Ingin Membuat Website, Haruskah Belajar Web Programming?

Artikel kali ini kembali berasal dari pertanyaan dari salah satu rekan duniailkom yang menanyakan: apakah untuk membuat website harus mempelajari web programming?

Saya yakin mayoritas pengunjung duniailkom sedang mempelajari web programming untuk membuat website. Apakah itu untuk membuat design website (HTML + CSS), atau membuat aplikasi dengan menggunakan PHP dan MySQL.

Jawaban singkatnya: Anda tidak harus mempelajari web programming untuk membuat website. Apalagi jika website tersebut harus tersedia dalam waktu cepat, saya malah menyarankan untuk tidak mempelajari web programming. Loh kenapa?

Karena saat ini sudah banyak tersedia alternatif pilihan untuk membuat website, dan kita tidak perlu mempelajari kode programming apapun!


Mengenal CMS: Content Management System

Membuat website dari nol butuh waktu yang cukup panjang. Mempelajari HTML, CSS, PHP, MySQL dan JavaScript memakan waktu yang tidak sebentar. Walaupun kita bisa membuat website sederhana dengan HTML saja, namun saat ini website modern membutuhkan kelima bahasa pemrograman web ini.

Jika tujuan anda adalah mempelajari kode yang dibutuhkan untuk membuat membuat website, atau ingin berkarir sebagai web programmer, anda wajib mempelajari HTML, CSS, PHP, MySQL dan JavaScript. Setelah itu kadang juga perlu masuk ke framework seperti Bootstrap (CSS), Code Igniter (PHP), atau jQuery (JavaScript).

Bagi yang ingin membuat website, terdapat alternatif yang lebih cepat: menggunakan CMS. CMS (singkatan dari Content Management System) adalah suatu sistem untuk men-publish, mengedit, memodifikasi, menghapus, dan mengorganisasi konten secara terpusat (wikipedia).

Dalam hal ini, konten yang dimaksud adalah artikel yang akan menjadi isi dari website. Dengan menggunakan CMS, kita hanya perlu memahami cara membuat artikel, cara menyusun menu, dan beberapa pengaturan lain.

Terdapat berbagai pilihan CMS. Yang paling banyak digunakan saat ini adalah WordPress, Joomla, dan Drupal. Secara internal, ketiga CMS ini dibuat menggunakan PHP, tapi kita tidak perlu berurusan dengan kode program PHP.

Lebih jauh tentang CMS (dan juga tutorial cara menggunakan wordpress bisa lanjut kesini: Tutorial Belajar WordPress: Pengertian WordPress dan CMS)


Sewa Web Hosting dan Web Domain

Setelah mempelajari cara penggunaan CMS, seperti wordpress, anda tinggal selangkah lagi untuk membuat website. Agar sebuah situs bisa ‘online’ dan diakses di internet, kita perlu menyewa web hosting dan web domain.

Sederhananya, web hosting adalah harddisk tempat file-file website kita akan ditempatkan nantinya, yakni dimana file wordpress akan di-upload. Harga sewa web hosting ini  bervariasi. Yang paling murah bisa 50-100rb/tahun.

Web domain adalah nama situs kita, sebagai contoh, www.duniailkom.com adalah nama domain, dan ini saya sewa dari situs penyedia jasa web domain, atau dikenal dengan perusahaan domain registrar.

Umumnya, jasa penyedia web hosting sekaligus juga sebagai penyedia domain registrar, jadi kita cukup berlangganan dengan satu perusahaan hosting. Harganya pun beragam, mulai dari 30rb – 150rb/tahun.

Untuk penjelasan lebih lanjut dan tutorial cara mengonlinekan sebuah website, bisa lanjut ke: Tutorial Cara Membuat Website Online.


Alternatif gratisan: Blogger.com atau WordPress.com

Jika anda ingin membuat website online, tapi terkendala di masalah dana, atau hanya sekedar coba-coba, bisa menggunakan situs penyedia blog. Yang paling terkenal adalah blogger.com dan wordpress.com

Blogger.com adalah situs penyedia blog gratis kepunyaan Google. Kita cukup mendaftar, melakukan beberapa settingan, dan situs siap digunakan. Nama situs yang anda dapat akan menggunakan domain blogspot.com dibelakangnya, seperti andi.blogspot.com atau joko. blogspot.com (*saat ini google juga sudah menggunakan domain blogspot.co.id).

WordPress.com juga layanan blog gratis yang disediakan oleh Automattic, perusahaan yang juga menyembangkan CMS wordpress. Disini, kita sebenarnya sudah menggunakan aplikasi CMS wordpress, namun dengan beberapa keterbatasan (karena gratis, hehe..). Nama situs nantinya akan memakai domain wordpress.com, seperti andi.wordpress.com atau joko.wordpress.com.


Kesimpulan

Menutup artikel ini, saya kembali ke judul :)

Jika tujuan anda adalah untuk membuat website, anda tidak harus mempelajari web programming dan membuat website dari nol (dari kode HTML). Menggunakan CMS jauh lebih praktis dan lebih cepat. Situs duniailkom ini juga menggunakan wordpress. Mempelajari kode-kode program website memang sangat membantu, tapi tidak harus.

Tapi jika tujuan anda adalah untuk mempelajari cara membuat website dan mempelajari teknologi dibaliknya, maka jalur yang ditempuh sedikit lebih lama, karena banyak yang harus dipelajari. Namun anda lebih fleksibel dan jikapun nantinya menggunakan CMS, akan lebih pede karena kita sudah paham kode-kode dibaliknya.


Tutorial Terkait:

12 Comments

  1. anak tkj
    11 Jan 16
  2. anonimous
    06 May 16
    • Andre
      06 May 16
  3. Randika
    26 Oct 16
    • Andre
      27 Oct 16
      • viktor
        25 Nov 16
  4. irul
    20 Jan 17
    • Andre
      20 Jan 17
  5. heryanto
    23 Jan 17
    • Andre
      24 Jan 17
      • Heryanto
        24 Jan 17
        • Andre
          25 Jan 17

Add Comment