Pertimbangkan Hal ini Sebelum Kuliah di Jurusan Komputer (Part 1)

Jurusan Komputer, seperti Teknik Informatika (TI), Ilmu Komputer (Ilkom) dan Sistem Informasi (SI) saat ini sudah menjadi jurusan favorit di hampir semua kampus. Passing grade, yakni nilai yang diperlukan agar lolos seleksi hanya kalah dari jurusan Kedokteran.

Dalam artikel duniailkom kali ini, saya ingin mengulas berbagai pertanyaan yang sering diajukan terkait jurusan komputer. Semoga bisa bermanfaat bagi adik-adik SMA/SMK yang ingin melanjutkan kuliah ke jurusan TI, Ilkom, maupun SI.

Tulisan ini berasal dari berbagai pertanyaan yang diajukan ke duniailkom baik melalui email maupun kolom komentar. Karena jumlah pertanyaan lumayan banyak (dan sangat menarik untuk dibahas), akan saya bagi kedalam beberapa artikel.

Ilustrasi Kuliah di Jurusan Komputer


Pilih Jurusan Teknik Informatika, Ilmu Komputer, atau Sistem Informasi?

Jurusan komputer hadir dalam “banyak rasa”. Untuk jenjang S-1 (sarjana) setidaknya ada jurusan Teknik Informatika (TI), jurusan Ilmu Komputer (Ilkom), dan jurusan Sistem Informasi (SI). Selain itu ada juga jurusan Teknik Komputer. Apa beda ini semua?

Pembahasan yang lebih detail sudah saya bahas di artikel tersendiri: Apa Perbedaan Jurusan Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Teknik Komputer?

Singkatnya, jika ingin fokus ke programming (software), pilih Teknik Informatika atau Ilmu Komputer. Kedua jurusan ini sebenarnya sama saja, hanya beda istilah.

Di Universitas Indonesia, hanya tersedia jurusan Ilmu Komputer, sedangkan di Institut Teknologi Bandung, hanya ada jurusan Teknik Informatika. Keduanya sama-sama fokus di software.

Kalaupun ada perbedaan antara TI dengan Ilkom, di Teknik Informatika lebih ke arah praktek / implementasi. Sedangkan di Ilmu Komputer lebih ke arah science-nya. Namun perbedaan ini tidak begitu jelas, lengkapnya bisa dilihat langsung dari mata kuliah yang diajarkan: Apa Saja Yang Dipelajari di Jurusan Ilmu Komputer dan Teknik Informatika?

Jurusan Sistem Informasi cocok bagi yang ingin mempelajari programming sekaligus ekonomi dan manajemen. Bisa dibilang kalau jurusan ini merupakan gabungan dari jurusan Teknik Informatika, Ekonomi Manajemen dan Teknik Industri.

Karena terdapat mata kuliah ekonomi dan manajemen, materi programming di jurusan Sistem Informasi tidak sebanyak di Teknik Informatika maupun Ilmu Komputer. Tapi sisi positifnya (bagi sebagian orang), mata kuliah matematika yang diajarkan juga tidak sebanyak yang ada di jurusan IT. Lengkapnya bisa kesini: Apa Saja Yang Dipelajari di Jurusan Sistem Informasi?

Jurusan Teknik Komputer merupakan gabungan dari Komputer dan Elektronika. Disini akan banyak dibahas tentang kelistrikan di dalam komputer. Jika hobi utak atik barang elektro dan komputer, jurusan ini boleh dipilih. Untuk lengkapnya bisa kesini: Apa Saja Yang Dipelajari di Jurusan Teknik Komputer?

Dari keempat jurusan komputer ini, tinggal disesuikan dengan minat dan bakat.

Universitas Terbaik untuk Jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer


Pilih Universitas Negeri atau Universitas Swasta untuk Jurusan Komputer?

Secara umum tidak ada perbedaan mendasar antara Universitas Negeri maupun Swasta. Hanya saja di Universitas Negeri atau PTN (Perguruan Tinggi Negeri), uang kuliahnya relatif lebih murah jika dibandingkan dengan Universitas Swasta.

Alasannya, beberapa universitas masih disubsidi pemerintah, dimana mahasiswa hanya bayar sebagian saja. Itupula yang menjadi alasan kenapa di PTN mahasiswanya harus lulus dalam 5 tahun, kalau tidak terpaksa di DO (mesti gantian dengan calon mahasiswa lain). Tapi peraturan ini sudah diubah menjadi maksimal 7 tahun.

Selain itu, banyak faktor yang juga menjadi pertimbangan dalam memilih kampus:

  • Kemampuan diri (untuk lolos seleksi)
  • Biaya kuliah dan biaya hidup
  • Jarak dengan rumah (orang tua)
  • Akreditasi jurusan

Saat ini terdapat berbagai cara untuk masuk ke Universitas, tapi yang jelas akan ada seleksi, bisa jadi ujian tertulis (seperti SBMPTN) atau jalur undangan (SNMPTN). Tentunya kita harus bisa mengukur kemampuan diri apakah mampu lolos seleksi ke ITB atau UI misalnya.

Biaya juga menjadi faktor penting. Ini bisa di bicarakan dengan orang tua, apakah sanggup masuk ke Universitas favorit yang biasanya perlu biaya kuliah cukup tinggi (terutama swasta) atau “mengalah” untuk masuk ke Universitas biasa yang biayanya lebih terjangkau.

Beberapa orang tua juga melarang anaknya untuk kuliah jauh-jauh (terutama untuk perempuan). Ini juga harus dibicarakan sebelum memutuskan memilih universitas. Terutama yang lokasinya cukup jauh dari tempat tinggal saat ini. Biaya hidup di kota besar seperti Jakarta jauh lebih besar jika dibandingkan di kota kecil.

Akreditasi jurusan juga bisa menjadi pertimbangan. Usahakan untuk memilih kampus yang memiliki akreditasi A atau minimal B. Akreditasi ini mencerminkan kualitas dari sebuah jurusan. Untuk memilih kampus jurusan IT atau Ilmu Komputer terbaik, saya bahas disini: Universitas Terbaik untuk Jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer.


Haruskah Paham Programming Sebelum Kuliah?

Tidak perlu. Karena di perkuliahan nanti juga akan dipelajari dari awal. Sama seperti calon mahasiswa kedokteran yang juga belum paham banyak menyangkut kesehatan. Atau calon mahasiswa hukum yang tidak tau apa beda hukum pidana dengan perdata.

Mengenai pertanyaan ini juga sudah saya buat artikel tersendiri: Saya Belum Paham Programming, Apakah Bisa Masuk Jurusan Ilmu Komputer / IT?

Semua basic programming akan dipelajari di semester awal perkuliahan nanti. Tapi memang jika anda punya modal programming sebelumnya, itu akan sangat membantu.

Di semester awal akan belajar algoritma (dasar programming) yang biasanya menggunakan bahasa pemrograman Pascal atau C. Tutorial dasar kedua bahasa pemrograman ini juga sudah tersedia di duniailkom:

Jika anda butuh panduan yang lebih bisa coba cari bukunya di gramedia, atau mungkin beberapa waktu ke depan juga akan hadir buku khusus algoritma dan pemrograman di Duniailkom.

Namun sekali lagi, skill programming ini bukan syarat untuk masuk ke jurusan IT. Silahkan fokus ke seleksi ujian masuk terlebih dahulu, setelah pasti diterima baru kebut belajar programming.


Selain pertanyaan diatas, masih banyak hal menarik lain untuk dibahas, misalnya apakah harus kuat di matematika? Apakah di jurusan komputer diajari design dan membuat game? Bagaimana kalau dari jurusan IPS?

Ini semua akan saya bahas pada bagian kedua: Pertimbangkan Hal ini Sebelum Kuliah di Jurusan Komputer (Part 2)


Tutorial Terkait:

11 Comments

  1. Ichlasul Bulqiah
    19 Apr 17
  2. Zulfan
    05 May 17
    • Andre
      05 May 17
  3. Jaya
    23 May 17
  4. Nanu
    07 Jun 17
    • Andre
      10 Jun 17
  5. Dimas
    18 Jul 17
  6. bambang santoso
    27 Sep 17
    • Andre
      01 Oct 17

Add Comment