahas lebih jauh tentang tipe data yang ada di dalam Pascal. Pascal mendukung berbagai tipe data bawaan, yaitu: integer, real, char, boolean, dan string. Serta tipe data bentukan: enumeration, subrange, array (larik), record dan pointer.


Operator Pascal

Pada sesi tutorial ini akan dibahas dengan lebih detail tentang apa saja jenis-jenis operator di dalam bahasa pemrograman pascal.


Struktur Kondisi dan Perulangan

Pada bagian ini akan dibahas perintah-perintah kode pemrograman pascal yang digunakan untuk membuat percabangan kode program atau dikenal juga dengan struktur kondisi / struktur logika.  Di dalam pascal terdapat kondisi IF THEN, IF THEN ELSE, Nested IF THEN ELSE (if bersarang), dan struktur CASE.

Setelah itu kita akan masuk ke perulangan. Perulangan atau dalam bahasa inggris dikenal dengan istilah loop merupakan konsep pemrograman yang digunakan untuk mengulang baris perintah. Disini akan dibahas cara membuat perulangan di Pascal menggunakan perintah FOR TO, FOR DOWNTO, WHILE DO dan REPEAT UNTIL.


Studi Kasus, Latihan dan Contoh Kode Program Pascal

Bagian ini dikhususkan untuk tutorial lepas yang membahas studi kasus, latihan dan contoh kode program bahasa pemrograman Pascal. Beberapa artikel merupakan jawaban dari pertanyaan rekan-rekan pengunjung duniailkom seputar Pascal.