Duniailkom: Dunia Ilmu Komputer, Tidak Hanya Web Programming

Setelah beberapa saat tidak menulis tutorial baru di duniailkom, saya memutuskan untuk kembali menambah materi-materi baru :)

Saat ini duniailkom memang fokus kepada web programming, karena saya memang sangat menyukainya, membuat kode HTML, CSS, JavaScript, PHP, dan MySQL. Namun sesuai dengan nama situs ini, dunia ilmu komputer tidak ‘begitu sesuai’ jika yang dibahas hanya tentang bahasa pemrograman web. Bagaimana dengan bahasa pemrograman desktop seperti Java, C#, C++, C atau bahkan Pascal?

Beberapa rekan2 pengunjung juga banyak yang minta agar duniailkom membahas bahasa pemrograman ini. Terutama C++ yang memang menjadi standar bahasa pemrograman modern.

Walaupun saya akui materi mengenai web programming masih banyak yang belum dibahas, tapi saya ingin ‘beralih’ sejenak untuk mencoba mempelajari kembali bahasa pemrograman ini. Dan saya akan mulai dari….Pascal.


Kenapa Pascal?

Pascal adalah bahasa pemrograman dasar yang banyak digunakan untuk mengajari programmer pemula tentang algoritma dan pemrograman. Di jurusan ilmu komputer / teknik informatika, bahasa ini biasanya dipelajari pada semester awal perkuliahan. Bahasa Pascal relatif mudah dipahami karena aturan penulisannya (syntax) yang mirip dengan bahasa inggris sehari-hari.

Jika anda sudah ‘malang melintang’ di dunia pemrograman, bahasa Pascal memang kalah pamor jika dibandingkan bahasa pemrograman lain seperti C, C++ atau Java. Namun bahasa ini masih ‘hidup’ di dunia pendidikan. Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang dimana salah satunya melombakan bidang komputer, juga menggunakan Pascal.

Saya sendiri mulai mempelajari Pascal sewaktu SMA karena ingin mengikuti olimpiade komputer. Kalau tidak salah saat itu masih gelombang kedua bidang komputer (sekitar tahun 2002), dan alhamdulillah hanya sampai di tingkat provinsi :)

Sebagai bahan nostalgia, saya akan membahas tentang bahasa Pascal ini. Untuk bahasa pemrograman lain, akan segera menyusul, terutama C dan C++.

Mari ikut belajar logika, algoritma, dan pemrograman dengan Pascal di Tutorial Belajar Pascal Bagi Pemula.


Tutorial Terkait:

8 Comments

  1. ramadhan
    14 Mar 15
  2. Ikhwan
    16 Aug 15
    • Andre
      20 Apr 16
  3. yohanes
    11 Oct 16
    • Andre
      12 Oct 16

Add Comment